apa itu hernia pada manusiaApa Itu Hernia?

Pertanyaan mengenai apa itu hernia sering kali terdengar keluar dari mulut orang-orang awam, pengertian hernia adalah gangguan kesehatan yang ditandai dengan adanya tonjolan organ dikarenakan adanya pembukaan atau melemahnya dinding rongga yang terdapat tonjolan tersebut. Seperti keadaan yang sering terjadi yaitu ketika usus menerobos rongga dinding perut yang menyebabkan adanya tonjolan di sekitar perut.

Hernia tidak menjadi ancaman yang serius bagi nyawa, tetapi keadaan seperti ini tidak dapat dibiarkan begitu saja, dan harus segera ditangani secara medis, karena jika tidak, maka akan terjadi komplikasi yang berpotensi penyakit yang lebih parah di masa yang akan datang. Untuk pengobatannya dokter biasanya menyarankan untuk operasi pembedahan untuk memperbaiki keadaan seperti itu.

Jenis-Jenis Hernia

Jenis-jenis hernia diidentifikasi sesuai dengan bagian tubuh yang diserang, seperti berikut:

Hernia Inguinalis

Keadaan yang menyebabkan terjadinya hernia inguinalis adalah ketika usus mendorong melalui otot dinding perut yang lemah, kemungkinan besar terjadi di dalam kanal inguinalis, maka hernia jenis ini bisa dikatakan sebagai hernia inguinalis. Sebagian besar hernia jenis ini terjadi pada laki-laki. Karena saluran sperma yang menahan testis terletak di kanal inguinalis.

Keadaan seperti ini akan terjadi ketika lahir, yaitu testis akan turun secara alami melalui daerah kanal inguinalis sehingga kanal tersebut tertutup. Kanal yang tertutup tersebut tidak selalu tertutup rapat sehingga bagian ini adalah bagian yang rentan terjadinya hernia.

Hernia Hiatal

Hernia hiatal adalah kondisi di mana bagian atas perut menonjol hingga ke bagian pembukaan diafragma. Diafragma adalah dinding otot yang memisahkan perut dengan dada.

Diafragma berfungsi sebagai penghalang asam naik ke kerongkongan, jika anda mengalami hernia jenis ini maka asam akan bocor, sehingga dapat naik ke kerongkongan. Penyakit ini juga dapar menyebabkan komplikasi pada perut dan kerongkongan.

Hernia Insisional

Jenis hernia ini terjadi dikarenakan setelah operasi perut, karena daerah sayatan operasi yang lemah. Jika usus mendorong pada daerah yang lemah bekas operasi tersebut, makan kondisi tersebutlah disebut hernia insisional.

Hernia Umbilikal

Hernia umbilikal hanya terjadi pada anak di bawah umur 6 tahun. Keadaannya seperti usus yang mendorong melalui dinding perut dekat pusar hingga menonjol. Tetapi keadaan seperti ini dapat membaik dengan sendirinya sebelum anak itu berumur 1 tahun, namun jika tidak kunjung membaik maka dokter akan menyarankan untuk operasi.

Gejala Hernia

hernia pada wanita

Gejala yang paling sering terjadi adalah rasa sakit pada bagian tubuh yang terkena hernia, saat membungkuk, batuk atau saat mengangkat beban yang sangat berat.

Gejala hernia hiatal adalah berupa kesulitan dalam menelan dan akan terasa nyeri pada bagian dada. Namun terkadang hernia tidak menunjukkan gejala apapun, dan penyakit hernia bisa ditemukan setelah melakukan diagnosis.