counter

cara melancarkan haidSeorang wanita pasti akan mengalami masa haid yang tidak lancar, hal ini akan menimbulkan rasa cemas dan panik, karena ketika haid tidak lancar maka akan ada pemikiran bahwa hal ini dapat meningkatkan risiko ketidaksuburan dan penyakit-penyakit yang menyebabkan tidak lancarnya haid. Ketika Anda mengalami hal ini cukup sering maka jangan panik. Berikut ini adalah cara melancarkan haid yang bisa Anda coba.

Biasanya haid yang tidak teratur akan dialami oleh wanita yang baru saja mengalami menstruasi. Wanita yang dalam masa pubertas biasanya akan mengalami menstruasi yang tidak teratur. Misalnya di bulan kedua tidak ada darah haid yang keluar. Hal ini termasuk normal setiap wanita mengalaminya pada saat pertama kali haid. Namun jika hal ini terjadi pada Anda yang telah beranjak dewasa maka hal ini perlu diwaspadai dan sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter.

Sebelum mengetahui tentang cara melancarkan haid, Anda perlu mengetahui apa yang menyebabkan haid menjadi tidak lancar. Berikut penjelasannya.

Penyebab Haid Tidak Lancar

1. Alat Kontrasepsi

Haid yang tidak lancar bisa dikarenakan penggunaan alat kontrasepsi seperti IUD atau spiral ataupun pil KB. Alat kontrasepsi ini akan menyebabkan terjadinya flek di antara siklus haid Anda. IUD juga bisa membuat keluarnya darah lebih banyak ataupun nyeri pada perut ketika haid. Pada penggunaan awal pil KB juga kemungkinan akan keluar sedikit darah sampai setelah beberapa bulan dari awal penggunaan pil KB.

2. Stress

Penyebab haid tidak lancar yang dialami wanita bisa saja disebabkan oleh stres. Ketika seseorang stres, maka pikiran dan psikologisnya akan terpengaruh sehingga sulit mengontrol diri. Stres juga akan membuat stabilitas otak untuk mengatur tubuh menjadi kurang maksimal, dan haid menjadi tidak lancar.

3. Usia

Remaja perempuan umumnya akan mengalami haid pertama kali ketika usia 10 sampai 12 tahun. Pada usia-usia awal mengalami haid, biasanya haid akan cenderung tidak lancar. Karena pada saat itu, tubuh akan melakukan penyesuaian dengan hormon yang berubah.

wanita saat haid

4. Kehamilan

Haid tidak lancar juga bisa menjadi tanda terjadinya kehamilan. Kehamilan akan terjadi ketika sel sperma bertemu dan berhasil membuahi sel telur. Selama masa kehamilan wanita tidak akan mengalami haid sampai persalinan.

5. Endometriosis

Endometriosis merupakan kondisi dimana sel yang seharusnya melapisi bagian rahim tumbuh di tempat yang tidak seharusnya. Jaringan endometrium ini akan mengental dan membuat terjadinya pendarahan yang berlebihan ketika haid. Bukan hanya itu saja, endometriosis juga bisa menjadi penyebab nyeri ketika haid, dan juga haid yang tidak lancar.

6. Obesitas

Memiliki berat badan yang berlebihan bisa menyebabkan haid yang tidak lancar, karena terjadinya gangguan pada fungsi hormon tubuh. Untuk itu Anda disarankan untuk menjaga berat badan agar tidak terlalu berlebihan yang juga bisa memicu banyak penyakit yang muncul.

7. Menopause

Menopause adalah masa dimana haid pada wanita akan terhenti. Ini adalah hal yang wajar, dan umumnya terjadi pada wanita diatas usia 45 tahun. Menopause akan ditandai dengan haid yang tidak lancar bahkan jarang terjadi. Ketika menopause, maka ovarium tidak bisa menghasilkan sel telur lagi dan juga produksi estrogen akan berkurang.

8. Menyusui

Wanita yang sedang menyusui juga bisa mengalami haid yang tidak lancar, yang terjadi karena adanya perubahan hormon di tubuhnya. Terjadinya pelepasan progesteron yang cepat setelah melahirkan, akan membuat wanita tidak haid selama beberapa waktu. Namun ketika wanita yang sudah melahirkan tidak memberikan ASI pada bayinya, maka haid akan datang 3 bulan setelah persalinan.

9. PCOS (Sindrom Polikistik Ovarium)

Ketika seorang wanita mengalami sindrom polikistik ovarium, maka akan terjadi gangguan pada keseimbangan estrogen dalam tubuh. Hal ini menyebabkan akan munculnya banyak kista di ovarium yang akan membuat haid menjadi tidak lancar. Penyakit ini juga bisa membuat terjadinya gangguan pada kesuburan wanita. Gejala yang biasanya menyertai penyakit ini yaitu haid yang jarang terjadi, haid berlangsung sangat lama, jerawat, dan juga pertumbuhan rambut yang berlebihan.
Klik chat

10. Gangguan Tiroid

Di bagian leher terdapat kelenjar tiroid yang berfungsi untuk memproduksi hormon untuk mengatur metabolisme tubuh. Jika terjadi gangguan pada kelenjar tersebut biasanya disebut dengan hipotiroidisme, maka akan berpengaruh pada produksi hormon yang tidak maksimal. Ketika hormon estrogen tidak ada dalam jumlah yang cukup, maka akan mempengaruhi siklus haid Anda.

11. Penyakit Radang Panggul

Penyakit ini terjadi karena adanya infeksi di organ reproduksi wanita seperti tuba fallopi, leher rahim, indung telur dan juga rahim. infeksi ini terjadi karena adanya bakteri yang masuk melalui saluran vagina dan menyerang organ reproduksi. Penyakit ini akan ditandai dengan gejala keputihan yang berlebihan, nyeri pada perut bagian bawah dan atas, demam, sakit ketika berhubungan seksual, haid tidak lancar, dan juga tubuh sering merasa lelah.

Cara Melancarkan Haid

Memperlancar haid sebenarnya sangat mudah dilakukan, hanya cukup dengan pola hidup sehat dapat menghindari haid tidak teratur. Berikut ini adalah beberapa cara memperlancar haid.

1. Cukup Istirahat

Istirahat adalah suatu hal penting untuk memperlancar haid. Kebanyakan wanita yang memiliki aktivitas pada sehari-harinya membuat kurangnya istirahat. Istirahat lah yang cukup agar terhindar dari stress, karena stress bisa membuat hormon kortisol meningkat dan mempengaruhi progesteron dan estrogen sehingga haid menjadi tidak lancar.

2. Hindari Stress

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa stres merupakan salah satu penyebab haid yang tidak lancar. Untuk membuat haid menjadi lancar, maka Anda harus menghindari stres. Karena ketika stres kinerja otak dan juga tubuh menjadi terhambat, sehingga haid tidak lancar.

3. Olahraga Secara Rutin

Dengan rajin berolahraga maka Anda akan merasakan banyak sekali manfaatnya bagi tubuh. Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti jogging atau hanya berjalan kaki. Jangan melakukan olahraga yang berat karena tidak baik untuk tubuh. Setelah haid lancar sebaiknya Anda terus melakukan olahraga secara rutin, agar kesehatan dapat terjaga.

cara melancarkan haid

4. Pola Makan

Penting sekali bagi tubuh mendapatkan gizi yang cukup setiap harinya. Hal ini akan membuat haid Anda berjalan lebih lancar karena sistem metabolisme tubuh dapat berfungsi dengan baik. Hindari untuk melakukan diet, karena akan membuat asupan tubuh Anda menjadi berkurang.

5. Gunakan Pakaian Yang Tidak Terlalu Ketat

Gunakanlah pakaian yang nyaman terutama pakaian dalam. Jangan menggunakan pakaian dalam yang ketat karena akan menimbulkan rasa tidak nyaman ketika Anda sedang haid. Gunakan pakaian dalam berbahan katun agar keringat mudah terserap dan tidak membuat area kewanitaan menjadi semakin lembab.

6. Ganti Pembalut

Saat haid sebaiknya Anda rajin dalam mengganti pembalut. Terkadang sebagian wanita malas dalam mengganti pembalut, tanpa disadari kuman menjadi menumpuk. Gantilah pembalut Anda 3 atau 4 jam sekali, agar menghambat pertumbuhan bakteri yang ada di dalam darah haid.

7. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Cara melancarkan haid juga bisa dilakukan dengan memperbanyak konsumsi air putih. Hal ini diperlukan untuk menyeimbangkan metabolisme tubuh, melancarkan sistem pencernaan, dan mencegah dehidrasi. Sistem metabolisme yang baik akan membuat haid menjadi lancar.

8. Konsumsi Jamu

Jamu yang terbuat dari kunyit, merupakan salah satu jamu yang dipercaya untuk menjadi cara melancarkan haid sejak jaman dahulu. Kunyit sendiri memiliki sifat antiseptik dan juga antibakteri. Anda bisa membuat jamu ini sendiri atau juga membelinya pada produsen jamu.

Makanan yang Dapat Melancarkan Haid

Berikut adalah makanan yang dapat memperlancar haid, yang sangat mudah Anda temukan.

1. Asam Jawa

Asam jawa dipercaya bisa memperlancar haid, karena dapat merangsang dinding rahim untuk meluruh karena rasa asamnya. Kadar asam yang dimiliki asam jawa bukan hanya dapat membantu melancarkan haid, namun juga baik untuk tubuh.

cara melancarkan haid

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau sangat bagus untuk kesehatan terutama dapat berguna untuk melancarkan siklus haid Anda. Di dalam sayuran hijau terdapat banyak sekali kandungan zat besi dan serat yang akan bermanfaat bagi tubuh.

3. Pepaya

Pepaya merupakan buah yang memiliki banyak manfaat salah satunya untuk memperlancar haid. Kandungan serat dan juga vitamin di dalam pepaya bisa bermanfaat untuk merangsang sel-sel telur di dinding rahim untuk meluruh. Konsumsi pepaya secara rutin agar haid menjadi lancar.

4. Kacang-kacangan

Anda juga harus rajin mengkonsumsi kacang-kacangan agar dapat membantu memperlancar siklus haid. Kacang-kacangan mengandung omega 3 dan juga lemak yang baik, serta kalori untuk memperlancar haid.

5. Konsumsi Daging Merah

Daging merah memiliki banyak kandungan zat besi sama seperti sayuran hijau. Wanita yang mengkonsumsi daging merah ketika haid akan memiliki asupan zat besi yang sangat bagus. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya anemia yang akan membuat tubuh lemas dan juga haid menjadi tidak lancar.

6. Nanas

Buah nanas, khususnya yang masih muda, akan merangsang rahim untuk meluruhkan sel telur dan terjadi haid. Hal inilah yang membuat nanas bisa menjadi salah satu cara melancarkan haid secara alami. Namun jangan konsumsi nanas ketika sedang hamil, karena bisa menyebabkan keguguran pada janin.

7. Peterseli

Daun peterseli bisa menjadi salah satu makanan untuk melancarkan haid. Daun yang sering dianggap sama dengan daun selederi ini kaya akan vitamin C, B12, A dan K. Hal ini membuat daun ini baik untuk menguatkan sistem imun tubuh, tulang dan juga sistem saraf. Peterseli juga bisa membantu kerja ginjal untuk mengatur jumlah air yang berlebihan di tubuh. Selain itu, daun ini bisa membuat rahim berkontraksi dan membuat terjadinya haid. Anda bisa mengonsumsi peterseli dengan cara di jus.

Itulah beberapa cara melancarkan haid yang bisa Anda coba. Jika Anda mengalami haid yang tidak lancar, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosa terkait dengan kondisi Anda tersebut. Selain itu, jika memang haid yang tidak lancar tersebut karena kondisi medis tertentu, maka bisa ditangani sedini mungkin agar tidak semakin serius. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Artikel Terkait: Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid

Datanglah ke Klinik Utama Gracia, di klinik kami terdapat dokter yang menangani penyakit andrologi, ginekologi, dan penyakit kelamin serta didukung oleh perawat yang berpengalaman dan profesional. Anda juga bisa menggunakan layanan konsultasi medis online kami di bawah ini, untuk berkonsultasi terkait dengan kondisi yang Anda alami.

Klik chat

Save

Save

Save