apa penyebab keputihan abnormal pada wanitaKeputihan abnormal sering kali menjadi masalah yang besar pada setiap wanita, karena dapat mengganggu, baik itu saat beraktivitas di luar rumah, maupun aktivitas seksual. Maka dari itu di sini kami akan memaparkan mengenai apa penyebab keputihan abnormal pada wanita. sebelum membahas lebih jauh kami akan menjelaskan pengertian keputihan itu sendiri.

Keputihan adalah keluarnya (sekresi) cairan dari dalam vagina, yang dikeluarkan secara alami, dalam berbagai fungsi, seperti sebagai pelicin saat akan melakukan hubungan seksual, dan sebagai pencegah dari berbagai macam infeksi. Keputihan terbagi menjadi dua, yaitu keputihan normal dan keputihan abnormal.

Keputihan normal itu sendiri sering kali datang pada saat sebelum menstruasi dan setelah menstruasi dengan debit cairan yang biasa tidak berbau dan tidak menyebabkan iritasi dan gatal, sedangkan keputihan abnormal adalah keputihan yang terkadang disebabkan oleh adanya jamur atau bakteri yang menginfeksi bagian reproduksi, sehingga menyebabkan berbagai macam penyakit. Keputihan abnormal dapat menyebabkan, bau, gatal atau iritasi, serta cairannya berwarna kuning, coklat, hijau.

Apa Penyebab Keputihan Abnormal

keputihan tidak normal

Apa Penyebab Keputihan abnormal sebenarnya? Seperti dijelaskan di atas keputihan abnormal biasanya disebabkan oleh beberapa jamur atau bakteri yang menyerang sistem reproduksi anda. jamur atau bakteri ini bisa berkembang secara tidak normal disebabkan oleh tidak bisanya menjaga kebersihan di area kewanitaan. Berikut jamur atau bakteri yang sering menginfeksi area kewanitaan anda:

Jamur Candidas (Monilia)

Jamur jenis ini menjadi jenis yang paling umum yang sering menginfeksi vagina. Jamur ini menyebabkan keputihan yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

candida keputihan

• Rasa gatal luar biasa pada bagian vagina.
  • Vagina akan memerah dan terasa perih.
  • Cairan keputihan menggumpal.
  • Vagina akan membengkak.

Jamur candidas sangat mudah berkembang biak pada wanita yang memiliki penyakit kencing manis, wanita yang sedang menggunakan pil KB dan wanita yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Penyakit yang disebabkan oleh jamur candidas, salah satunya adalah vaginitis.

Parasit Trichomonas

Parasit ini bisa menyerang saluran uretra, parasit ini ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak sehat. Jika parasit trichomonas telah parah, maka akan terjadi keputihan dengan ciri-ciri seperti ini:

parasit keputihan

• Cairan keputihan berwarna kuning, hijau.
  • Vagina akan menimbulkan bau yang tidak enak.
  • Terasa gatal pada bagian vagina.
  • Cairan yang keluar berbusa.
  • Cairan yang keluar terkadang encer.
  • Dinding vagina tampak kemerahan.
  • Akan membentuk abses pada dinding vagina dan serviks.
  • Pendarahan instermenstrual.
  • Akan terjadi iritasi pada lipatan paha akibat cairan yang terlalu banyak.

Penyakit yang disebabkan oleh parasit trichomonas adalah:

Penyakit-penyakit di atas pada umumnya tidak memiliki gejala yang berarti. Periksakan diri anda ke dokter bila mengalami masalah ini, dokter biasanya akan memeriksa anda, dan memberikan obat yang sesuai dengan yang anda derita. Sebaiknya anda beserta pasangan anda juga melakukan pemeriksaan.

Virus

Virus dapat menyebabkan penyakit kelamin yang mengarah kepada keputihan abnormal. Virus dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Berikut daftar penyakit yang disebabkan oleh virus.

virus keputihan

Penyakit kelamin herpes menyebabkan keputihan dengan ciri-ciri rasa gatal, panas pada bagian vagina, akan terdapat luka melepuh di sekitar lubang vagina.

Penyakit kutil kelamin juga menyebabkan keluarnya cairan yang sangat bau dan terasa gatal, serta akan muncul kutil yang ada di sekitar vagina.

Keputihan Abnormal Berbahaya

Jika anda mengalami keputihan abnormal, disarankan untuk tidak membiarkan keputihan ini berlanjut, segeralah memeriksakan diri anda ke dokter agar dapat mendapat penanganan secara khusus. Berikut resiko jika keputihan anda abaikan:

• Kemandulan biasanya diawali karena keputihan abnormal yang tidak diobati.
  • Keputihan dapat memicu terjadinya kanker serviks, dan jika tidak diobati, dapat mengakibatkan kematian.
  • Keputihan dapat menyebabkan infeksi-infeksi yang berdampak sangat berbahaya seperti infeksi saluran kencing.

Agar anda terhindar dari keputihan sebaiknya anda menjaga area intim anda dengan melakukan hal-hal berikut:

• Menjaga kebersihan vagina.
  • Tidak memakai pakaian yang ketat.
  • Tidak memakan makanan penyebab keputihan.
  • Tidak berganti-ganti pasangan seksual.
  • Menggunakan kondom jika melakukan hubungan seksual dengan orang yang baru dikenal.
  • Menjaga kebersihan vagina, dengan obat-obatan rekomendasi dokter.
  • Tidak membersihkan keputihan menggunakan cairan berbahan yang tidak herbal.
  • Gantilah pakaian dalam minimal 2-3 kali dalam sehari.

Demikianlah artikel mengenai apa penyebab keputihan abnormal, Jika anda mengalami keputihan tidak normal sebaiknya anda segera mengkonsultasikan keadaan anda sesegera mungkin, agar dapat mengurangi gejala-gejala yang tidak diinginkan. Datanglah ke Klinik Utama Gracia, di klinik kami terdapat dokter yang berpengalaman dan handal dibidangnya serta didukung dengan peralatan yang canggih dan modern.

Gunakanlah layanan Konsultasi Medis Online kami dengan klik gambar di bawah ini.