counter

pinggang kanan sakitpinggang kanan sakit merupakan keluhan yang umum dirasakan pria dan wanita ketika sedang melakukan aktivitas yang menguras tenaga. Terkadang kondisi seperti ini diabaikan, padahal keadaan seperti itu adalah suatu gejala penyakit yang tidak kita ketahui. Berikut akan kami jelaskan mengenai penyebab pinggang sebelah kanan sakit yang mungkin anda alami.

 

Penyebab Pinggang Kanan Sakit

Banyak faktor yang menyebabkan pinggang sebelah kanan terasa sakit. Dengan mengetahui penyebab anda dapat mengatasi gejala awal dari suatu penyakit tersebut.

Masalah Ginjal

Karena letak ginjal dekat dengan pinggang, maka jika ginjal mengalami masalah, menjadi tidak aneh jika pinggang juga akan terkena dampaknya. Ada beberapa sakit ginjal yang dapat menyebabkan sakit pinggang, antara lain batu ginjal dan infeksi ginjal.

Jika anda mengalami batu ginjal maka nyeri akan terasa pada bagian pinggang dan menjalar ke bagian perut dan selangkangan. Sedangkan untuk infeksi ginjal, tidak hanya pinggang yang akan terasa sakit, tapi akan mengalami gangguan buang air kecil, demam, mual dan muntah.

Tegang Otot

Tegang otot merupakan penyebab yang lebih sering terjadi. Hal ini terjadi ketika seseorang membuat gerakan secara tiba-tiba, atau ketika mengangkat beban yang sangat berat, tegang otot juga dapat terjadi ketika anda duduk di kantor dalam waktu yang lama. Rasa sakit pinggang dapat terjadi begitu saja dan rasa sakitnya akan meningkat secara bertahap.

Cedera

Persendian pada tulang belakang seseorang terutama pada bagian piringannya rentan cedera terutama ketika usia seseorang semakin tua. Piringan sendi yang mengalami cedera dapat menekan syaraf yang ada di sekitar pinggang sehingga menimbulkan rasa sakit yang tak tertahankan. Cedera seperti ini di dapat akibat mengangkat beban yang berat, dan rasa sakit akan terjadi 3 sampai 4 hari.

Sciatica

Sciatica atau biasa disebut saraf siatik, merupakan saraf terpanjang yang melelui panggul, hingga kaki. Jika saraf ini terjepit pada bagian pinggang sebelah kanan, maka anda akan merasakan sakit pada bagian tersebut. Keadaan seperti ini dapat di redakan dengan cara mengkompreskan es batu dan air hangat secara berkala.

Herpes Zoster

Penyakit herpes zoster juga dapat menyebabkan sakit pada bagian pinggang sebelah kanan, jika herpes tumbuh pada bagian pinggang maka pinggang, maka penyakit ini akan akan menginfeksi saraf pinggang, sehingga dapat menyebabkan nyeri pada bagian pinggang disertai rasa kesemutan. Masih terdapat gejala lain yang diakibatkan oleh penyakit ini seperti demam, sakit kepala dan rasa tidak nyaman pada bagian senyum.

Masalah Empedu

Peradangan atau batu empedu merupakan salah satu penyebab yang paling sering ketika seseorang merasakan sakit pada bagian pinggang sebelah kanan dan juga dapat naik ke bahu. Jika anda mengalami masalah pada empedu, sebaiknya anda memeriksakan diri anda ke dokter, karena jika tidak di atasi secepatnya, maka penyakit ini akan menjadi masalah yang serius.

Baca Juga: Virus Hvp, Herpes Bibir

Demikianlah artikel kami yang membahas beberapa penyebab pinggang kanan sakit, jika keluhan seperti ini terjadi terus menerus sebaiknya anda segera memeriksakan diri anda ke dokter. Ayo konsultasikan keluhan anda dengan konsultan medis Klinik Utama Gracia.

Save

Save
Klik chat

Save