counter

apa itu impotensi

Apa itu impotensi? Para pria pasti sudah mengetahui arti dari apa itu impotensi. Kondisi yang bisa menjadi mimpi buruk pria ini akan menyebabkan pria menjadi kesulitan dalam memulai ereksi ataupun untuk mempertahankan ereksi. Impotensi sendiri bukanlah suatu penyakit, melainkan suatu gangguan seksual.

Banyak impotensi dialami oleh pria yang sudah berusia di atas 40 tahun. Namun bukan berarti pada usia tersebut saja pria bisa mengalami gangguan ini, karena pria muda juga bisa mengalami kondisi yang juga disebut dengan disfungsi ereksi ini. Setelah mengetahui apa itu impotensi, Anda juga harus mengetahui apa penyebabnya yang bisa membuat pria mengalami hal ini. Berikut ini penjelasannya.

Penyebab Impotensi

1. Depresi Atau Stress

Depresi atau stres merupakan suatu permasalahan psikologis yang sering kali terjadi ketika banyaknya tekanan di dalam hidup, seperti yang berhubungan dengan rumah tangga ataupun pekerjaan. Kondisi ini bukan hanya bisa mempengaruhi seseorang secara psikologis saja, namun juga secara fisik. Ketika pria mengalami depresi, maka otak akan sulit menerima rangsangan, dan membuat penis tidak dapat ereksi. Depresi biasanya akan ditangani dengan obat-obatan, yang terkadang juga dapat memicu terjadinya gangguan pada ereksi. Hal ini terjadi karena adanya campuran kimia pada obat yang dapat mematikan atau mengganggu fungsi organ milik pria tersebut.
Klik chat

2. Cemas

Perasaan cemas umumnya akan muncul bila pria menemukan adanya gejala tidak wajar pada fungsi seksual miliknya. Hal tersebut malah akan membuat pria takut untuk melakukan hubungan seksual, sehingga akhirnya sulit dalam menerima rangsangan seksual. Hal ini dikarenakan terjadinya gangguan pada mekanisme rangsangan yang diterima otak sehingga organ seksual tidak mendapatkan kemampuan untuk mencapai ereksi.

3. Perasaan Bersalah

Pria cenderung akan merasa bersalah bila pasangan tidak mendapatkan kepuasan saat melakukan hubungan seksual dengannya. Hal tersebut akan membuat pria takut, dan juga khawatir. Sehingga gairah seks umumnya akan menghilang dan pria akan kesulitan dalam ereksi.

4. Penyakit

Penyakit seperti hipertensi dan diabetes juga bisa menjadi penyebab pria mengalami impotensi. Pada penderita hipertensi, akan terjadi gangguan pada pembuluh darah, termasuk yang berada di sekitar organ reproduksi yang akhirnya membuat penis sulit untuk ereksi. Sedangkan diabetes merupakan penyakit yang seringkali menjadi penyebab impotensi pada pria. Hal ini disebabkan karena penyakit ini terjadinya karena adanya gangguan pada fungsi endokrin, sehingga tubuh tidak mampu menghasilkan hormon insulin yang berfungsi mengubah kadar gula untuk dijadikan energi, sehingga kadar gula menjadi berlebihan.

apa itu impotensi

5. Efek Obat

Obat-obatan tertentu ada pula yang bisa menyebabkan pria mengalami impotensi, seperti misalnya obat anti-hipertensi yang beberapa diantaranya bisa membuat pria mengalami gangguan pada fungsi ereksi. Namun tidak semua obat ini menimbulkan efek tersebut, karena biasanya hanya pada obat dengan golongan beta blocker yang menyebabkan terjadinya efek samping seperti impotensi. Obat-obatan lain seperti anti-psikotik, diuretik, fibrat, ataupun anti-konvulsan bila digunakan dalam jangka panjang bisa menimbulkan dampak terjadinya impotensi pada pria.

Mengetahui apa itu impotensi dan juga penyebab dari kondisi tersebut, juga harus disertai dengan pengetahuan bagaimana untuk mengatasi gangguan seksual yang bisa dialami setiap pria ini. Bila disebabkan oleh gangguan psikologis, maka Anda harus melakukan terapi untuk mengatasinya. Jika Anda mengalami impotensi yang disebabkan oleh penyakit tertentu, maka penyakit tersebut harus diobati. Dan diskusikan dengan dokter terkait penggunaan obat yang menimbulkan efek impotensi untuk menggantinya dengan obat lain dengan fungsi yang sama.

Bila Anda terganggu dengan permasalahan impotensi, Anda dapat berkonsultasi dan memeriksakan diri ke Klinik Utama Gracia.
Klik chat