counter

cara mengatasi anyang anyangan

Anyang-anyangan adalah kondisi dimana kita sering ingin buang air kecil, namun urine yang dikeluarkan sedikit dan disertai rasa nyeri. Hal ini pastinya akan membuat ketidaknyamanan bagi penderitanya. Kondisi ini bisa dialami oleh siapapun, pria dan wanita, bahkan juga bisa terjadi pada ibu hamil. Lalu bagaimanakah cara mengatasi anyang anyangan pada ibu hamil?

Kondisi anyang-anyangan yang dirasakan seseorang termasuk ibu hamil memang berkaitan dengan infeksi saluran kemih. Jadi anyang-anyangan ini terjadi karena infeksi saluran kemih. Sedangkan infeksi saluran kemih sendiri terjadi karena adanya bakteri yang masuk ke saluran kemih. Bakteri tersebut berasal dari usus besar yang umumnya ikut dikeluarkan bersama feses, namun bakteri tersebut berpindah ke saluran kemih, dan menyebabkan infeksi.

Infeksi saluran kemih dan juga anyang-anyangan memang lebih banyak diderita oleh wanita, termasuk ibu hamil. Wanita hamil beresiko mengalami infeksi saluran kemih ketika memasuki minggu ke-6 sampai dengan minggu ke-24 kehamilan. Hal ini berarti menandakan bahwa ibu hamil juga akan lebih tinggi resikonya mengalami anyang-anyangan. Kondisi ini terjadi karena rahim terletak tepat di atas kandung kemih. Ketika membesar, rahim akan menekan kandung kemih dan menghambat urine keluar akhirnya menimbulkan infeksi. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi anyang anyangan pada ibu hamil.

1. Banyak Minum Air Putih

Untuk mengeluarkan urine, maka dibutuhkan asupan cairan yang cukup masuk ke dalam tubuh. Ketika urine dikeluarkan saat buang air kecil, maka bakteri juga akan ikut keluar, dan tidak menetap di saluran kemih. Para ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter atau setidaknya sebanyak 6 sampai 10 gelas per hari.

mengatasi anyang anyangan

2. Posisi Tidur Yang Benar

Ketika akan tidur, sebaiknya ibu hamil mengatur posisi tidur yang benar dan baik untuk dirinya. Posisi tidur ini erat kaitannya dengan kesehatan. Dokter umumnya menyarankan tidur dengan menghadap ke kiri dengan menekuk kaki sehingga membentuk sudut siku-siku.

3. Senam Ringan

Cara mengatasi anyang anyangan pada ibu hamil selanjutnya yaitu dengan melakukan senam ringan secara rutin. Anda bisa mencoba senam yang cocok untuk ibu hamil yang tentunya tidak akan membahayakan Anda dan juga janin yang sedang dikandung.

4. Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan

Penting hukumnya untuk menjaga kebersihan area kewanitaan, tidak terkecuali pada ibu hamil. Usahakan untuk tidak terlalu sering menggunakan produk pembersih vagina, dan juga sering-sering lah mengganti pakaian dalam agar tidak ada bakteri dan kuman yang berkembang dan menyebabkan anyang-anyangan.

5. Jangan Menahan Buang Air Kecil

Ketika Anda ingin buang air kecil sebaiknya segera lakukan. Karena kebiasaan menahan buang air kecil tidak baik untuk kesehatan. Ketika buang air kecil, bakteri akan dibuang melalui urine, sedangkan jika Anda menahan buang air kecil maka bakteri tidak akan dibuang dan menetap di kandung kemih dan menimbulkan infeksi.

Cobalah cara mengatasi anyang anyangan pada ibu hamil di atas untuk mengurangi gejala anyang-anyangan yang Anda rasakan. Anda juga bisa mencoba bahan-bahan alami untuk mengatasi anyang-anyangan. Namun jika kondisi tersebut sangat membuat Anda tidak nyaman, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Selain itu, jika ibu hamil ingin mengonsumsi obat-obatan antibiotik untuk mengatasi infeksi saluran kemih, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter mengenai obat-obatan yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Anda juga bisa berkonsultasi online dengan dokter Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting gratis di bawah ini. Semoga bermanfaat.
Klik chat