counter

cara melancarkan haidSeorang wanita pasti akan mengalami masa haid yang tidak lancar, hal ini akan menimbulkan rasa cemas dan panik, karena ketika haid tidak lancar maka akan ada pemikiran bahwa hal ini dapat meningkatkan risiko ketidaksuburan dan penyakit-penyakit yang menyebabkan tidak lancarnya haid. ketika anda mengalami hal ini cukup sering maka jangan panik. Di dalam artikel kami kali ini akan membahas cara melancarkan haid.

Biasanya haid yang tidak teratur akan dialami oleh wanita yang baru saja mengalami menstruasi. Wanita yang dalam masa pubertas biasanya akan mengalami menstruasi yang tidak teratur. Misalnya di bulan kedua tidak ada darah haid yang keluar. Hal ini termasuk normal setiap wanita mengalaminya pada saat pertama kali haid. Namun jika hal ini terjadi pada anda yang telah beranjak dewasa maka hal ini perlu diwaspadai dan sebaiknya anda memeriksakan diri anda ke dokter.

Makanan yang Dapat Melancarkan Haid

wanita haid yang lancar

Berikut adalah makanan yang dapat memperlancar haid, yang sangat mudah anda temukan di dalam kehidupan sehari-hari anda.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau sangat bagus untuk kesehatan terutama dapat berguna untuk melancarkan siklus haid anda, di dalam sayuran hijau terdapat banyak sekali kandungan zat besi dan serat yang akan bermanfaat sekali bagi tubuh anda.

Pepaya

Pepaya merupakan buah yang memiliki banyak manfaat salah satunya untuk memperlancar haid. Konsumsi pepaya secara rutin agar haid anda menjadi lancar.

Kacang-kacangan

Anda juga harus rajin mengkonsumsi kacang-kacangan agar dapat membantu memperlancar siklus haid anda. Kacang-kacangan mengandung omega 3 dan juga lemak yang baik serta kalori untuk memperlancar haid.

Buah Anggur

Anggur merupakan salah satu buah yang memiliki banyak sekali manfaat. Mengkonsumsi anggur secara rutin dapat membuat siklus haid anda menjadi lancar.

Konsumsi Daging

Daging memiliki banyak kandungan zat besi sama seperti sayuran hijau. Wanita yang mengkonsumsi daging merah ketika haid akan memiliki asupan zat besi yang sangat bagus.

Cara Melancarkan Haid

wanita saat haid

Memperlancar haid sangat mudah, cukup dengan pola hidup sehat dapat menghindari haid tidak teratur. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai cara memperlancar haid.

Cukup Istirahat

Anda juga harus memiliki istirahat yang cukup, tidak baik jika terlalu banyak melakukan olahraga. Istirahat juga penting untuk memperlancar haid. Istirahat ah yang cukup agar terhindar dari stress, karena stress merupakan salah satu penyebab haid anda tidak lancar.

Olahraga Secara Rutin

Dengan rajin berolahraga maka anda akan merasakan banyak sekali manfaat nya bagi tubuh anda. Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti joging atau hanya berjalan kaki. Jangan melakukan olahraga yang berat karena tidak baik juga untuk kelancaran haid anda. setelah haid lancar sebaiknya anda melakukan olahraga yang rutin, agar kesehatan anda dapat terjaga.

Pakaian Tidak Ketat

Gunakan lah pakaian yang nyaman terutama pakaian dalam. Jangan menggunakan pakaian dalam yang ketat karena akan menimbulkan rasa tidak nyaman ketika anda sedang haid. Juga jangan kenakan celana yang terlalu ketat.

Ganti Pembalut

Saat haid sebaiknya anda rajin dalam mengganti pembalut, terkadang sebagian wanita malas dalam mengganti pembalut, tanpa disadari kuman menjadi menumpuk. Gantilah pembalut anda 3-4 jam sekali, dan jangan menunggu penuh, agar menghambat pertumbuhan bakteri yang ada di dalam darah haid.

Demikianlah artikel mengenai cara melancarkan haid semoga dapat bermanfaat bagi kelancaran haid anda. Sebaiknya, jika anda mengalami haid tidak lancar segera ke dokter untuk memeriksa kondisi anda, sehingga jika terdapat penyakit, dapat dicegah sejak dini.

Artikel Terkait: Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid

Datanglah ke Klinik Utama Gracia, di klinik kami terdapat dokter yang menangani penyakit andrologi, ginekologi, dan penyakit kelamin serta didukung oleh perawat yang berpengalaman dan profesional. Gunakan layanan Konsultasi Medis Online kami untuk mengkonsultasikan mengenai penyakit yang anda alami.

Klik chat

Save

Save

Save