counter

keputihan berwarna coklat

Kelenjar vagina akan menghasilkan cairan yang nantinya dikeluarkan dan disebut sebagai keputihan. Bagi area kewanitaan, keputihan berguna untuk membersihkan diri dari mikroorganisme jahat, dan juga sel mati, agar kesehatan area kewanitaan tetap terjaga. Namun normalnya keputihan tidak berwarna, tetapi adapula wanita yang mengalami keputihan berwarna coklat. Apakah keputihan warna coklat disebut sebagai keputihan abnormal?

Penyebab Keputihan Berwarna Coklat

Keputihan warna coklat bisa terjadi karena masa ovulasi, awal kehamilan, akan menopause, ataupun telah memasuki menopause. keputihan ini akan berwarna coklat muda hingga coklat tua. Keputihan dimana berwarna pekat, menjadi tanda adanya pendarahan pada dinding rahim. biasanya wanita juga mengalami keputihan dengan warna kecoklatan ketika akan menstruasi atau akan selesai menstruasi.

Penyebab lainnya berikut ini juga bisa menjadi penyebab keputihan berwarna coklat, yaitu:

1. Atrofi Vaginitis

Saat tubuh kekurangan hormon estrogen maka akan menyebabkan terjadinya peradangan karena terjadi kerusakan jaringan pada otot, dan juga produksi cairan lubrikasi akan semakin menurun. Penderita kondisi ini akan merasakan munculnya rasa sakit saat berhubungan seksual, vagina juga akan terasa kering, perih, dan mengeluarkan keputihan warna coklat terus menerus. Selain keputihan yang berwarna coklat, wanita penderita atrofi vaginitis juga akan mengalami keputihan berwarna kekuningan yang berbau busuk.

Klik chat

2. Penyakit Menular Seksual

Ada beberapa penyakit menular seksual yang menyebabkan penderitanya mengalami keputihan yang berwarna coklat. Namun ini bukanlah gejala satu-satunya, sehingga Anda juga harus memperhatikan gejala yang menyertai lainnya, dan periksakan diri ke dokter untuk memastikan kondisi Anda.

3. Polip Rahim

Polip rahim adalah penyebab selanjutnya mengapa wanita bisa mengalami keputihan yang berwarna kecoklatan. Penderita polip rahim juga akan mengalami pendarahan setelah berhubungan seksual, dan juga ketika menstruasi darah yang dikeluarkan berlebihan.

4. Penyakit Radang Panggul

Penyakit radang panggul sebenarnya dapat terjadi bila adanya infeksi pada vagina yang naik hingga ke panggul. Kebanyakan penyakit ini terjadi sebagai komplikasi dari penyakit menular seksual yang dialami wanita. pada penderita penyakit radang panggul, maka akan terjadi gejala seperti sakit pada perut bagian bawah, sakit ketika melakukan hubungan seksual, dan keputihan yang kecoklatan. Bila penyakit ini dibiarkan, maka wanita akan mengalami infertilitas, ataupun kehamilan ektopik.

keputihan warna coklat

5. Kanker Serviks

Ini adalah kemungkinan terburuk sebagai penyebab keputihan yang kecoklatan pada wanita. biasanya gejala yang akan dialami wanita adalah penurunan berat badan secara drastis, nafsu makan berkurang, kelelahan, dan terasa nyeri pada bagian pinggul dan juga tungkai.

Mengobati Keputihan Berwarna Coklat

Mengobati keputihan warna coklat yang tepat adalah dengan terlebih dahulu mengetahui apa penyebab pasti dari kondisi tersebut. Setelah diketahui, maka Anda dapat melakukan pengobatan sesuai dengan penyebab permasalahan yang Anda alami.

Adapun pengobatan yang dapat dilakukan bila disebabkan oleh penyebab di atas adalah, pemberian antibiotik bila disebabkan penyakit menular seksual karena bakteri, menghilangkan polip dengan cara pemberian obat hormonal ataupun melakukan kuret, dan juga melakukan radiasi, kemoterapi ataupun operasi bila disebabkan kanker serviks.

Namun bila keputihan ini terjadi karena menopause, ovulasi, menstruasi ataupun kehamilan, maka Anda tidak dapat mencegahnya, dan hal tersebut terjadi secara alami.

Selalu jaga kesehatan area kewanitaan Anda agar tidak mengalami keputihan abnormal atau yang dapat membahayakan organ reproduksi Anda. bila Anda mengalami keluhan terkait keputihan abnormal, Anda bisa berkonsultasi dan memeriksakan diri ke Klinik Utama Gracia.
Klik chat