counter

khitan dewasa

Sunat atau khitan biasanya dilakukan pada anak laki-laki. Hal ini dilakukan bukan hanya karena ajaran agama, namun juga karena tujuan kesehatan. Pria dewasa yang tidak melakukan sunat atau khitan dapat mengalami masalah-masalah yang berkaitan dengan kesehatan penis. Selain itu, pria yang tidak sunat juga dapat menyebabkan pasangannya terkena kanker serviks yang berbahaya. Untuk mencegah hal-hal tersebut terjadi, Anda dapat melakukan khitan dewasa.

Sunat sendiri memiliki beberapa manfaat yang akan menguntungkan Anda dan juga pasangan. Manfaat sunat yaitu menurunnya resiko tertularnya penyakit menular seksual, menurunnya resiko terjadinya gangguan pada penis seperti phimosis atau juga kanker penis, menurunkan resiko infeksi saluran kemih, kebersihan penis terjaga, dan juga pasangan akan terhindar dari kanker serviks yang dapat membahayakan wanita.

Prosedur Khitan Dewasa

Prosedur khitan dewasa dan khitan pada anak-anak sebenarnya menerapkan cara yang sama, dan terbilang tidak berbeda jauh. Namun pada pria dewasa akan lebih sulit dilakukan dan juga akan membutuhkan waktu yang lama untuk pulih setelah khitan.

Sunat yang dilakukan pada pria dewasa ini biasanya menggunakan metode sunat laser. Pada metode ini, kulup pria akan dibuang atau dipotong menggunakan lempengan besi tipis yang sudah dipanaskan menggunakan listrik. Walaupun seringnya dilakukan metode sunat laser, namun pemilihan metode sunat lain dapat disesuaikan dengan keinginan, dan juga anjuran dokter.

Klik chat

Sunat laser seringkali menjadi pilihan karena beberapa kelebihan yang dimilikinya, seperti minimnya pendarahan, waktu pengerjaan yang tidak lama, dan juga tidak memerlukan alat seperti klem yang cenderung mengganggu dan menyebabkan rasa tidak nyaman, terutama pada pria dewasa.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Jika Melakukan Khitan Dewasa

Berkonsultasi lah terlebih dulu pada dokter terkait keinginan Anda untuk melakukan sunat atau khitan. Kemudian, Anda juga harus memeriksakan kondisi fisik Anda terlebih dulu.

Setelah prosedur sunat dilakukan, maka Anda harus menjaga supaya jahitan setelah sunat tidak terlepas. Karena pria dewasa cenderung akan kesulitan ketika terjadi ereksi, yang bisa membuat jahitan lepas. Untuk menghindari kemungkinan tersebut, sebaiknya Anda menghindari setiap hal yang dapat memberikan rangsangan untuk ereksi.

khitan dewasa

Waktu pemulihan setelah sunat pada pria dewasa cenderung akan lebih lama dibandingkan anak-anak. Selama masa pemulihan ini, jagalah agar area jahitan tidak terkena basah, namun juga harus tetap dibersihkan. Anda juga disarankan tidak menggunakan celana yang ketat supaya jahitan tidak tertekan. Selain itu, hindari melakukan hubungan seksual sampai jahitan sembuh, kira-kira 1 bulan setelah dilakukannya sunat.

Perhatikan kondisi penis dan juga kondisi-kondisi tertentu setelah melakukan sunat. Bila terjadi demam, nyeri buang air kecil, menggigil, dan juga keluar darah ketika buang air kecil, maka segera hubungi dokter. Umumnya prosedur sunat untuk pria dewasa ini terbilang aman, namun tak ada salahnya untuk selalu memperhatikan kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja terjadi. Bila Anda menghindari setiap pantangan yang sudah dijelaskan di atas, maka resiko terjadinya kemungkinan tersebut akan lebih sedikit.

Tak perlu malu bila akan melakukan sunat walaupun Anda sudah dewasa. Karena ada banyak sekali manfaat yang sudah disebutkan sebelumnya bila Anda melakukan sunat. Pertimbangkan lah manfaat-manfaat yang bisa Anda dapatkan tersebut.

Bila Anda ingin berkonsultasi terkait sunat, Anda dapat menghubungi dan berbicara dengan staf medis Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting yang tersedia pada halaman ini. Atau Anda dapat datang langsung ke Klinik Utama Gracia untuk berkonsultasi dengan dokter kami.
Klik chat