counter

cara melancarkan menstruasi

Seringkali wanita merasa menstruasi tidak lancar dengan ciri-ciri menstruasi terasa nyeri, siklus tidak teratur, sampai darah haid tidak keluar lancar, sehingga akan membuat sebagian rutinitas harian Anda jadi terhambat.

Menstruasi adalah perdarahan bulanan seorang wanita, biasanya menstruasi akan terjadi pada wanita saat usia subur. Saat wanita mengalami menstruasi maka tubuh Anda akan mengeluarkan darah kotor yang mengalir dari rahim melalui lubang kecil di leher rahim dan keluar dari tubuh melalui Miss V.

Mungkin pada beberapa orang siklus menstruasi yang tidak lancar bisa sangat mengganggu dan menjengkelkan, sehingga banyak para wanita yang mencari cara melancarkan menstruasi di dunia maya.

Apakah yang Dimaksud Siklus Menstruasi?

Ketika periode (menstruasi) pada wanita datang secara teratur maka ini bisa disebut siklus menstruasi, sehingga jika Anda mengalami siklus yang teratur berarti bagian penting dari tubuh Anda bekerja secara normal.

Pada saat siklus menstruasi maka tubuh akan menyediakan bahan kimia yang penting disebut hormon yang berfungsi menjaga Anda agar tetap sehat dan hal inilah yang juga mempersiapkan tubuh Anda untuk kehamilan setiap bulannya dan naik turunnya tingkat hormon selama sebulan mengontrol siklus menstruasi Anda.

Sampai Usia Berapa Wanita Akan Mengalami Menstruasi?

Wanita biasanya akan mengalami menstruasi sampai menopause dan biasanya menopause akan terjadi pada wanita sekitar usia 45 sampai 55 tahun. Ketika wanita menginjak usia 50 tahun maka otomatis wanita tidak bisa lagi ber ovulasi atau tidak bisa hamil lagi. Seperti menstruasi, menopause juga dapat bervariasi dari wanita dengan wanita yang lainnya.

Klik chat

Bagaimanakah Cara Melancarkan Menstruasi yang Tidak Lancar?

Mengkonsumsi Buah Pepaya

Cara melancarkan menstruasi pertama adalah dengan mengkonsumsi buah pepaya yang dipercaya dapat memperlancar menstruasi, buah pepaya ini bisa dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi makanan lainnya.

Karena pada buah pepaya yang masih mentah dapat membantu Anda dalam meningkatkan aliran darah selama menstruasi karena memungkinkan berfungsinya otot-otot rahim secara baik sehingga sangat ideal untuk mendorong menstruasi dan melancarkan menstruasi.

Berolahraga Secara Teratur

Dipercayai bahwa dengan berolahraga secara teratur selama periode Anda dapat membantu meringankan gejala PMS seperti kembung, kelelahan, dan sering mengalami emosi berlebihan.

Untuk itu Anda bisa mengatasinya dengan latihan fisik secara teratur juga dapat membantu mengelola berat dan durasi periode wanita dalam jangka panjang. Diketahui banyak olahraga yang berguna untuk melancarkan menstruasi Anda seperti yoga, jalan kaki maupun joging.

Mengkonsumsi Makanan Kaya Zink

Tahukah Anda bahwa ternyata makanan Zinc adalah salah satu mineral terbaik yang bisa digunakan tubuh untuk menjaga kadar hormon (seperti estrogen, progestron dan testosteron) yang bisa Anda konsumsi untuk melancarkan haid?

Sumber makanan kaya zink tersebut terdapat pada tiram, bayam, biji labu mentah, biji bunga matahari dan wijen yang bisa Anda konsumsi untuk melancarkan menstruasi.

Minum Banyak Air Putih

Cara melancarkan menstruasi selanjutnya adalah dengan meminum banyak air putih, karena selama periode Anda dapat berkontribusi untuk merasakan kembung dan gejala PMS yang tidak menyenangkan lainnya.

Anda sangat disarankan untuk minum lebih banyak air dari biasanya selama periode Anda untuk mengatasi gejala-gejala seperti diatas. Anda juga bisa mengurangi minuman berkafein, alkohol, dan natrium sementara saat mengalami menstruasi karena hal ini akan menyebabkan dehidrasi tubuh.

Istirahat yang Cukup

Karena dengan istirahat yang cukup dapat menjaga kebugaran tubuh Anda, selain itu istirahat juga dapat membantu dalam menghindari stress akibat berbagai macam sebab termasuk stres ketika mengalami menstruasi.

Klik chat