cara mengobati infeksi saluran kencing

Cara mengobati infeksi saluran kencing perlu diketahui untuk mengatasi ketidaknyamanan karena penyakit infeksi saluran kencing ini. Penyakit ini paling sering menyerang para wanita dibanding pria. Infeksi saluran kencing akan menyebabkan penderitanya mengalami rasa sakit, apalagi pada saat buang air kecil, yang tentunya jadi sangat mengganggu.

Walaupun bukan suatu hal yang serius namun bukan berarti penyakit ini bisa Anda sepelekan. Kebanyakan penderita memang bisa sembuh sendiri tanpa pengobatan setelah beberapa hari. Namun banyak juga penderita yang akhirnya mengalami kondisi yang lebih serius karena infeksi menyebar hingga ke ginjal.

Penyebab infeksi saluran kencing ini adalah karena adanya mikroorganisme seperti bakteri yang menginfeksi saluran kencing ataupun sistem kemih. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan area kelamin ataupun cara membersihkan kelamin yang salah, sehingga bakteri bisa masuk ke saluran kencing.

Untuk mengatasi rasa tidak nyaman yang disebabkan penyakit ini dan juga mengurangi resiko kondisi yang lebih serius, maka lakukan cara cara mengobati infeksi saluran kencing berikut ini.

1. Minum Air Yang Banyak

Ketika Anda mengonsumsi air dalam jumlah yang banyak, maka tubuh akan lebih sering membuang urine. Pada saat inilah bakteri yang menginfeksi saluran kencing bisa ikut terbuang bersama urine. Semakin sering Anda buang air kecil, maka akan lebih banyak bakteri yang dibuang. Namun jangan menunda keinginan buang air kecil, karena malah akan membuat bakteri semakin menumpuk di saluran kencing dan infeksi menjadi lebih parah.

2. Menjaga Kebersihan Kelamin

Bila penyebab infeksi ini adalah karena kebersihan yang kurang terjaga, maka cara mengobati infeksi saluran kencing yang tepat adalah dengan lebih memperhatikan kebersihan kelamin, khususnya pada wanita yang sangat mudah mengalami penyakit ini. Ketahui cara membersihkan area genital yang benar setelah buang air ataupun mandi, yaitu dengan arah dari depan ke belakang, untuk mengurangi kemungkinan bakteri berpindah ke saluran kencing. Anda juga harus mengeringkan area genital setelah dibersihkan ataupun setelah Anda mandi. Bagi wanita, sebaiknya hindari penggunaan produk pembersih yang akan merusak keseimbangan pH murni di area genital, yang malah akan menyebabkan bakteri baik yang memerangi bakteri jahat akan mati.

cara mengobati infeksi saluran kencing

3. Menggunakan Bahan Alami

Jus cranberry, jus seledri, mentimun, bawang putih, kunyit, jahe, daun kumis kucing, dan bayam, merupakan bahan-bahan alami yang dapat membantu permasalahan infeksi saluran kencing yang Anda alami. Bahan-bahan ini sudah dipercaya sejak dulu untuk mengatasi permasalahan yang berhubungan dengan infeksi saluran kencing. Walaupun alami dan dipercaya ampuh, namun sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dulu sebelum menggunakan bahan-bahan alami ini.

4. Menggunakan Antibiotik

Bila Anda memeriksakan kondisi yang Anda alami pada dokter, maka cara mengobati infeksi saluran kencing yang akan diberikan dokter adalah menggunakan obat antibiotik. Antibiotik akan membantu menghilangkan bakteri yang menyebabkan infeksi tersebut. Namun ikuti anjuran dokter ketika menggunakan antibiotik ini, agar tidak menimbulkan efek negatif yang malah membuat infeksi semakin buruk. Selain itu jangan sembarangan menggunakan antibiotik yang belum Anda ketahui apakah sesuai dengan kondisi yang Anda alami.

Semoga keempat cara di atas dapat membantu permasalahan infeksi saluran kencing yang Anda alami sehingga tidak terjadi infeksi yang menyebar hingga ke ginjal yang menjadi kondisi yang lebih serius. Namun ada baiknya bila Anda merasakan gejala infeksi saluran kencing seperti sakit ketika buang air kecil, demam, dan sering buang air kecil, maka segera lah memeriksakan diri pada dokter.