counter

cara mencegah keputihan

Mengalami keputihan adalah suatu hal yang wajar dirasakan oleh wanita. Seringnya keputihan akan terjadi ketika wanita akan mengalami menstruasi ataupun akan memasuki masa subur (ovulasi). Ciri-ciri keputihan ini cenderung akan tidak berwarna atau jernih, tidak berbau dan juga tidak menimbulkan gatal. Namun keputihan yang dialami wanita bisa juga termasuk dalam keputihan abnormal, dan bisa menjadi indikasi dari kondisi tertentu. Lalu bagaimana cara mencegah keputihan abnormal?

Sebelum mengetahui cara mencegah keputihan abnormal, ada baiknya Anda mengetahui penyebab dari keputihan abnormal tersebut. Hal ini diperlukan untuk memastikan penanganan yang tepat yang bisa dilakukan. Berikut penjelasannya.

1. Bakteri

Adanya bakteri bernama vaginosis bakteri bisa menyebabkan terjadinya keputihan abnormal pada wanita. Penyebab mengapa bakteri ini bisa menyerang area kewanitaan memang masih belum diketahui sampai sekarang. Bakteri tersebut nantinya akan mengganggu keseimbangan cairan sehingga wanita cenderung mengalami keputihan yang berlebihan.

2. Jamur

Tumbuhnya jamur pada area kewanitaan juga bisa menjadi penyebab keputihan abnormal. Jamur memang senang untuk berkembangbiak pada area lembab seperti area kewanitaan. Untuk itu, segera keringkan area tersebut setelah buang air ataupun setelah mandi, agar jamur tidak mudah berkembangbiak.

3. Stress

Penyebab lain keputihan abnormal adalah karena stres. Stres cenderung akan mempengaruhi syaraf pusat seseorang, sehingga keseimbangan hormon menjadi terpengaruh dan terganggu, Akhirnya wanita akan mengalami keputihan.

4. Obat-obatan Tertentu

Penggunaan obat-obatan yang sembarangan juga bisa memicu terjadinya keputihan abnormal. Misalnya konsumsi antibiotik yang dilakukan dalam jangka waktu yang lama, sehingga keseimbangan bakteri baik pada area vagina menjadi terganggu, akhirnya menyebabkan bakteri jahat penyebab keputihan mudah berkembangbiak. Untuk itu, konsultasikan pemakaian obat-obatan pada dokter terlebih dulu.

mencegah keputihan

Cara Mencegah Keputihan

Untuk terhindar dari keputihan abnormal, maka Anda bisa mencoba cara-cara berikut ini:

  • Jaga kelembaban vagina. Untuk menjaga vagina agar tidak terlalu lembab, maka sebaiknya keringkan vagina setelah buang air ataupun setelah Anda mandi. Selain itu Anda juga bisa menghindari penggunaan celana yang terlalu ketat, dan menggunakan celana berbahan katun agar keringat lebih mudah diserap dan tidak membuat area kewanitaan terlalu lembab.
  • Hindari penggunaan pembersih vagina. Cairan pembersih vagina sebenarnya malah akan merusak keseimbangan bakteri dan juga jamur alami di vagina, sehingga akhirnya bakteri jahat bisa tumbuh. Untuk membersihkan area kewanitaan, Anda bisa hanya menggunakan air hangat dan juga sabun yang tidak memiliki kandungan parfum didalamnya. Namun sebaiknya hanya menggunakan air bersih saja.
  • Hindari bahan yang bisa menyebabkan iritasi. Iritasi yang terjadi pada vagina akan membuat wanita mengalami keputihan yang abnormal. Bahan yang dapat membuat iritasi contohnya pelembut ataupun detergen yang memiliki kandungan parfum atau beraroma kuat untuk mencuci celana dalam, pembalut yang memiliki kandungan parfum, tisu toilet yang berparfum.
  • Lakukan kebiasaan baik seperti konsumsi makanan sehat, suplemen atau yoghurt yang memiliki kandungan bakteri baik, mengganti pembalut secara teratur ketika sedang menstruasi, dan menghindari penggunaan bahan-bahan yang memiliki kandungan parfum.

Itulah penjelasan mengenai penyebab keputihan abnormal beserta cara mencegah keputihan abnormal. Setelah mengetahui apa penyebabnya, maka Anda bisa melakukan pencegahan dan juga penanganan yang tepat jika mengalami keputihan abnormal tersebut.

Jika Anda mengalami keputihan abnormal, sebaiknya periksakan diri Anda untuk mengetahui diagnosa yang tepat, dan juga penanganan yang tepat dari dokter. Hal ini diperlukan agar tidak terjadinya komplikasi karena keputihan abnormal tersebut. Anda bisa berkonsultasi terkait keputihan abnormal melalui layanan chatting di bawah ini.
Klik chat