ciri ciri infeksi saluran kencingInfeksi Saluran Kencing adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang menyumbat organ kemih. Organ kemih merupakan organ yang berfungsi untuk mengalirkan urine dari ginjal ke uretra. Penyakit ini dikenal juga sebagai Infeksi Saluran Kemih yang disebabkan oleh bakteri E.coli. Adapun beberapa ciri ciri infeksi saluran kencing

Infeksi saluran kemih memang akan menganggu anda. Karena anda akan merasa kesulitan ketika berkemih. Bahkan adanya rasa sakit ketika berkemih, hal ini disebabkan adanya ketidaklancaran yang terjadi dari organ kemih untuk membuang urine.

Penyakit ini bisa menyerang pria maupun wanita. Namun lebih rentan wanita yang mengalami infeksi saluran kemih ini. Karena wanita memiliki saluran kencing yang lebih pendek dibandingkan oleh pria. Untuk itu anda juga harus mengetahui penyebab infeksi saluran kemih.

Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Beberapa penyebab disebabkan oleh penyakit yang sudah ada dalam tubuh, seperti:

Diabetes

Penyakit diabetes akan mempengaruhi organ kemih anda dan bisa menyebabkan infeksi pada saluran kemih. Jadi jika anda saat ini sudah memiliki penyakit diabetes anda harus waspada terhadap kemungkinan terserang infeksi saluran kemih.

Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan penyakit yang cukup berbahaya. Penyakit ini pun akan mempengaruhi timbulnya infeksi pada organ kemih anda. Jika anda sudah mengalami batu ginjal harap tetap waspada dan selalu melakukan pemeriksaan kondisi anda.

Kekebalan Tubuh

Anda yang memiliki kekebalan tubuh tidak baik maka bisa menyebabkan kondisi timbulnya infeksi saluran kemih. Untuk itu anda harus selalu meningkatkan kekebalan tubuh untuk menghindari penyakit infeksi saluran kemih dan penyakit lainnya yang bisa menyerang tubuh anda.

Tidak Menjaga Kebersihan Kelamin

Karena infeksi ini menyerang kelamin, maka orang yang tidak bisa menjaga kebersihan kelaminnya pun akan mudah terserang infeksi saluran kemih. Anda diharapkan untuk dapat menjaga kebersihan kelamin anda untuk menghindari penyakit infeksi saluran kemih dan infeksi menular seksual lainnya.

Prostat

Prostat menjadi salah satu penyebab adanya infeksi pada saluran kemih pria. Awasi tubuh anda dari bakteri penyebab prostat yang bisa menyebabkan anda mengalami infeksi saluran kemih pada tubuh anda.

Itulah sebagian penyebab penyakit infeksi saluran kemih yang bisa menyerang anda. Penyakit infeksi saluran kemih ini akan juga menimbulkan ciri-ciri yang bisa anda kenali. Jika anda mendapatkan ciri ciri infeksi saluran kencing seperti berikut:

Selalu Ingin Buang Air Kecil

Saat anda sedang tidak banyak mengkonsumsi air putih tetapi selalu ingin buang air kecil akan sangat menjadi masalah besar untuk anda. Tentunya ini menjadi hal yang sangat menganggu, apa lagi urine yang keluar frekuensinya sedikit. Sehingga menyebabkan anda harus selalu bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil.

Selalu Ingin Kencing Ketika Malam Hari

Saat malam tiba, anda selalu ingin buang air kecil. Mungkin hal ini anda anggap hal yang normal, ketika selalu terbangun di malam hari dan ingin buang air kecil. Padahal kondisi ini merupakan kondisi yang tidak normal yang terjadi pada anda. Segeralah melakukan pemeriksaan jika setiap malam anda mengalami kondisi seperti ini.

Sakit ketika Buang Air

Selain anda selalu ingin buang air kecil, anda juga mengalami rasa sakit ketika buang air. Hal inilah yang menjadi salah satu ciri ciri infeksi saluran kencing yang sedang anda alami. Namun rasa sakit yang keluar bisa beragam, tidak selalu menyertai ketika anda buang air. Tetapi ada beberapa saat yang membuat rasa sakit itu selalu muncul.

demamDemam

Saat anda mengalami demam, mungkin anda tidak akan mengira jika ini merupakan ciri ciri infeksi saluran kencing. Mungkin anda mengira demam yang menyerang anda merupakan penyakit biasa karena anda kelelahan atau karena hal lainnya. Namun demam juga bisa menjadi salah satu tanda-tanda anda terserang penyakit infeksi saluran kemih.

Air kencing keluar beserta Darah

Jika anda sudah mengalami hal ini, mungkin ini akan menjadi hal yang cukup berbahaya dan akan membuat anda semakin panik. Urine yang berwarna coklat karena bercampur darah sudah menunjukan bahwa saluran kemih anda sedang bermasalah.

Bau Air Kencing yang Berbeda

Anda mungkin mencium bau yang cukup menyengat dari urine yang anda keluarkan. Mungkin ini disebabkan memang karena sedang adanya masalah pada organ kemih anda. Jika anda mendapati urine anda memiliki bau yang tajam, maka segeralah untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sakit pada Bagian Panggul

Apabila anda merasakan sakit pada bagian panggul, hal itu sebagai salah satu kondisi yang menyebabkan anda mengalami masalah pada tubuh anda. Cobalah untuk segera melakukan pemeriksaan jika panggul anda merasa sakit.

7 tanda-tanda diatas memang bisa menjadi ciri ciri infeksi saluran kencing tubuh anda. Sebaiknya jika anda sudah menemukan beberapa gejala-gejala tersebut, lebih baik anda segera melakukan pemeriksaan untuk mendapatkan tindakan medis lebih lanjut. Anda juga bisa datang ke Klinik Utama Gracia untuk konsultasi dan melakukan pemeriksaan pada saluran kemih anda.