counter

cara mengatasi ambeien

Permasalahan ambeien atau wasir memang pastinya akan mengganggu, karena timbulnya rasa tidak nyaman. Ketika terjadi ambeien, maka penderita akan mengalami munculnya benjolan di area anus, disertai nyeri dan juga gatal. Bahkan adapula yang sampai mengalami komplikasi berupa wasir. Untuk itu diperlukan cara mengatasi ambeien dan juga cara mengobati ambeien yang mudah agar bisa dilakukan langsung sendiri.

Ada beberapa cara mengatasi ambeien dan cara mengobati ambeien yang mudah, yang tentunya Anda bisa lakukan di rumah. Hal ini diperlukan untuk menjadi penanganan awal dari rasa tidak nyaman yang pastinya akan muncul. Berikut ini penjelasannya.

Cara Mengatasi Ambeien

1. Konsumsi Serat

Salah satu penyebab ambeien adalah kurangnya serat di dalam tubuh. Untuk itu, Anda bisa melakukan cara mengatasi ambeien dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, seperti misalnya buah, sayur dan juga biji-bijian. Hal ini diperlukan untuk mencegah terjadinya konstipasi yang bisa memicu terjadinya ambeien.

2. Berendam Air Hangat

Ketika Anda mengalami ambeien, maka Anda bisa berendam dalam air hangat sekitar 10 sampai 15 menit. Pastikan bahwa area anus sepenuhnya terendam. Cara mengatasi ambeien ini dipercaya bisa menenangkan area ambeien yang bengkak. Namun perhatikan suhu air yang digunakan, jangan sampai terlalu panas.

3. Menjaga Kebersihan Anus

Cara mengatasi ambeien selanjutnya yaitu dengan selalu menjaga kebersihan area anus. Ketika ambeien memang area tersebut akan terasa nyeri, namun bukan berarti Anda menjadi tidak menghiraukan kebersihan area tersebut. Bersihkan area anus tiap kali selesai buang air, ataupun mandi. Lakukan hal ini secara lembut, dan jangan menggunakan tisu yang mengandung parfum ataupun alkohol. Setelah dibersihkan, segera keringkan area tersebut, agar tidak ada bakteri yang berkembangbiak.

4. Kompres Dingin

Untuk cara mengobati ambeien Anda bisa mencoba kompres dingin area ambeien. Gunakan kain yang sudah direndam air dingin ataupun yang di dalamnya sudah diletakkan es batu. Namun jangan langsung menempel es batu ke area anus.

cara mengobati ambeien

Cara Mengobati Ambeien

1. Penggunaan Obat Topikal

Cara mengobati Ambeien berikutnya yaitu dengan menggunakan obat-obatan topikal atau obat luar yang biasanya di oleskan pada area ambeien ataupun dimasukkan ke dalam lubang anus. Obat-obatan ini akan membantu Anda untuk mengurangi peradangan dan juga mengecilkan pembuluh darah yang sedang bengkak.

2. Konsumsi Obat Analgetik

Ketika ambeien terasa nyeri atau sakit, Anda bisa meredakan gejala tersebut dengan mengonsumsi obat pereda nyeri atau analgetik yang bisa dibeli bebas di apotik tanpa resep dokter. Hal ini berguna mengatasi nyeri untuk sementara waktu sebelum Anda memeriksakan diri ke dokter.

3. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan agen antiradang yang akan membantu mengurangi iritasi yang disebabkan oleh ambeien. Untuk permasalahan ambeien eksternal, Anda bisa mengoleskan sedikit gel lidah buaya pada area anus, kemudian pijat area tersebut. Sedangkan untuk ambeien internal, Anda bisa menggunakan lidah buaya yang masih batangan dan sudah dibuang bagian durinya lalu dibekukan untuk diaplikasikan pada area ambeien.

4. Minyak Zaitun

Kandungan antioksidan dan antiradang dalam minyak zaitun berguna untuk mengobati ambeien, dalam hal ini adalah ambeien eksternal. Minyak zaitun ini bisa meningkatkan elastisitas pembuluh darah, meredakan radang dan juga mengecilkan bengkak yang terjadi. Caranya, minum 1 sendok teh minyak zaitun setiap hari, atau mengoleskan campuran minyak zaitun dengan ekstrak daun plum pada area anus yang mengalami ambeien.

Lakukan cara-cara di atas untuk membantu mengatasi ambeien yang Anda alami. Jika Anda ragu, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu penggunaan cara-cara di atas. Semoga bermanfaat.
Klik chat