counter

tahapan menstruasiMenstruasi atau haid merupakan sesuatu yang wajar yang terjadi pada setiap wanita. Seluruh wanita akan mengalami masa menstruasi selama 20-40 tahun. Biasanya seorang wanita akan mengalami menstruasi pada masa puberitas sekitar usia 8-15 tahun. Lalu apa itu menstruasi?

Menstruasi terjadi selama 3-7 hari pada wanita. Proses ini akan terus berulang setiap bulannya dengan rentang waktu 28-35 hari. Namun sebagian besar wanita tidak mengalami masa haid selama 28 hari, sangat jarang ada wanita yang mengalami masa haid pada periode tersebut.

Apa itu Menstruasi ? Yaitu luruhnya lapisan yang terdapat pada dinding rahim, luruhnya lapisan tersebut menyebabkan wanita mengalami pendarahan. Darah tersebut akan keluar melalui vagina wanita dan itulah yang disebut dengan menstruasi. Bagaimana menstruasi dapat terjadi pada wanita?

Siklus Menstruasi

Siklus menstruasi pada wanita terjadi pada rentang waktu 28-35 hari. Tetapi hanya sekitar 10 % wanita yang mengalami siklus menstruasi selama 28 hari. 90 % wanita mengalami siklus menstruasi 25-35 hari pada wanita. Umumnya wanita mengalami siklus menstruasi sekitar 20-35 hari.

Tidak semua wanita akan mengalami siklus menstruasi yang sama. Meskipun orang tersebut tinggal satu rumah dan mengikuti keturunan. Karena faktor yang mempengaruhi menstruasi adalah aktivitas harian yang anda lakukan. Jika menstruasi yang anda alami lebih dari 35 hari atau lebih cepat, maka ada hal yang tidak wajar terjadi pada organ reproduksi anda.

Klik chat

Tahapan Menstruasi

Jika anda memiliki pertanyaan apa itu menstruasi? Maka anda harus terlebih dahulu mengetahui mengenai fase-fase menstruasi yang terjadi pada tubuh seorang wanita. Fase-fase ini merupakan hal yang umum dan wajar terjadi pada setiap wanita.

Tahap Satu

Pada tahap satu ini tubuh wanita mengalami pendarahan selama 3-5 hari. Ini merupakan fase wajar yang terjadi pada wanita. Selama masa ini akan ada darah yang keluar dari vagina wanita. Darah yang keluar secara normal dari hasil peluruhan pada dinding rahim tersebut sebanyak 30-40 mililiter.

Anda akan mengalami rasa sakit ketika memasuki hari pertama haid. Rasa sakit tersebut normal terjadi karena adanya dorongan dari otot-otot disekitar panggul untuk meluruhkan lapisan rahim yang akan menjadi darah tersebut.

Tahap Dua

apa itu menstruasiPada tahap kedua ini merupakan tahapan setelah anda mengalami masa pendarahan. Biasanya tahapan ini akan dimulai sejak hari kelima hingga hari ke 14 setelah memasuki masa haid. Pada tahap ini hormon yang mempengaruhi menstruasi yakni hormon esterogen akan meningkatkan kadarnya pada rahim.

Ada yang mengatakan di tahap atau fase kedua ini merupakan masa subur bagi wanita. Dimana diwaktu inilah waktu yang tepat untuk melakukan pembuahan sel telur oleh sel sperma. Jadi jika anda memang sedang ingin memiliki momongan maka anda harus melakukan hubungan seksual bersama pasangan anda di masa ini.

Tahap Tiga

Pada tahap ini merupakan tahap dimana sel telur akan meninggalkan tuba fullopi karena tidak dibuahi. Jika sel telur tidak dibuahi pada masa awal, maka sel telur yang tidak dibuahi. Pada tahap inilah hormon progesterone akan kembali menebal untuk melapisi dinding rahim.

Tetapi jika tidak dibuahi, maka lapisan progesterone pada dinding rahim tersebut akan kembali luruh menjadi darah dan wanita memasuki tahap pertama lagi. Yaitu menstruasi kembali dengan diiringi beberapa gejala yang biasanya terjadi pada wanita.

Gejala Menjelang Menstruasi

Menstruasi juga menimbulkan beberapa gejala pada tubuh anda ketika anda akan memasuki masa menstruasi. Hal ini umum terjadi pada wanita. Biasanya gejala-gejala tersebut seperti:

  • Sakit kepala
  • Pembengkakan pada payudara
  • Mood yang cepat berubah
  • Meningkatnya nafsu makan
  • Sakit perut dan sakit pada pinggul.

Nah itulah beberapa hal yang terjadi saat anda mengalami menstruasi. Sehingga pertanyaan mengenai apa itu menstruasi sudah dapat terjawab. Menstruasi merupakan hal yang normal dan wajar yang terjadi pada setiap wanita yang sudah memasuki masa baliq.

Klik chat