counter

cara mengatasi keputihan yang gatal

Keputihan abnormal cenderung akan terjadi dengan beberapa gejala utama, seperti keputihan yang berbau tidak sedap, berubah warna dan juga disertai gatal. Keputihan yang disertai gatal tentunya akan menimbulkan ketidaknyamanan pada wanita yang mengalaminya. Diperlukan cara mengatasi keputihan yang gatal agar permasalahan salah satu gejala keputihan abnormal tersebut bisa terselesaikan.

Cara mengatasi keputihan yg gatal dapat dilakukan menggunakan cara-cara yang terbilang tradisional dan mudah dilakukan. Hal ini juga harus diketahui para wanita agar membantu mengatasi rasa ketidaknyamanan yang muncul karena keputihan tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi keputihan yang gatal yang bisa Anda lakukan.

1. Bawang Putih

Cara mengatasi keputihan yang gatal bisa menggunakan bawang putih. Hal ini dikarenakan kandungan sulfur dan juga suforaphane dalam bawang putih yang akan mematikan jamur sehingga gatal pada vagina bisa teratasi. Bawang putih juga dapat digunakan untuk membersihkan vagina tanpa menimbulkan efek samping.
Klik chat

2. Yoghurt

Yoghurt juga bisa Anda gunakan sebagai cara mengatasi keputihan yg gatal. Hasil fermentasi dari olahan susu ini memiliki kandungan bakteri baik yang bisa mengatasi infeksi yang terjadi dalam tubuh termasuk infeksi jamur. Anda hanya cukup mengonsumsi yoghurt secara teratur, agar kandungan bakteri baik di dalamnya bisa membantu memerangi bakteri jahat penyebab keputihan gatal.

3. Daun Sirih

Daun sirih sudah terkenal ampuh membantu menjaga area kewanitaan, salah satunya menjadi cara mengatasi keputihan gatal karena bakteri ataupun jamur. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu memakai air rebusan daun sirih untuk membasuh area kewanitaan. Namun sebaiknya jangan lakukan cara ini terlalu sering.

4. Jus Lemon

Kandungan vitamin C dalam lemon bisa berguna untuk mengatasi jamur yang menjadi penyebab keputihan gatal.  Cara mengatasi keputihan gatal dengan lemon bisa dilakukan dengan mengonsumsi jus lemon setiap hari. Anda juga bisa menambahkan madu untuk menambah rasa. Namun perlu diperhatikan pada mereka yang memiliki riwayat penyakit maag, kemungkinan cara ini tidak akan baik. Maka sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter.

cara mengatasi keputihan gatal

5. Minyak Kelapa

Cara mengatasi keputihan yg gatal selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa dipercaya mampu membantu mengatasi jamur yang bisa menyebabkan gatal pada area kewanitaan ketika keputihan. Anda bisa menggunakan cara mengatasi keputihan gatal ini dengan mencampurkan minyak kelapa murni ke dalam air yang akan Anda gunakan untuk mandi. Anda hanya perlu mencampurkan beberapa tetes saja, tak perlu terlalu banyak.

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat mencegah aktivitas jamur yang bisa menyebabkan gatal ketika keputihan. Cara mengatasi keputihan yg gatal dengan minyak zaitun bisa dilakukan sama halnya dengan minyak kelapa, yaitu dengan mencampurkan sedikit minyak zaitun pada air yang akan Anda pakai untuk mandi. Anda bisa menggunakan air tersebut untuk membasuh tubuh atau area vagina ataupun digunakan untuk berendam. Selain itu Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti minyak yang Anda gunakan ketika memasak.

7. Cuka Apel

Cara mengatasi keputihan gatal yang terakhir yaitu dengan menggunakan cuka sari apel yang memiliki kandungan bahan aktif yang bisa menghilangkan jamur penyebab gatal. Sama seperti sebelumnya, Anda bisa mencampurkan cuka sari apel ini dengan air yang akan Anda pakai untuk mandi ataupun berendam.

Sebelum melakukan cara mengatasi keputihan yang gatal di atas, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Hal ini penting agar Anda mengetahui cara mana yang tepat untuk permasalahan Anda. Anda juga bisa berkonsultasi pada tim kami terkait dengan permasalahan keputihan melalui layanan chatting online di bawah ini.
Klik chat