balanitisBalanitis adalah infeksi atau peradangan pada kulit kepala (glans) penis pada pria yang tidak sunat, daerah ini ditutupi oleh lipatan kulit yang dikenal sebagai kulup, atau preputium. Balanitis dapat terjadi baik pada pria yang disunat dan tidak disunat,  kebanyakan balanitis terjadi pada pria yang tidak disuna dipengaruhi hanya jika mereka memiliki kulup yang sangat ketat sehingga sulit untuk menarik kulup kembali.

Berbagai infeksi dan kondisi kulit dapat menyebabkan peradangan pada kulit kepala penis. Seperti termasuk:

• Infeksi dengan ragi (Candida) atau bakteri yang hidup pada kulit (penyebab paling umum).
  • Infeksi menular seksual, seperti herpes simplex.
  • Iritasi kulit dengan sabun, deterjen atau jelly spermisida.
  • Jinak (bukan kanker) kondisi kulit seperti psoriasis.
  • Beberapa termasuk jenis kanker kulit (sangat jarang).

Sementara setiap orang dapat mengembangkan resiko terjadinya infeksi atau peradangan pada kulit kepala penis, kondisi ini paling mungkin terjadi pada pria yang memiliki kulup ketat yang sulit untuk menarik kulup kembali, atau yang memiliki gaya hidup yang tidak bersih.

Yang lebih mungkin terjadi infeksi pada kulit kepala penis adalah orang yang menderita diabetes, terutama jika gula darah tidak terkontrol. gula darah tinggi menyebabkan jumlah tinggi gula dalam urin. urine yang kaya gula yang menggiring ke kepala penis dan di bawah kulup menyediakan lingkungan yang ramah bagi ragi dan bakteri. Juga, orang dengan diabetes yang kurang terkontrol sehingga sulit melawan infeksi.

Ketika infeksi atau peradangan pada kulit kepala penis terus berulang, mungkin disebabkan oleh infeksi jamur yang menular yang diakibatkan oleh berganti-ganti pasangan.

Jenis-Jenis Peradangan Pada Kulit Kepala Penis

• Balanitis candida albicans, jenis ini dapat anda lihat jika muncul bentolan berwarna merah yang terlihat pada kulup atau ujung kepala penis.
  • Balanitis trichomonas, jenis ini terlihat jika adanya bentol berwarna merah yang terlihat pada kepala penis pria yang dapat semakin membesar. Jika dilihat lebih mendetil pada ujung bentol merahnya akan terlihat adanya bisul air yang besar dan kecil.
  • Balanitis superficial akut, jenis ini akan diawali dengan adanya pembilasan local dan warna kemerahan yang muncul pada kulup serta dapat terjadi bengkak, rasa nyeri terbakar dan gatal-gatal pada ujung penis.
  • Balanitis luka bernanah seperti cincin, jenis ini bisa dilihat dengan adanya bentol berwarna merah pada ujung penis dan juga kulup yang semakin lama akan semakin membesar yang berbentuk seperti cincin dan dapat menimbulkan luka dan bernanah.

Gejala Balanitis

balanitis adalah

Adapun gejala – gejalanya sebagai berikut:

• Kepala penis memerah.
  • Merasakan sakit pada kepala dan batang penis atau dibawah kulup.
  • Merasakan gatal atau terbakar di daerah yang terkena infeksi.
  • Terdapat cairan kekuningan di kulit yang terkena infeksi atau di bawah kulup.

Diagnosa Balanitis

balanitis-adalah

Dokter biasanya dapat langsung mengenali infeksi pada kulit kepala penis.terkadang sampel pada kulit dapat diperiksa dibawa  ke mikroskop. tau mungkin dikirim ke laboratorium untuk pengujian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi diagnosis.

Ketika infeksi kulit kepala penis tidak merespon pengobatan atau muncul reaksi yang berbeda dari infeksi, dokter akan menyarankan anda untuk memeriksakan diri anda kepada dokter spesialis kulit, atau dilakukan pemotongan kecil pada bagian kulit kulup lalu dibawa ke laboratorium. Hal ini dilakukan untuk menentukan apakah anda terinfeksi balanitis atau disebabkan oleh hal lain.

Pengobatan

Pengobatan tergantung pada penyebab penyakit, tergantung pada jenis pathogen yang ditemukan, baik dengan pengobatan salep ataupun antibiotik. Perawatan yang tepat tergantung pada penyebab kondisinya. Seperti penjabaran sebagai berikut:

• Iritasi kulit, jika balanitis terinfeksi karena iritasi kulit yang disebabkan oleh kurangnya kebersihan, biasanya dianjurkan kortikosteroid topical.
  • Infeksi jamur, jika balanitis terinfeksi karena infeksi jamur, dapat melakukan pengobatan dengan krim anti jamur atau obat anti jamur.
  • Infeksi bakteri, jika balanitis terinfeksi karena bakteri maka pengobatan yang dianjurkan adalah antibiotic oral.

Jika anda memiliki gejala seperti yang ada diatas segera hubungi dokter, agar dokter dapat mendiagnosa kondisi anda dan melakukan pemeriksaan fisik sehingga kondisi anda dapat dicegah atau diobati dengan cepat, di klinik utama gracia kami mempunyai staff dokter yang berpengalaman dan professional serta didukung dengan alat-alat modern dan canggih, bisa juga anda konsultasi online dengan staff kami dengan cara klik tombol dibawah ini.