counter

penyebab impotensi

Impotensi pada pria saat ini dapat terjadi bukan karena faktor usia saja, namun sekarang ini impotensi juga dapat terjadi bila pria terbiasa menerapkan gaya hidup yang tidak sehat. Selain itu, adapula penyebab impotensi lainnya yang dapat membuat pria mengalami permasalahan seksual paling umum terjadi ini.

Ketika pria mengalami impotensi, maka pria akan kehilangan kemampuan dalam memulai dan juga mempertahankan ereksi pada penis. Hal ini menyebabkan aktivitas seksual menjadi terhambat, bahkan pasangan menjadi sulit terpuaskan. Kondisi ini memang paling umum terjadi pada pria yang sudah lanjut usia, namun tidak sedikit juga pria muda mengalami kondisi ini.

Pria yang masih di bawah usia 40 tahun, saat ini banyak yang dapat mengalami permasalahan seksual satu ini. Lalu apa penyebab impotensi pada pria muda? Ini dia jawabannya.

1. Depresi

Kondisi psikis memang sangat berpengaruh pada fungsi seksual. Sehingga bila terjadi gangguan terutama saat Anda depresi, maka fungsi seksual pun akan terganggu. Terlebih lagi, gairah seksual akan dimulai di otak. Sehingga proses tersebut akan terganggu pada pria yang mengalami depresi atau stres. Tanda seseorang depresi yaitu hilangnya minat pada hal-hal yang memberikan kesenangan, seperti salah satunya adalah hubungan seksual.

Klik chat

Umumnya pria muda akan mengalami depresi yang berkaitan dengan masalah pekerjaan, keuangan, ataupun permasalahan komunikasi yang kurang baik dengan pasangan. untuk menghindarinya, maka Anda harus merilekskan pikiran agar terhindar dari depresi.

2. Konsumsi Alkohol

Ketika seorang pria mengonsumsi alkohol, maka sistem kerja saraf yang berkaitan dengan ereksi akan terganggu, dan menyebabkan tidak terjadinya kesinambungan antara otak dan juga saraf pengatur ereksi. Hal ini disebabkan karena alkohol merupakan depresan sistem saraf yang akan memblokir impuls saraf dan menghalangi komunikasi antara otak dan tubuh.

Untuk itu, hindari konsumsi alkohol, terutama yang berlebihan. Terlebih lagi bila kebiasaan ini sudah Anda lakukan sejak belia, karena efeknya Anda bisa mengalami impotensi walaupun belum berusia lanjut.

3. Pemakaian Obat Tertentu

Obat tekanan darah tinggi yang akan bekerja pada aliran darah akan mempengaruhi kerja organ tubuh untuk ereksi. Sebenarnya hipertensi sendiri akan membuat pria mengalami impotensi, karena arteri menjadi sempit dan aliran darah semakin berkurang, sehingga impotensi terjadi karena darah menuju penis tidak lancar.

Untuk menghindarinya, konsultasikan pemakaian obat dengan dokter, terutama untuk efek samping yang akan terjadi. Bila dimungkinkan, Anda dapat meminta obat lain dengan fungsi sama, namun tidak menimbulkan efek samping apapun.

penyebab impotensi

4. Merokok

Kebiasaan pria yang sering merokok bukan hanya akan menimbulkan gangguan kesehatan saja, namun juga berpengaruh pada fungsi seksual. Semakin lama Anda merokok, maka timbunan nikotin akan semakin banyak di dalam tubuh. timbunan tersebut akan membuat aliran darah menjadi terhambat, dan membuat ereksi sulit terjadi.

Hindari kebiasaan Anda untuk merokok, agar tidak mengalami permasalahan seksual tersebut. Anda bisa memulainya dengan mengurangi jumlah rokok Anda setiap harinya, hingga benar-benar berhenti dan tidak merokok lagi.

5. Obat Penumbuh Rambut

Penyebab impotensi pada pria muda selanjutnya adalah penggunaan obat penumbuh rambut. Namun ini hanya berlaku pada produk yang memiliki kandungan obat Propecia di dalamnya. Kandungan ini dapat menyebabkan efek samping pada fungsi seksual dalam jangka panjang, seperti masalah libido, ejakulasi, dan juga orgasme.

Jadi bukan berarti pria yang sudah lanjut usia saja yang dapat mengalami impotensi, karena pria muda pun memiliki kemungkinan yang sama. Untuk itu hindari penyebabnya, dan juga lakukan penanganan ke Klinik Utama Gracia.
Klik chat