counter

cara mengobati kutil kelamin

Cara mengobati kutil kelamin merupakan cara yang akan digunakan agar permasalahan penyakit menular seksual ini bisa teratasi. Keberadaan kutil kelamin ini seringkali menyebabkan ketidaknyamanan karena akan disertai dengan gatal dan juga nyeri. Tumbuhnya kutil juga akan menyebabkan tidak sedap dipandang mata.

Kutil kelamin atau kutil kemaluan bisa dialami oleh pria ataupun wanita, namun lebih sering ditemui pada penderita wanita. Ketika mengalami penyakit yang juga dikenal dengan nama kondiloma akuminata ini maka penderita akan mendapati tumbuhnya daging kutil kecil namun berkelompok, berwarna kemerahan, dan permukaan kutil terlihat seperti kembang kol.

Daging kutil ini bukan hanya bisa tumbuh pada bagian permukaan kelamin saja, namun juga dapat ditemukan pada bagian dalam kelamin ataupun anus. Ketika kondisi ini terjadi maka diperlukan pemeriksaan oleh dokter untuk mengetahui keberadaan kutil kelamin. Berikut ini adalah beberapa cara mengobati kutil kelamin sesuai dengan kondisi penyakit yang Anda alami.

1. Obat Topikal

Penentuan penggunaan pengobatan ini harus terlebih dahulu dilakukan konsultasi dan pemeriksaan dokter. Ketika dokter menemukan kondisi kutil kelamin yang Anda alami masih lunak dan belum terlalu menyebar, maka pengobatan topikal akan menjadi pilihan yang diberikan dokter. Obat topikal adalah sejenis obat oles berbentuk krim, salep ataupun cairan. Kandungan dalam obat topikal ini akan membantu untuk menghilangkan kutil yang tumbuh, dan juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga virus penyebab kutil kelamin dapat dihilangkan.

Klik chat

Obat topikal ini harus didapatkan dengan menggunakan resep dokter, karena bukan termasuk obat yang dapat dibeli sembarangan di apotik. Penggunaan obat kutil yang tidak seharusnya malah akan membuat terjadinya masalah baru karena bisa menyebabkan iritasi.

2. Ablasi

Prosedur ablasi adalah jenis pengobatan kutil kelamin yang akan diberikan bila kondisi kutil yang dialami penderita sudah tidak merespon pengobatan yang sebelumnya diberikan dengan penggunaan obat topikal, ataupun kondisi kutil yang sudah menyebar. Dalam melakukan prosedur ablasi ini, bisa disesuaikan untuk memilih metode ablasi apa yang akan dilakukan.

Prosedur ablasi terdiri dari berbagai metode, yaitu:

cara mengobati kutil kelamin

  • Eksisi. Metode ini dilakukan dengan memotong kutil, dan menjahit bekas luka pemotongan tersebut. Sebelumnya pasien akan diberikan bius lokal pada area kutil. Metode ini akan dilakukan pada pasien yang memiliki kutil dalam kelompok kecil.
  • Bedah listrik. Metode yang satu ini biasanya dilakukan setelah eksisi. Jadi sisa kutil yang sudah dipotong ketika eksisi akan dibakar dengan menggunakan kawat yang dialiri listrik. Biasanya metode ini dilakukan pada pasien yang memiliki kutil di bagian vulva dan anus.
  • Cryotherapy. Kutil akan dibekukan dengan menggunakan cairan nitrogen sampai kutil terlepas dengan sendirinya. Metode ini akan dilakukan bertahap sampai seluruh kutil hilang dan tertutup dengan kulit baru. Pasien yang disarankan melakukan metode ini adalah mereka yang memiliki kutil dalam kelompok kecil di penis dan juga vulva.
  • Bedah laser. Penggunaan energi laser akan dilakukan pada metode ini untuk membakar dan menghilangkan kutil. Metode ini bisa menjadi pilihan terakhir jika metode-metode sebelumnya tidak juga membantu mengobati kutil kelamin yang Anda alami, terutama pada pasien yang memiliki kondisi kutil yang ukuran besar dan lokasinya sulit dijangkau.

Konsultasikan cara mengobati kutil kelamin yang tepat untuk kondisi yang Anda alami. Anda bisa berkonsultasi agar mendapatkan solusi untuk permasalahan yang Anda alami pada staf Klinik Utama Gracia dengan menggunakan layanan chatting online yang sudah disediakan.

Klik chat