Cara Mengobati Kutil Di Kemaluan Pria

Kutil kemaluan atau yang disebut juga kutil kelamin, dapat terjadi pada pria dan juga wanita yang sudah aktif secara seksual. Penyakit menular seksual yang mempunyai nama medis Condyloma Akuminata ini, memiliki ciri tumbuhnya daging seperti kutil pada area genital, kutil bisa kecil ataupun besar, tumbuh satu atau berkelompok, gatal, dan bisa berdarah jika tergesek. Hal ini membuat penderita merasa tidak nyaman, dan membutuhkan cara mengobati kutil di kemaluan pria dan wanita yang ampuh untuk mengatasi permasalahan ini.

Sebelumnya, Anda harus tau penyebab kutil kemaluan ini. Hal ini diperlukan agar Anda dapat lebih waspada dan tidak tertular penyakit ini. Penyebab kutil kemaluan pada pria dan wanita ini karena adanya infeksi human papillomavirus (HPV). Beberapa jenis HPV memang dapat menyebabkan seseorang mengalami kutil kemaluan, dan beberapanya dapat menyebabkan kanker, salah satunya kanker serviks.

Seseorang yang mengalami kutil kelamin bukan berarti orang tersebut baru saja terinfeksi HPV. Karena HPV bisa saja sudah menginfeksi sejak lama, namun tak ada gejala yang terjadi. Dan gejala tersebut baru muncul sekarang. Bahkan beberapa penderita tidak menunjukkan terjadinya gejala sama sekali. Walaupun begitu, virus masih tetap bisa menular pada pasangan ketika Anda melakukan hubungan seksual.

Untuk mengatasi permasalahan penyakit menular seksual ini, maka Anda dapat melakukan cara mengobati kutil di kemaluan pria dan juga wanita:

1. Obat Topikal

Bila kutil kelamin yang Anda alami masih di tahap awal, maka dokter akan memberikan pengobatan topikal dimana obat tersebut akan dioleskan pada bagian kutil. Obat ini berbentuk salep, krim, dan gel. Tujuan diberikannya obat topikal ini agar jaringan kutil kelamin bisa dihilangkan, dan ketahanan tubuh dapat terangsang untuk melawan infeksi yang terjadi sehingga penyakit ini cepat sembuh dan menurunkan resiko kekambuhan nantinya.

Pemberian obat topikal untuk kutil kelamin ini harus dilakukan dengan berhati-hati, karena obat ini bisa merusak jaringan kulit yang normal karena merupakan cairan asam yang keras.

2. Operasi

Prosedur operasi akan disarankan oleh dokter sebagai cara mengobati kutil di kemaluan pria dan wanita selanjutnya, bila kutil tidak juga merespons obat topikal. Operasi yang akan dilakukan ada beberapa jenis, tergantung kondisi kutil kemaluan yang dialami penderita. Prosedur operasi yang dapat dilakukan yaitu kriyoterapi (membekukan kutil), eksisi (mencukur kutil), laser kuretase (menghilangkan kutil menggunakan laser), dan elektrocauter yang dilakukan dengan membakar kutil.

Cara mengobati kutil di kemaluan pria dan juga wanita di atas dilakukan berdasarkan saran dokter. Umumnya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik apakah ditemukan kutil kelamin. Bila Anda positif mengalami kutil kemaluan, maka Anda akan diberikan pengobatan berdasarkan kondisi kutil kemaluan yang Anda alami.

Ketika dalam masa pengobatan kutil kelamin, Anda lebih baik menghindari melakukan hubungan seksual, agar pasangan tidak tertular. Walaupun begitu, pasangan tetap harus melakukan pemeriksaan, meskipun tidak ada gejala yang dialaminya. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi infeksi yang berulang.

Sebaiknya, sebelum Anda aktif secara seksual, Anda harus melakukan vaksin HPV yang bisa diberikan pada pria dan juga wanita. Pemberian yang dilakukan sebelum Anda aktif secara seksual ini agar vaksin dapat bekerja dengan lebih efektif. Walaupun begitu, Anda tetap bisa mendapatkan vaksin ini meskipun sudah pernah melakukan hubungan seksual.

Anda dapat melakukan pengobatan kutil kemaluan pada Klinik Utama Gracia. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dan pengobatan, agar permasalahan Anda dapat cepat teratasi.