counter

cara mengatasi keputihan

Keputihan memang bukan lagi hal yang asing dialami oleh wanita. Karena setiap wanita pernah mengalami keputihan. Penyebab keputihan sendiri bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya kehamilan, pengaruh hormon, akan menstruasi, tanda menopause, ataupun karena adanya infeksi. Memang kebanyakan keputihan terjadi dalam kadar yang normal. Berbeda halnya jika keputihan disebabkan karena infeksi, sehingga Anda membutuhkan cara mengatasi keputihan untuk menanganinya.

Keputihan karena infeksi bisa disebabkan oleh adanya mikroorganisme yang berkembangbiak pada area vagina wanita. Misalnya karena adanya bakteri ataupun jamur. Hal ini akan membuat keputihan menjadi abnormal dengan ciri keputihan berubah warna menjadi tidak jernih, bisa kekuningan, kuning kehijauan, kecoklatan ataupun abu-abu, keputihan juga akan mengeluarkan bau tidak sedap dan menyebabkan gatal. Jika hal tersebut Anda alami, maka Anda harus melakukan cara mengatasi keputihan berikut ini.

1. Konsumsi Air Putih Yang Cukup

Air putih memang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Cairan yang cukup di dalam tubuh akan membantu organ tubuh bekerja lebih baik, begitu juga otot dan sistem hormon di tubuh. Selain itu, air juga akan membantu selaput lendir di vagina mendapatkan cairan yang cukup. Air juga akan membantu Anda untuk mengatasi permasalahan keputihan agar tidak semakin memburuk.
Klik chat

2. Melakukan Diet Yang Sehat

Mengatasi keputihan bisa dilakukan dengan mengubah pola diet Anda menjadi pola diet yang lebih sehat. Mengonsumsi makanan yang tidak sehat malah akan membuat bakteri penyebab keputihan semakin mudah berkembangbiak. Dengan mengonsumsi makanan sehat, maka tubuh akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik untuk mencegah terserang infeksi bakteri ataupun jamur. Anda bisa mengonsumsi kentang, ubi, alpukat, lemon, yoghurt, jeruk, bayam, edamame, ikan, ataupun biji-bijian sebagai pilihan menu diet sehat Anda.

3. Mengurangi Konsumsi Gula

Konsumsi gula yang berlebihan akan meningkatkan kadar gula di dalam tubuh. Hal ini akan memicu bakteri yang berlebih untuk berkembang biak, akhirnya menyebabkan terjadinya keputihan yang berlebihan atau abnormal. Jika Anda memang sedang mengalami keputihan, sebaiknya hindari makanan atau minuman yang banyak mengandung gula seperti kopi, minuman soda, teh ataupun cokelat. Anda juga harus mengurangi konsumsi makanan fermentasi dan karbohidrat tinggi.

cara mengatasi keputihan

4. Olahraga Rutin

Bakteri yang menyebabkan keputihan bisa dikurangi dengan meningkatkan kesehatan tubuh, yang bisa didapat dengan melakukan olahraga secara rutin. Lakukan olahraga dua ataupun tiga dalam sehari, jika itu terlalu berat Anda bisa berolahraga setiap pagi namun rutin dilakukan setiap hari. Jika olahraga yang Anda pikirkan adalah olahraga yang akan menguras seluruh energi Anda, maka hal tersebut adalah pikiran yang salah. Anda bisa memilih olahraga ringan seperti berjalan kaki, jogging, ataupun bersepeda.

5. Hindari Stres

Cara mengatasi keputihan selanjutnya yaitu dengan menghindari stres atau depresi. Aktivitas bakteri, virus ataupun jamur bisa meningkat cepat jika Anda dalam keadaan stres. Bukan hanya itu, banyak penyakit yang bisa menyerang jika Anda mengalami stres. Untuk menanganinya, Anda bisa melakukan relaksasi, dengan yoga ataupun latihan ringan lainnya untuk menghindarkan diri dari stress.

6. Menjaga Kebersihan Vagina

Hal yang paling penting sebagai cara mengatasi keputihan yaitu dengan selalu menjaga kebersihan vagina. Kebersihan vagina yang terjaga, akan membuat bakteri atau jamur sulit untuk berkembang biak. Untuk menjaga kebersihan vagina, sebaiknya selalu bersihkan vagina menggunakan air bersih, dan hindari pemakaian produk pembersih vagina. Selain itu selalu keringkan area kewanitaan setelah dibersihkan agar tidak terlalu lembab dan memicu berkembangnya bakteri atau jamur penyebab keputihan.

Jika memiliki pertanyaan terkait dengan permasalahan keputihan, Anda bisa berkonsultasi melalui layanan chatting di bawah ini secara online.
Klik chat