counter

kendala bau badan

Keluarnya keringat berlebihan ketika berolahraga memang merupakan hal yang normal akan tetapi bisa saja sangat mengganggu apalagi jika dibarengi dengan timbulnya bau badan yang ada bukannya fokus berolahraga malah bisa membuat Anda merasa malu bukan?

Perlu Anda ketahui bahwa siapa pun yang telah mencapai pubertas bisa menghasilkan bau badan, karena saat kelenjar keringat yang bernama apokrin berkembang maka akan menghasilkan keringat. Dan biasanya pria lebih cenderung memiliki bau badan karena cenderung berkeringat lebih banyak dibanding wanita.

Namun, pada dasarnya bau badan tidak menjadi masalah yang serius akan tetapi jika dibiarkan lebih lama bisa membuat rasa percaya diri seseorang yang mengalaminya menurun, akan tetapi jangan khawatir karena dibawah ini Kami akan memberikan beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut.

Cara Hilangkan Bau Badan

Menggunakan Deodorant dan Antiperspirant

Cara hilangkan bau badan yang pertama adalah dengan menggunakan deodorant dan antiperspirant, karena kedua jenis produk ini dinilai paling ampuh untuk menghilangkan bau badan terlebih Anda bisa membelinya dengan sangat mudah, akan tetapi ternyata deodorant dan antiperspirant memiliki manfaat yang mungkin berbeda.

Perlu Anda ketahui bahwa deodorant berfungsi untuk mencegah atau menutupi bau yang kurang sedap, sedangkan antiperspirant berfungsi untuk mencegah bau dengan cara meminimalisir produksi keringat yang dikeluarkan oleh tubuh.

Jadi jika produksi keringat Anda tidak berlebih maka cukup menggunakan deodorant saja dan jika keringat Anda berlebih maka sebaiknya menggabungkan kedua produk tersebut.

Ada baiknya Anda menggunakan deodoran atau antiperspirant di malam hari pada waktu tidur bukan di pagi hari karena Ini memberi kesempatan untuk bekerja saat Anda tidur dan tidak berkeringat.

Menggunakan Baking Soda dan Tepung Maizena

Cara hilangkan bau badan selanjutnya adalah dengan menggunakan baking soda dan tepung maizena, caranya adalah campur baking soda dan tepung maizena lalu aduk secara rata sehingga menjadi seperti bedak dan oleskan ke ketiak Anda.

Diketahui hal tersebut dapat membantu menyerap keringat, membunuh bakteri penyebab keringat berlebihan dan bertindak sebagai deodoran alami.
Klik chat

Rajin Mandi Dua Kali Dalam Sehari

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa pada dasarnya setiap hari tubuh kita akan mengeluarkan keringat melalui pori-pori dan dari keringat inilah nanti akan menyebabkan bakteri mudah menempel dan bersarang.

Sehingga misalkan Anda tidak jarang mandi pasti akan memperburuk bau badan Anda dan ada baiknya Anda mandi dua kali dalam sehari menggunakan sabun yang mengandung antibakteri hal tersebut bertujuan untuk membunuh bakteri pada kulit.

Menggunakan Daun Sirih

Cara hilangkan bau badan selanjutnya adalah dengan menggunakan daun sirih, karena diketahui di dalam sirih terdapat kandungan antibakteri dan antiseptik yang ampuh untuk mengatasi bau badan. Lalu bagaimanakah caranya?

Sebenarnya caranya sangat mudah yaitu siapkan daun sirih beberapa lembar dan cuci hingga bersih, setelah itu tumbuk daun sirih tersebut sampai halus dan oleskan keseluruh bagian tubuh terutama di ketiak lalu gosok lembut selama 5 menit.

Lalu diamkan selama 10 menit setelah itu bilas dengan mandi air hangat, selain itu Anda dapat menggunakan daun sirih dengan cara merebus daun sirih dan konsumsi air rebusannya secara rutin.

hilangkan bau

Menggunakan Mentimun

Siapa sangka jenis sayuran yang biasa dikonsumsi sebagai lalapan itu bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan bau badan, karena sayuran yang mengandung banyak air ini mengandung sifat antibakteri yang sangat bermanfaat terutama untuk mengatasi bau badan, lalu bagaimanakah caranya.

Sebenarnya caranya sangat mudah pertama Anda siapkan beberapa mentimun lalu cuci bersih, kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian lalu gosokan secara halus ke beberapa bagian tubuh termasuk ke ketiak sehabis mandi.

Cara Mudah Untuk Mencegah Bau Badan

Mencukur Ketiak

Mencukur ketiak Anda secara teratur akan membantu mencegah penumpukan bakteri dan bisa mengurangi keringat dan bau badan.

Sering Mengganti Baju

Jika keringat dari berolahraga adalah penyebab bau badan nomor satu maka ada baiknya Anda sering mencuci pakaian dan mengganti baju Anda, karena pad umumnya pakaian yang berkeringat adalah tempat berkembang biak bakteri.

Menghindari Berbagai Macam Makanan Penyebab Bau Badan

Terkadang makanan berlemak, minyak, atau makanan berbau tajam seperti bawang putih, kari, dan bawang Bombay, bisa meresap melalui pori-pori Anda dan menyebabkan bau badan.

Itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai cara hilangkan bau badan secara alami yang bisa Anda coba di rumah, tentunya cara tersebut sangat mudah bukan? Dan semoga saja artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.
Klik chat