counter

penyebab sakit pinggang pada wanita

Sakit pinggang sering dianggap suatu hal yang tidak perlu dikhawatirkan. Karena biasanya kondisi ini akan menghilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Padahal kondisi ini bisa menandakan kondisi tertentu, dan bisa terjadi karena banyak penyebab. Kondisi ini juga seringkali dialami oleh para wanita. Untuk itu, waspadai penyebab sakit pinggang pada wanita berikut ini.

1. Mengangkat Beban Berat

Saat seseorang mengangkat beban, maka bagian tubuh seperti bahu, tangan, otot dan juga sendiri pada pinggang akan turut andil. Namun mengangkat beban yang berat akan membuat otot dan sendi pada pinggang akan berusaha lebih keras untuk menahan beban, dan bisa mengakibatkan terjadinya cedera. Untuk menghindari terjadinya cedera, maka sebaiknya Anda menggunakan alat bantu ataupun penahan pada bagian pinggang dan perut ketika mengangkat beban yang berat.

2. Linu Pada Panggul

Terjadinya linu pada saraf percabangan antara pantat dan kaki bisa menjadi penyebab sakit pinggang pada wanita. Linu tersebut terjadi karena adanya penekanan pada bagian saraf tulang belakang dan juga rongga tulang belakang yang menyempit. Selain sakit pada pinggang, gejala lain yang terjadi seperti tidak nyaman ketika bergerak, nyeri punggung, dan melemahnya otot kaki.
Klik chat

3. Obesitas

Pada seseorang yang mengalami obesitas, maka akan terjadi penekanan di sendi dan juga otot, terutama yang berada di pinggang karena menjadi tempat berat badan tertumpu. Hal inilah yang menyebabkan munculnya rasa sakit pada bagian pinggang. Agar terhindar dari hal tersebut, maka akan lebih baik bila Anda menyeimbangkan berat badan dengan cara menjaga asupan makanan yang dikonsumsi, dan juga melakukan olahraga secara rutin.

4. Infeksi Saluran Kemih

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, sakit pinggang yang dialami wanita bisa menjadi tanda atau indikasi bahwa telah terjadi kondisi tertentu pada tubuh, terutama yang berkaitan dengan sistem kemih. Penyebab sakit pinggang pada wanita ini adalah karena terjadinya infeksi saluran kemih. Biasanya kondisi ini terjadi karena adanya bakteri yang memasuki saluran kemih.

Para wanita akan sering sekali mengalami kondisi ini, karena bakteri lebih mudah masuk pada saluran kemih milik wanita, yang disebabkan oleh pendeknya jarak saluran kemih wanita dibandingkan pria. Bakteri yang bisa menyebabkan infeksi saluran kemih bisa berasal dari saluran cerna, ataupun berasal dari hubungan seksual.

Bakteri dari saluran cerna yang seharusnya berada di anus, bisa berpindah ke saluran kencing karena membersihkan area kelamin yang salah. Wanita seharusnya membersihkan kelamin dari arah depan ke belakang. Selain itu bakteri yang berasal dari hubungan seksual juga bisa menginfeksi ketika wanita tidak melakukan kebiasaan untuk membuang air kecil setelah melakukan hubungan seksual.

Infeksi saluran kemih ini dapat ditangani dengan antibiotik untuk menghilangkan bakteri yang menginfeksi. Namun Anda perlu melakukan pemeriksaan pada dokter terlebih dulu agar penanganan dapat dilakukan dengan tepat.

Itulah beberapa penyebab sakit pinggang pada wanita yang mungkin salah satunya adalah penyebab dari kondisi yang Anda alami. Mulai sekarang jangan meremehkan sakit pinggang yang Anda alami. Sebaiknya segera cari tau penyebabnya agar penanganan bisa segera dilakukan. Terutama bila penyebabnya adalah infeksi saluran kemih.

Bila infeksi saluran kemih ini dibiarkan tanpa pengobatan, maka infeksi bakteri bisa saja naik sampai ke ginjal, dan membuat kerusakan. Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus segera memeriksakan diri bila merasakan ada gejala yang terjadi seperti sakit saat buang air kecil, sering buang air kecil, urine berbau dan berwarna keruh, dan juga demam.

Periksakan kondisi yang Anda alami pada Klinik Utama Gracia. Atau terlebih dulu melakukan konsultasi pada staf Klinik Utama Gracia.
Klik chat