cara mengobati keputihan yang gatal

Cara mengobati keputihan yang gatal perlu diketahui oleh setiap wanita. Kebanyakan wanita memiliki permasalahan yang berhubungan dengan keputihan yang abnormal yang sering kali menimbulkan rasa gatal pada area kewanitaan. Keputihan abnormal sendiri memiliki ciri yang bisa Anda bedakan dari keputihan normal, seperti keputihan abnormal akan cenderung keluar secara berlebihan, mengeluarkan bau tidak sedap, berwarna kekuningan, kehijauan, abu-abu, ataupun putih susu, dan juga menyebabkan gatal pada area genital.

Keputihan abnormal yang gatal ini bisa terjadi karena adanya infeksi pada area kewanitaan, seperti infeksi jamur, bakteri ataupun kuman. Kondisi ini juga bisa menjadi tanda adanya masalah yang berkaitan dengan organ kewanitaan seperti pada penderita kanker serviks yang umumnya akan mengalami keputihan abnormal.

Keputihan yang gatal akan menyebabkan rasa tidak nyaman, dan penderita cenderung akan menggaruk area kewanitaan. Padahal hal tersebut malah akan menyebabkan terjadinya iritasi dan infeksi bisa semakin memburuk. Untuk itu, lakukan cara mengobati keputihan yang gatal berikut ini.

1. Antibiotik

Cara mengobati keputihan yang gatal yang pertama yaitu dengan pemberian antibiotik. Biasanya antibiotik ini akan diberikan oleh dokter setelah memastikan diagnosis kondisi yang Anda alami melalui pemeriksaan sampel cairan vagina. Bila keputihan gatal yang terjadi karena infeksi bakteri, maka dokter akan memberikan antibiotik untuk menyembuhkan infeksi tersebut. Antibiotik untuk keputihan harus digunakan sesuai dengan anjuran dokter, dan tidak memakai antibiotik sembarangan. Karena penggunaan yang salah malah akan memberikan dampak resistensi bakteri yang akan mempersulit pengobatan.

2. Menghindari Produk Area Kewanitaan

Produk-produk tertentu seperti pembersih vagina atau produk lain yang digunakan pada area kewanitaan yang memiliki kandungan pewangi di dalamnya cenderung akan menjadi pemicu terjadinya keputihan abnormal. Hal ini disebabkan karena produk tersebut akan merusak mikroorganisme baik yang ada di vagina. Bila mikroorganisme baik ini berkurang, maka tidak akan ada yang memerangi kemunculan mikroorganisme jahat dan terjadi lah keputihan abnormal karena adanya infeksi mikroorganisme jahat yang berlebihan.

3. Bahan Tradisional

Penggunaan bahan-bahan tradisional yang cenderung berasal dari alam bisa dilakukan untuk mendukung pengobatan yang sedang Anda jalani. Mungkin penggunaan bahan tradisional ini tidak akan secepat pengobatan medis yang diberikan dokter, namun tidak ada salahnya untuk mencoba. Sebelum mencobanya, ada baiknya terlebih dulu melakukan konsultasi dengan dokter.

Bahan tradisional yang bisa digunakan misalnya seperti daun sirih. Air rebusan daun sirih bisa Anda gunakan untuk membasuh area kewanitaan, yang berguna untuk mengurangi infeksi mikroorganisme penyebab keputihan abnormal. Namun perlu diperhatikan, jangan lakukan cara ini terlalu sering karena malah dapat menyebabkan mikroorganisme baik menjadi ikut hilang.

Itulah beberapa cara mengobati keputihan yang gatal yang bisa Anda coba. Yang lebih utama adalah Anda memeriksakan kondisi yang Anda alami ke dokter untuk mengetahui penyebab dari permasalahan yang Anda alami. Dengan begitu dokter bisa memberikan penanganan sesuai dengan penyebabnya sehingga permasalahan Anda dapat segera teratasi.

Anda dapat melakukan pemeriksaan di Klinik Utama Gracia terkait keputihan abnormal yang Anda alami. Atau Anda bisa terlebih dulu berkonsultasi melalui konsultasi online dengan staf medis Klinik Utama Gracia dengan mengklik tombol layanan chatting online yang sudah tersedia pada halaman ini.

Jangan menunda pengobatan keputihan abnormal yang Anda alami. Penanganan yang dilakukan segera akan lebih baik agar kesehatan area kewanitaan bisa selalu terjaga. Semoga bermanfaat.