bph adalah BPH adalah benign prostatic hyperplasi bisa juga disebut pembesaran kelenjar prostat , yaitu tumor jinak yang terdapat pada prostat sehingga prostat mengalami pertumbuhan. BPH dapat terjadi pada laki-laki yang berusia 35 tahun dan pada Usia 60-70 tahun keluhan klinis dapat terjadi. BPH dapat menyebabkan buang air kencing terganggu, BPH dapat menghalangi aliran urin keluar dari kandung kemih.

Ada beberapa perawatan yang efektif untuk pembesaran kelenjar prostat, termasuk obat-obatan, terapi minimal invansi dan operasi, untuk memilih perawatan terbaik dokter perlu mendiagnosis ukuran prostat dan kondisi lain yang menyebabkan BPH.

Gejala BPH adalah Nokturia

Tingkat keparahan gejala pada orang yang memiliki BPH bervariasi, tetapi gejala cenderung secaara bertahap memburuk dari waktu ke waktu, tanda-tanda umum dan gejala BPH adalah:

• Sering atau didesak keinginan untuk buang air kecil.
  • Peningkatan frekuensi buang air kecil pada malam hari (nokturia).
  • Kesulitan untuk memulai mengeluarkan buang air kecil.
  • Aliran urin lemah atau alirannya berhenti dan tiba-tiba mengalir lagi.
  • Mengejan Saat buang air kecil.
  • Kemampuan untuk mengosongkan kandung kemih tidak ada.

Tanda-tanda yang tidak termasuk umum adalah:

• Terinfeksinya saluran kemih,
  • Tidak mampu untuk buang air kecil.
  • Di dalam urin terdapat darah.

bhp adalah

Ukuran pada prostat tidak menjadikan ukuran bahwa gejala BPH itu memburuk. Beberapa pria dengan ukuran prostat yang sedikit membesar bisa saja memiliki gejala BPH yang parah.

Sedangkan pria yang memiliki prostat yang membesar belum tentu memiliki BPH yang parah. Pada beberapa pria, gejalanya dapat stabil tapi bahkan dapat meningkat.

Maka dari itu dibutuhkan alat ukur lain untuk dapat mengetahui berat ringannya keluhan yang dialami oleh pasien. Dan untuk mengetahui secara lebih jauh tentang pasien maka akan diajukan beberapa pertanyaan kuisioner yang berisi tentang pertanyaan yang berkaitan dengan keluhan yang dialami oleh pasien. Jika pasien mengalami keluhan yang ringan, maka tidak ada pengobatan yang lebih jauh yang perlu diberikan pada pasien.

Jika keluhan pasien bertambah berat maka diperlukan observasi secara ketat dan pengobatan secara intensif . jika keluhanya bertambah berat maka tindakan pembedahan adalah jalan keluar atau solusi terakhir jika pasien mengalami retensi urin secara berulan, infeksi saluran kemih berulang, hematuria berulang, batu dikandung kemih, atau gagal ginjal yang kronis.

Kondisi yang dapat menyebabkan gejala yang mirip dengan pembesaran kelenjar prostat, meliputi:

• Infeksi saluran kemih.
  • Radang prostat (prostatitis)
  • Penyempitan ureta (striktur ureta).
  • Jaringan parut dileher kandung kemih sebagai akibat dari operasi sebelumnya.
  • Kandung kemih atau batu ginjal.
  • Bermasalah dengan saraf yang mengendalikan kandung kemih.
  • Kanker prostat atau kandung kemih.

Penyebab

Sejak dulu diyakini BPH terjadi hanya pada lelaki berusia lanjut dan tak mungkin terjadi pada lelaki yang testisnya dibuang sebelum pubertas. Melalui penelitian, BPH dikaitkan dengan perubahan komposisi hormone testosteron dan estrogen di masa tua:

• Berkurangnya jumlah tesosteron yang aktif.
  • Peningkatan hormon estrogen memengaruhi pertumbuhan sel kelenjar prostat.
  • Produksi dihidrotestosteron pada lelaki usia lanjut yang memacu pertumbuhan sel.

Jika anda mengalami gejala-gejala seperti yang diterangkan di atas, sebaiknya anda segera pergi ke dokter untuk memeriksakan diri anda, atau anda juga dapat berkunjung Klinik Utama Gracia karena di klinik kami terdapat dokter yang professional dan di dukung peralatan medis yang modern, atau bisa juga anda menghubungi konsultan kesehatan kami dengan klik tombol dibawah ini.