obat untuk infeksi saluran kencing

Sering merasa selalu ingin buang air kecil, dan juga merasakan nyeri pada saat tersebut, bisa menjadi tanda bahwa Anda terkena infeksi saluran kencing atau infeksi saluran kemih. Sesuai dengan namanya, pada saluran kencing atau saluran kemih seseorang mengalami infeksi. Infeksi ini sendiri terjadi karena adanya bakteri yang masuk pada saluran kencing. Lalu apa obat untuk infeksi saluran kencing? Sebelum mengetahui obat untuk infeksi saluran kencing, akan lebih baik jika Anda memahami penyakit ini terlebih dulu.

Infeksi saluran kencing ini sangat sering terjadi pada wanita, walaupun pria bisa mengalaminya, namun tidak sebanyak kasus infeksi saluran kencing yang terjadi pada wanita. Alasannya adalah karena saluran kencing milik wanita lebih pendek dibandingkan milik pria. Dan saluran kemih wanita juga lebih dekat dengan anus. Hal ini membuat bakteri dapat dengan mudah masuk ke saluran kemih, yang kebanyakan berasal dari anus. Selain itu, bakteri juga bisa berasal dari hubungan seksual.

Berikut ini adalah beberapa obat untuk infeksi saluran kencing.

1. Antibiotik

Karena infeksi saluran kencing yang terjadi dikarenakan bakteri, maka pengobatan terbaik yang akan diberikan dokter adalah dengan antibiotik. Antibiotik yang diberikan berguna untuk membunuh dan juga mencegah bakteri untuk berkembang kembali. Penggunaan antibiotik harus selalu berdasarkan anjuran dokter untuk menghindari resistensi bakteri yang membuat bakteri sulit dihilangkan karena sudah kebal pada antibiotik. Biasanya antibiotik juga akan diberikan bersama obat pereda rasa sakit yang akan membantu menghilangkan keluhan nyeri karena adanya peradangan yang terjadi akibat infeksi.

2. Air Putih

Diperlukan asupan banyak cairan bila Anda mengalami infeksi saluran kencing. Hal ini diperlukan agar bakteri yang berada di saluran kencing bisa terdorong keluar karena umumnya Anda akan sering buang air kecil bila asupan cairan meningkat. Sebaiknya pilih air putih saja untuk Anda konsumsi setiap harinya. Kurangi atau bahkan hindari minuman manis, mengandung kafein, soda ataupun alkohol. Bila infeksi saluran kencing sudah sembuh, tetap lakukan kebiasaan konsumsi air putih secara cukup setiap hari, agar Anda terhindar dari kambuhnya infeksi.

3. Jus Cranberry

Konsumsi jus buah cranberry bisa menjadi obat untuk infeksi saluran kencing yang Anda alami. Sebaiknya Anda tidak menambahkan pemanis apapun pada jus tersebut agar efek yang diberikan dapat terasa. Jus cranberry ini memang sudah dipercaya sejak dulu untuk menghilangkan bakteri yang menyebabkan terjadinya infeksi saluran kencing. Hal ini karena pada buah tersebut terdapat kandungan senyawa yang akan mempersulit bakteri untuk melekat pada dinding kandung kemih. Jumlah jus cranberry yang disarankan untuk dikonsumsi adalah sekitar 8 hingga 16 ons jus tanpa pemanis apapun perharinya.

4. Probiotik

Probiotik adalah suplemen yang memiliki kandungan bakteri baik di dalamnya. Dengan mengonsumsi probiotik, maka Anda akan lebih cepat sembuh dari infeksi saluran kencing dan juga terhindari dari kekambuhan infeksi saluran kencing. Probiotik ini dapat dengan mudah Anda dapatkan dari yoghurt, kefir, susu, ataupun pil suplemen.

Melakukan pencegahan akan lebih baik agar Anda tidak mengalami infeksi saluran kencing. Pencegahan yang bisa dilakukan yaitu dengan menjaga kebersihan area kelamin, membersihkan kelamin dari arah depan ke belakang (terutama pada wanita), buang air kecil setelah melakukan hubungan seksual, dan mencukupi asupan cairan.

Bila Anda mengalami infeksi saluran kencing yang mengganggu, periksakan diri Anda ke Klinik Utama Gracia agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.