penyebab anyang anyanganAnyang anyangan merupakan suatu gangguan dalam sistem eskresi. Gangguan ini ditandai saat buang air kecil namun disertai rasa perih serta hanya sedikit urine yang keluar. Anyang anyangan tidak bisa disepelekan Karena bisa saja merupakan tanda-tanda penyakit yang lebih serius karena anyang-anyangan termasuk dari Infeksi saluran kencing (ISK). Di dalam artikel kami kali ini akan membahas mengenai cara menghilangkan anyang anyangan.

Penyakit Anyang-anyangan dapat diderita oleh pria maupun wanita, namun penyakit ini lebih biasanya banyak diderita oleh wanita. Hal ini dikarenakan organ reproduksi wanita lebih pendek dari pada pria, sehingga rentan mengalami gangguan di seputar saluran kemih.

Pada pria penyakit ini merupakan gejala dari radang dan pembengkakan yang terjadi di kelenjar prostat. Pada wanita yang sudah menikah, infeksi saluran kemih bawah sering muncul sehabis melakukan hubungan seksual. Setelah dua atau tiga hari berselang pasca melakukan hubungan seksual, keluhan nyeri kencing itu biasanya akan muncul.

Penyebab Anyang-Anyangan

cara menghilangkan penyakit yang berdampak buruk

Penyakit Anyang anyangan termasuk salah satu penyakit sebagai penyakit kambuhan. Kekambuhan penyakit ini sering terjadi sehabis melakukan hubungan seksual.

Karena kurangnya memperhatikan kebersihan organ vital, baik sebelum maupun sesudah melakukan hubungan seksual, dan setelahnya berhubungan juga pihak istri tidak langsung berkemih dan membersihkan organ kewanitaanya, maka itu merupakan salah satu faktor penyebab terserangnya penyakit anyang anyangan ini.

Selain itu, jika sorang wanita semasa haidnya pernah mengalami infeksi saluran kemih bagian bawah (urethritis), maka besar kemungkinan akan kambuh kembali sehabis malam pengantin.

Dua-tiga hari setelah malam pengantin, mendadak nyeri berkemih, demam ringan, tidak enak badan, mual, nyeri kepala dan jika penyakitnya menghebat, air seni tampak merah. Selain posisi saluran kemih, Anyang-anyangan juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antaral lain:

• Kurang minum hingga kehausan dan kekurangan cairan (dehidrasi).
  • Terlalu lelah dan terlalu banyak mengeluarkan keringat.
  • Terlalu banyak duduk.
  • Terbiasa meminum air dalam keadaan dingin atau panas.

Gejala Anyang-Anyangan

cara menghilangkan anyang anyangan

• Hasrat berlebih untuk buang air kecil.
  • Buang air kecil lebih sering, tapi dengan volume sedikit-sedikit.
  • Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita.
  • Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus.
  • Rasa perih ketika buang air kecil.
  • Urine berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah.
  • Merasa lelah dan kurang sehat.
  • Demam.

Cara Menghilangkan Anyang anyangan

cara menghilangkan penyakit anyang anyangan

Cara menghilangkan anyang anyangan ada dua cara yang pertama menggunakan obat-obatan kimiawi dan ada pula dengan menggunakan obat tradisional. Untuk pengobatan menggunakan obat-obatan kimiawi biasanya akan diberikan obat antibiotik gunanya untuk membunuh kuman yang menjadi penyebab dari anyang-anyangan.

Penggunaan sabun pembersih kewanitaan terlalu sering tidak dianjurkan, apalagi sabun pH basa atau sabun keras. Dengan penggunaan sabun yang terlalu sering malah akan membunuh bakteri-bakteri baik yang ada pada miss V, dampak nya akan mempermudah bakteri-bakteri jahat untuk masuk kedalam liang vagina maupun liang kemih.

Sedangkan cara menghilangkan anyang-anyangan dengan cara tradisional seperti berikut:

• Minum Air Jeruk Nipis Dicampur Air Panas dan Gula Pasir. Caranya peras jeruk nipis lalu masukkan ke dalam air panas yang sudah di taruh di dalam gelas terus tambahkan gula sesuai selera Anda, minum langsung sampai satu tetes terakhir, jika belum sembuh juga ulangi dan buat ramuan herbal ini lagi dan konsumsi secara rutin 3 kali sehari.
  • Konsumsi Sirsak Setengah Masak. Caranya kupas buah kemudian rebus dengan gula pasir dan 2 gelas air, gunakan api kecil untuk merebus. Angkat setelah rebusan mendidih, beberapa saat Tiriskan dan saring Ramuan kemudian siap dikonsumsi.
  • Mengikat Jempol Kaki. Cara yang satu ini cukup unik namun sangat ampuh. Ada yang bilang ngikatnya pake karet gelang, ada juga yang menganjurkan untuk ngikatnya menggunakan rambut sapu ijuk. Terlepas dari hal medis cara ini sering digunakan dan sangat berkhasiat.
  • Melakukan Pijat Refleksi. Lakukan pijatan di bagian telapak kaki, atau bisa disebut refleksi namun tentu ada yang lebih ahli untuk mengetahui titik-titik mana yang perlu menerima tekanan.
  • Minum Air Putih Yang Banyak. Minum air putih yang banyak memang bisa membuat kita sering buang air kencing tapi ini sangat sehat Apalagi buat kita yang hobi banget nahan pipis dan minum dikit, air seni kita jadi keruh dan berat. Itu pertanda kurangnya minum air putih.
  • Oleskan Balsem atau Minyak Kayu Putih ke Bagian Pusar. Caranya adalah dengan mengoleskan balsem atau minyak kayu putih ke bagian pusar atau perut bagian bawah. Cara ini bisa mengurangi rasa sakit karena nyang anyangan.
  • Minum Ramuan Daun Kumis Kucing. Bahan yang perlu Anda sediakan antara lain daun kumis kucing yang sudah dikeringkan dan gula jawa secukupnya. Cara untuk membuat ramuan ini adalah dengan menyeduh kumis kucing layaknya sobat menyeduh teh. Lalu tambahkan gula jawa pada seduhan tadi. Ingat ya, menggunakan gula jawa bukan gula putih, karena gula putih dapat mengurangi efek manfaat dari kumis kucing.

Beberapa cara menghilangkan anyang anyangan dengan cara tradisional diatas, dapat dicoba di rumah karena cara-cara di atas bahan-bahannya mudah didapati, namun alangkah baiknya untuk segera memeriksakan kedokter spesialis agar bisa segera teratasi mengingat anyang-anyangan juga terkait dengan ISK, sehingga ketika anyang-anyangan meningkat menjadi penyakit yang serius bisa teratasi dengan cepat.

Anda juga dapat berkunjung Ke Klinik Utama Gracia karena di klinik kami terdapat dokter yang professional dan di dukung peralatan medis yang modern, atau bisa juga anda menghubungi konsultan kesehatan kami dengan klik tombol dibawah ini.