counter

bahaya keputihan saat hamilBahaya keputihan saat hamil terkadang meresahkan pada beberapa wanita, tidak perlu khawatir, keputihan ada dua jenis yaitu keputihan normal dan keputihan abnormal. Kenali terlebih dahulu penyebab keputihan saat hamil yang anda alami, untuk mengetahuinya klik keputihan abnormal dan keputihan normal.

Keputihan adalah keadaan dimana vagina mengeluarkan cairan selain darah, yang biasanya keluar sebelum menstruasi dan setelah menstruasi. Cairan ini diproduksi oleh serviks dan kelenjar dalam vagina akan mengeluarkan lendir bersama dengan sel-sel yang telah mati serta bakteri. Keputihan normal sangat bagus untuk menjaga vagina dari infeksi yang disebabkan oleh pertumbuhan bakteri, tetapi keputihan juga berbahaya jika tidak normal seperti keadaan lendir yang bau, berwarna atau gatal.

Bahaya Keputihan Saat Hamil

hamil

Di dalam artikel kami kali ini akan membahas mengenai bahaya keputihan saat hamil, keputihan yang berbahaya tersebut tentunya keputihan abnormal. Adapun keputihan abnormal mempunyai gejala-gejala yang mudah untuk diketahui, salah satunya, keputihan akan mengakibatkan rasa gatal yang berlebih dan bahkan menyebabkan iritasi. Berikut adalah bahaya keputihan saat hamil yang akan kami jelaskan.

  • Kelahiran Prematur

Bahaya paling utama jika anda mengalami keputihan abnormal saat hamil adalah kelahiran prematur, yaitu bayi yang lahir kurang dari usia 38 minggu. Bayi yang lahir dalam keadaan prematur, organ yang tumbuh belum cukup sempurna, sehingga resiko kematian bayi prematur sangat tinggi.

  • Berat Badan Bayi Rendah

Masalah kedua akan muncul jika bayi dilahirkan prematur, maka masalah selanjutnya adalah berat badan bayi yang rendah. Bayi dengan berat badan rendah harus melakukan perawatan yang sangat khusus, jika tidak bayi akan mengalami berbagai macam kondisi yang tidak baik untuk bayi, salah satunya adalah gizi buruk. Maka dari itu bayi yang lahir dengan berat badan rendah sebaiknya melakukan perawatan secara khusus.

  • Ketuban Pecah Sebelum Waktunya

Jika ketuban pecah biasanya pertanda akan mendekati masa persalinan, tetapi tidak bagi ibu yang mengalami keputihan yang tidak normal, karena keadaan seperti itu dapat mengakibatkan ketuban pecah sebelum waktunya, yang menandai akan mengalami kelahiran prematur.

  • Kontraksi Prematur

Kontraksi prematur disebabkan beberapa faktor yaitu over distensi berlebihan pada otot rahim dan selaput ketuban, dapat juga disebabkan oleh keputihan abnormal yang di sebabkan oleh infeksi dan peradangan di dalam rahim. Jika seorang ibu hamil merasakan seperti demam, disertai kontraksi yang berlebihan sebaiknya segera periksakan ke dokter. Setelah didiagnosis biasanya dokter akan memberikan obat-obatan tokolitik.

  • Penyakit Akan Timbul Setelah Bayi Dilahirkan

Jika keputihan disebabkan oleh penyakit menular seksual seperti gonore, maka bayi beresiko terkena gonore yang mungkin akan tumbuh pada bagian mata, dengan ciri-ciri, mata bayi akan bengkak, iritasi, dan mata bayi akan sensitif terhadap cahaya.

Cara Mencegah Keputihan Abnormal Saat Hamil

makanan sehat saat hamil

Setelah anda mengetahui bahaya-bahaya yang diakibatkan oleh keputihan abnormal pada saat hamil, maka sebaiknya anda menjaga kesehatan organ kewanitaan anda, dengan cara seperti berikut:

  • Membersihkan vagina dengan benar setelah anda buang air.
  • Saat hamil sebaiknya lebih sering mengganti pakaian dalam, jangan menunggu lembab.
  • Gunakan Pakaian yang tidak ketat.
  • Makanlah makanan yang sehat.
  • Lakukanlah Olahraga ringan.
  • Hindarilah melakukan hubungan seks dengan seseorang yang baru dikenal.
  • Ketika hamil sebaiknya rutin melakukan pemeriksaan ke dokter.

Jika anda mengalami keputihan saat hamil, sebaiknya anda memeriksakan diri anda ke dokter sesegera mungkin, agar dapat diketahui apakah keputihan tersebut normal atau tidak, jika tidak maka akan dilakukan pengobatan sedini mungkin.

Konsultasikan kesehatan anda dengan menggunakan layanan Konsultan Medis Online kami dengan cara klik banner di bawah ini.

Klik chat

Save

Save

Save