counter

cara menghentikan haid

Haid atau menstruasi adalah suatu hal yang umum dialami wanita. Biasanya haid terjadi 3 sampai 5 hari. Siklus haid yang normal bagi wanita yaitu 28 sampai dengan 35 hari. Dalam masa haid, biasanya wanita akan mengalami perubahan fisiologis karena pengaruh hormon. Yang paling umum dirasakan para wanita adalah munculnya nyeri ketika haid telah datang. Bahkan ada pula yang mencari cara menghentikan haid karena haid yang dialaminya terjadi berkepanjangan.

Sebenarnya menghentikan haid adalah suatu hal yang tidak mungkin, namun membuat haid berhenti lebih awal mungkin saja bisa dilakukan, ataupun mengurangi gejala yang biasanya muncul ketika haid. Berikut ini adalah beberapa cara menghentikan haid yang berkepanjangan.

1. Ibuprofen

Ibuprofen dapat Anda gunakan untuk mengurangi nyeri yang terjadi ketika haid, dan juga biasanya bisa membuat aliran darah berkurang sebesar 50 persen. Dalam beberapa kasus juga diketahui bahwa ibuprofen bisa menghentikan haid walaupun secara perlahan. Namun jangan mengonsumsi ibuprofen lebih dari 3 atau 4 pil dalam 24 jam. Kelebihan dosis akan menjadi bahaya bagi Anda. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.

2. Memijat Area Rahim

Memijat area rahim bisa membantu melancarkan keluarnya darah haid sehingga haid bisa cepat selesai. Sebaiknya lakukan ini dalam posisi tidur terlentang, lalu pijat selama beberapa menit, kemudian duduk atau berdiri setelahnya. Lakukan pemijatan dengan lembut, jangan terlalu menekan bagian rahim.

3. Pil KB dan Suplemen Hormonal

Pil KB dan juga suplemen hormonal juga bisa membantu mempersingkat haid. Beberapa pil hormonal juga bisa membuat lapisan rahim meluruh cepat dan haid akan selesai lebih awal. Konsultasikan dulu dengan dokter terkait bagaimana penggunaan yang tepat.

4. Akupunktur

Teknik pengobatan alternatif dengan menusukkan banyak jarum pada titik-titik tertentu ini bisa membantu melancarkan haid dan juga menghilangkan rasa sakit. Jika Anda ke ahli akupunktur, katakan tujuan Anda adalah untuk menghentikan haid lebih awal ataupun meringankan sakit karena haid.

cara menghentikan haid

5. Konsumsi Raspberry

Di dalam buah yang termasuk dalam keluarga berries terdapat senyawa yang bisa menghentikan hadi. Caranya, campurkan buah dengan segelas air panas lalu diamkan selama 90 menit. Kemudian minum airnya. Lakukan hal ini sebanyak 2 kali dalam sehari untuk cara menghentikan haid.

6. Kayu Manis

Anda juga bisa menggunakan bahan dapur ini untuk menghentikan haid. Caranya campurkan kayu manis pada secangkir teh, kemudian minum. Lakukan setiap pagi ataupun sore hari.

7. Kencur

Zat aktif dalam kencur sudah terpercaya sebagai zat yang bisa membantu menghentikan haid yang berkepanjangan. Kencur juga mudah ditemui dengan harga yang murah. Anda bisa mengonsumsi kencur dalam bentuk jamu secara rutin untuk mengatasi masalah haid Anda.

8. Sayuran dan Buah Kaya Magnesium

Sayuran dan juga buah yang kaya akan magnesium bisa membantu menghentikan haid yang terjadi berkepanjangan. Cobalah untuk mengonsumsi makanan-makanan seperti semangka, kedelai, labu, oat ataupun buah alpukat secara rutin.

9. Konsumsi Air Putih

Air putih memang banyak khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Dengan konsumsi air putih yang cukup, maka racun di dalam tubuh akan mudah dibuang melalui urine. Selain itu konsumsi air putih yang banyak ketika haid juga akan membantu melancarkan pencernaan dan metabolisme tubuh.

Itulah beberapa cara menghentikan haid yang bisa Anda coba. Mungkin memang tidak langsung menghentikan haid, namun lebih pada efek membuat haid berhenti lebih awal atau lebih cepat.
Klik chat