counter

virus herpesCukup banyak penyakit menular yang seksual yang bisa menyerang anda. Penyakit seksual ini biasa tertular ketika anda melakukan hubungan seksual dengan orang yang sudah tertular penyakit seksual tersebut. Salah satu penyakit seksual adalah herpes, apa itu herpes?

Herpes merupakan salah satu penyakit yang biasa menyerang bagian kulit manusia. Penyakit ini disebabkan oleh virus Herpes Simpleks Virus (HSV) yang menjadi penularan herpes. Virus HSV dibagi menjadi dua macam. Yaitu HSV 1 dan HSV 2. Perbedaannya adalah jika HSV satu menyerang bagian tubuh dari perut keatas, biasanya menyerang bibir, mulut, dan tenggorokan.

Sedangkan HSV 2 menyerang perut bagian bawah dan biasanya menyerang organ vital. Banyak penderita herpes yang tidak sadar jika mereka sedang menderita herpes. Karena penyakit ini tidak menimbulkan gejala apapun bagi si penderitanya.

Herpes dibagi menjadi dua yakni herpes zoster dan herpes genital. Berikut penjelasan mengenai kedua herpes tersebut.

Herpes Zoster

Herpes zoster biasanya menyerang saraf dan kulit dan menyebabkan penderitanya akan menimbulkan tonjolan-tonjolan pada bagian yang terkena virus. Apa itu Herpes zoster? Herpes zoster seperti cacar air, bahkan orang yang belum pernah terkena cacar air akan sangat mudah terkena herpes zoster. Istilah lain yang sering disebutkan masyarakat terhadap herpes zoster adalah cacar api atau cacar ular.

Memang virus yang menjadi penyebab herpes zoster merupakan virus yang sama dengan cacar air. Namun biasanya virus ini akan menyerang jika sudah mengalami ruam yang lebih besar dibandingkan dengan ruam cacar air.

Cukup banyak faktor yang membuat seseorang terjangkit virus herpes zoster ini. Karena virus bisa menyerang melalui batuk, pilek dan juga menyerang melalui pakaian serta sentuhan orang yang terkena herpes zoster.

Gejala Herpes Zoster

Herpes zoster akan menimbulkan beberapa gejala yang ditandai dengan,:

  • Demam
  • Sakit kepala
  • Timbulnya tonjolan-tonjolan pada bagian tubuh
  • Tonjolan yang timbul menyebabkan rasa sakit atau panas
  • Mudah lelah dan badan terasa tidak enak
  • Sesak nafas
  • Mengigil

Itulah beberapa tanda yang menyebabkan timbulnya gejala herpes zoster. Herpes itu akan berlangsung selama 14-28 hari dan akan hilang dengan sendirinya. Tetapi anda tidak bisa membiarkannya begitu saja. Anda harus tetap mendapatkan pertolongan medis.

Herpes ini dapat menyerang siapa saja. Tetapi anda bisa mencegahnya dengan menguatkan sistem imun tubuh. Karena sistem imun yang lemah menjadi salah satu penyebab seseorang mudah terkena herpes zoster.

Klik chat

Herpes Simplex atau Herpes Genital

Apa itu Herpes simplex atau Genital? Herpes yang satu ini memang bisa membuat setiap penderitanya merasa kurang percaya diri. Karena herpes yang kedua ini menyerang bagian kelamin orang tersebut. Bakteri yang menjadi penyebab herpes genital akan menyerang organ kelamin dan menimbulkan luka pada bagian kelamin.

Bakteri herpes simplex akan menyerang melalui hubungan seksual, baik itu seks melalui vagina, anal, dan juga seks oral bisa menyebabkan seseorang tertular penyakit herpes simplex. Herpes simplex juga tidak menimbulkan gejala apapun bagi penderitanya. Sehingga penderita herpes jarang mengetahui.

Namun herpes simplex bisa ditandai dengan beberapa gejala yang biasanya muncul dibagian kelamin, seperti:

Gejala Herpes Simplex

  • Timbul rasa sakit pada kelamin
  • Timbul rasa gatal pada bagian kelamin dan anus
  • Adanya luka disekitar kelamin dan anus
  • Merasakan sakit ketika membuang air kecil
  • Adanya cairan yang keluar pada vagina bagi perempuan

apa itu herpes

Jika anda mengalami gejala-gejala diatas maka itu merupakan tanda timbulnya gejala herpes. Namun untuk memastikannya, maka anda bisa melakukan pemeriksaan medis untuk mendapatkan penanganan dan pencegahan lebih lanjut dalam mengobati herpes anda.

Ketika anda melakukan pemeriksaan ke dokter, maka anda akan diberikan obat penghilang virus yaitu asiklovir, famsiklovir, dan valasiklovir. Namun yang perlu anda ketahui, virus herpes pada tubuh tidak akan bisa menghilang secara sepenuhnya.

Bahkan obat-obatan yang diberikan pun hanya akan mebantu agar virus tidak lagi menyebar dan berkembang biak yang menyebabkan menjadikannya cukup parah. Untuk itu anda juga disarankan untuk tidak melakukan hubungan seksual ketika mengalami herpes genital.

Agar anda terhindar dari herpes genital, anda harus menghindari melakukan kontak seksual dengan pasangan yang menderita herpes. Baik itu hanya berciuman, karena berciuman pun bisa menyebabkan anda terkena herpes genital.

Bagaimana, pertanyaan mengenai apa itu herpes sudah cukup terjawab. Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk terhindar dari penyakit yang satu ini. Selain untuk tidak melakukan hubungan seks secara sembarang, anda juga tidak melakukan seks menggunakan mainan yang bisa menjadi penyebab herpes. Dan jika bisa anda tidak selalu melakukan tukar pakaian dengan orang lain, karena hal itu bisa menyebabkan bakteri penyebab herpes menular kepada anda.

Klik chat