gejala penyakit menular seksual

Saat ini penyakit menular seksual (PMS) atau Infeksi Menular Seksual (IMS) menjadi salah satu penyakit yang cukup ditakuti oleh banyak orang. Penyakit ini disebabkan dari hubungan seksual yang tidak aman, dan tertular melalui hubungan seksual. Adapun gejala penyakit menular seksual banyak yang tidak terdeteksi.

PMS atau IMS memang banyak yang tidak menunjukan gejala berarti pada para penderitanya yang tertular. Sebagian besar penyakit seksual disebabkan oleh bakteri, virus, parasite, ataupun jamur sehingga menyerang tubuh. Banyak orang yang tidak menyadari jika dirinya sudah terserang PMS.

Sehingga banyak penderita PMS yang tidak mendapatkan penanganan sedini mungkin. Karena gejalanya baru ditemukan ketika IMS sudah memasuki tahap stadium yang cukup parah. Jika masih stadium awal PMS jarang sekali ditemukan.

Infeksi seksual menyerang wanita maupun pria yang disebabkan dari hubungan seks secara tidak aman. Namun sebagian besar penderita infeksi menular seksual disebabkan karena sering melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan. Dan ketika melakukan hubungan seks tidak menggunakan pengaman seperti kondom ataupun alat lainnya.

Beberapa gejala umum yang sering ditemukan pada penderita penyakit seksual adalah sebagai berikut:

Gejala Penyakit Menular Seksual

Sakit Perut atau Sakit pada Bagian Panggul

Memang tidak semua sakit perut bisa dikatakan sebagai salah satu gejala IMS. Tetapi, jika sakit perut ditandai dengan kondisi yang tidak normal lainnya memang pantas untuk diperiksakan. Jika pada wanita biasanya disertai dengan sakit pada panggul.

Jika rasa sakit atau nyeri cukup menyakitkan, ini bisa cukup berbahaya karena jika tidak diatasi lebih lanjut bakteri yang menyebabkan IMS bisa menyerang bagian serviks anda. Tetapi apabila anda menemukan gejala yang tidak wajar pada perut anda segeralah untuk melakukan pemeriksaan.

Warna Urin

Salah satu gejala yang bisa diamati, ketika anda diduga mengalami penyakit menular seksual adalah warna urin. Coba perhatikan warna urin saat anda membuang urin. Apakah warna urin anda normal atau tidak. Apabila anda menemukan warna urin tidak normal, padahal anda merasa cukup banyak mengkonsumsi air putih bisa jadi itu tanda IMS.

Ada beberapa IMS yang terlihat dari gejala urin yang berubah seperti klamidia, gonore, dan trikomoniasis. Meskipun tidak semua gejala warna urin berubah menjadi gejala penyakit menular seksual, karena sebagian penderita infeksi saluran kemih dan batu ginjal juga memiliki gejala warna urin yang berubah.

Sakit saat Buang Air Kecil

Beberapa penyakit menular seksual bisa teramati ketika seseorang buang air kecil. Karena sebagian besar penderita IMS akan mengalami sakit ketika melakukan buang air kecil, bahkan ketika membuang air besar pun akan mengalami gejala sakit yang tidak umum.

Sakit Saat Berhubungan Seks

Selain rasa sakit atau nyeri saat buang air, gejala penyakit seksual lainnya adalah rasa sakit ketika berhubungan badan. Biasanya gejala ini ditemukan pada wanita, maka sudah seharusnya anda melakukan pemeriksaan untuk mengetahui rasa sakit tersebut.

Rasa sakit itu bisa diperiksakan jika, pertama kali anda mengalami sakit ketika berhubungan seks, atau ketika anda sering bergonta-ganti pasangan seksual.

Keputihan yang Tidak Wajar Pada Wanita

bahaya PMSKeputihan memang hal normal yang terjadi pada wanita. Keputihan terjadi karena hormon tubuh yang berbeda. Namun jika keputihan terjadi dalam kondisi yang tidak normal, mungkin itu menjadi salah satu penyebab anda sedang mengalami IMS.

Keputihan yang tidak normal bisa ditandai dari warna, aroma, dan juga sering keluar secara tidak wajar atau frekuensi keputihan yang lebih banyak dibandingkan pada biasanya. Untuk itu segeralah untuk melakukan pemeriksaan agar mendapatkan penanganan lebih baik dari masalah keputihan.

Keluar Cairan Tidak Normal Pada Penis dan Vagina

Jika pria mengalami keluarnya cairan yang tidak wajar pada penisnya, dan wanita menggeluarkan cairan yang tidak wajar dari vaginanya, bisa menandakan ini merupakan tanda bahwa anda sedang terkena penyakit menular seksual. Jika pada wanita bisa juga disebabkan oleh vaginosis. Sehingga anda harus waspada dengan keadaan yang tidak normal ini.

Adanya Luka ataupun Benjolan Tak Wajar

Apabila di sekitar kelamin anda menemukan beberapa gejala seperti timbulnya semacam luka, ruam, atau kutil dibagian penis atau vagina. Mungkin itu adalah beberapa gejala IMS yang harus segera anda tangani dengan bantuan medis. Beberapa penyakit kelamin seperti herpes, HPV, dan sifilis ditandai dengan munculnya luka atau semacam kutil pada kelamin.

Apabila anda merasakan terdapat gejala penyakit menular seksual, anda harus segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut serta pemeriksaan dengan tenaga medis untuk mendapatkan penangangan dan pengobatan. Anda juga bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia untuk melakukan pengobatan dan konsultasi mengenai penyakit menular seksual.