penyakit ambeien

Penyakit ambeien dalam istilah medis dikenal dengan hemorrhoid yang merupakan pelebaran pembuluh darah yang letaknya di sekitar anus atau rektum bawah. Ketika pembuluh darah melebar atau membengkak, maka darah akan berkumpul pada lokasi tersebut, sehingga muncul benjolan yang lunak.

Penyakit yang juga disebut dengan wasir ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Jenis dari penyakit ambeien ini terdiri dari hemorrhoid interna dan juga hemorrhoid externa. Namun yang paling sering terjadi adalah hemorrhoid externa.

Penyebab

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penyakit ini terjadi karena adanya pelebaran atau pembengkakan pembuluh darah di anus, dan bisa terjadi karena banyak faktor. Penyebab ambeien tersebut seperti mengejan terlalu kuat, diare dan konstipasi yang menahun, rendahnya konsumsi serat, obesitas, hamil, dan juga melakukan hubungan seksual melalui anus. Selain itu ambeien juga banyak sekali terjadi pada mereka yang telah berusia lanjut karena jaringan di sekitar pembuluh darah di anus sudah melemah karena penuaan.

penyakit ambeien

Gejala

Gejala atau tanda yang akan dialami oleh penderita ambeien yaitu muncul benjolan dari anus, merasa gatal dan juga nyeri pada bagian anus, bengkak di sekitar anus, tidak nyaman ketika duduk, dan juga buang air besar yang mengeluarkan darah.

Gejala-gejala ini akan berbeda tergantung pada lokasi terjadinya ambeien, seperti interna atau externa. Hemorrhoid interna akan berada di dalam rektum dan tidak terlihat dari luar. Biasanya akan ditandai dengan buang air besar yang berdarah yang terjadi karena gesekan antara feses yang keras dengan jaringan ambeien. Jika hemorrhoid interna ini semakin parah, maka benjolan juga bisa muncul di lubang anus.

Sedangkan hemorrhoid externa letaknya berada di sekitar anus. Ketika mengalami iritasi, jaringan ambeien ini akan menimbulkan gatal dan juga berdarah. Darah yang berkumpul dan menggumpal bisa mengakibatkan munculnya sakit yang luar biasa, bengkak, dan juga peradangan.

Penanganan

Untuk menangani kondisi yang Anda alami, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, seperti mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi seperti buah, sayur, gandum, ataupun kacang-kacangan. Hal ini diperlukan untuk membantu menghasilkan feses yang tidak keras. Selain itu Anda juga harus konsumsi banyak air putih, dan rutin berolahraga. Kebiasaan ini terbilang baik dan sehat untuk tubuh, sehingga Anda akan terhindar dari penyakit, salah satunya adalah penyakit ambeien. Anda juga disarankan untuk tidak menahan buang air besar. Jika Anda ingin buang air besar, segera lakukan agar feses tidak mengeras dan mengharuskan Anda untuk mengejan dengan lebih kuat ketika mengeluarkannya.

Penyakit ambeien ini juga tentunya akan menimbulkan perasaan tidak nyaman, untuk itu Anda bisa menggunakan bantal ketika duduk, agar ambeien tidak tertekan dan semakin nyeri. Selain itu usahakan untuk selalu menjaga kebersihan area sekitar anus. Cuci bersih bagian tersebut tanpa menggunakan sabun yang mengandung parfum, dan selalu keringkan bagian tersebut setelah dibersihkan. Anda juga lebih baik menggunakan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu ketat, agar area anus tidak terlalu tertekan ataupun terlalu lembab.

Itulah beberapa hal terkait ambeien yang harus Anda ketahui. Akan lebih baik jika Anda bisa menghindari terjadi penyakit ini dengan menerapkan pola hidup sehat yaitu memenuhi kebutuhan serat dan konsumsi air putih setiap harinya. Dengan begitu pencernaan akan berjalan dengan lancar, dan Anda terhindar dari ambeien.

Jika Anda ingin berkonsultasi terkait dengan ambeien atau wasir, silahkan berkonsultasi melalui layanan chatting online di bawah ini.