counter

penyebab wasir

Penyakit wasir atau yang biasanya lebih dikenal dengan ambeien adalah penyakit yang membuat penderitanya mengalami pembengkakan pembuluh darah di area anus. Gejala yang akan muncul pada penderita wasir adalah terjadinya pendarahan setelah buang air besar ataupun keluar bersama feses, adanya benjolan lunak berukuran kecil di permukaan anus, terdapat benjolan yang menggantung di luar anus, gatal dan nyeri di permukaan anus. Lalu apakah penyebab wasir yang berdarah?

Penyebab Wasir Berdarah

Penyebab wasir berdarah sebenarnya belum terlalu jelas, namun penyakit ini berkaitan dengan meningkatnya tekanan di pembuluh darah yang berada di sekitar anus. Tekanan tersebut akhirnya membuat pembuluh darah menjadi bengkak, radang dan luka sehingga terjadi pendarahan. Selain itu bisa juga disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

Terlalu Banyak Duduk Atau Berdiri

Pekerjaan yang mengharuskan Anda duduk di depan komputer dalam waktu yang alam merupakan salah satu yang bisa memicu timbulnya wasir atau ambeien. Bukan hanya akan membuat badan menjadi pegal seperti yang terasa pada bagian punggung dan juga pundak, namun juga bisa membuat bagian pantat menjadi perih dan juga sakit. Sama halnya dengan terlalu banyak berdiri. Sebaiknya seimbangkan kegiatan yang Anda lakukan sehari-hari.

Mengejan

Wasir berdarah juga bisa terjadi jika Anda mengejan terlalu keras dan kuat. Ketika mengejan, maka otot akan bekerja lebih keras, dan akhirnya membuat pembuluh darah bagian anus tertekan dan bengkak. Terlalu sering mengejan juga bisa membuat seseorang mengalami wasir.

Sembelit

Mengalami sembelit dalam waktu yang lama bahkan menahun juga bisa membuat seseorang mengalami wasir berdarah. Gejala sembelit seperti feses yang mengeras akan membuat penderitanya mengejan lebih kuat dan bisa menjadi penyebab wasir atau ambeien.

Kurang Asupan Serat

Tubuh setiap harinya memerlukan asupan bergizi, salah satunya adalah kandungan serat. Serat sangat berguna dalam kesehatan sistem pencernaan kita. Jika konsumsi serat sedikit dari jumlah yang dibutuhkan, maka pencernaan akan jadi kurang lancar, dan akhirnya akan terjadi sembelit yang mengharuskan Anda mengejan saat buang air besar, sehingga akhirnya Anda mengalami wasir berdarah.

Kehamilan

Saat wanita sedang hamil maka pembuluh darah di bagian panggul akan mendapatkan tekanan. Hal ini membuat pembuluh darah tersebut bengkak dan membesar, dan akhirnya memicu terjadinya wasir berdarah.

Goresan

Seseorang yang mengalami wasir akan merasakan gatal pada area anus, dan membuat mereka menggaruk bagian wasir tersebut. Tindakan ini sebenarnya akan membuat kulit anus menjadi bengkak dan akhirnya pecah. Setelah itu area wasir akan menjadi berdarah. Darah yang keluar umumnya berwarna merah terang yang menandakan bahwa terjadi pendarahan di arteri. Namun jika yang keluar adalah darah yang berwarna lebih gelap, kemungkinan ada kondisi lain selain wasir yang menyebabkan pendarahan tersebut.

 

Mengatasi Wasir

penyebab wasir

Untuk mengatasi wasir yang Anda alami, yang paling utama Anda harus menerapkan pola hidup sehat. Seperti konsumsi makanan bergizi terutama yang kaya akan kandungan serat untuk kesehatan pencernaan. Selain itu Anda juga harus memenuhi konsumsi air putih setiap harinya secara cukup dan tidak berlebihan.

Anda juga disarankan untuk menjauhi alkohol, rokok, dan juga makanan yang tidak sehat untuk tubuh. Hindari juga kebiasaan menahan buang air kecil ataupun buang air besar. Jika kondisi wasir yang Anda alami membuat Anda tidak nyaman, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Dokter akan memberikan penanganan yang tepat sesuai dengan keluhan yang Anda rasakan. Semoga artikel di atas bermanfaat.
Klik chat