counter

cara mengatasi nyeri saat haid Nyeri saat haid adalah hal yang biasa dirasakan setiap perempuan saat menjelang haid atau saat awal haid. Bagaimana cara mengatasi nyeri saat haid? Pertanyaan itu selalu di berikan ketika rasa sakit saat haid muncul, sebelumnya akan kami jelaskan mengenai kenapa rasa sakit saat haid muncul, bahkan bagi sebagian wanita sakitnya terjadi berhari-hari.

Rasa sakit ketika haid timbul dari dalam tubuh wanita karena terdapat kontraksi yang menekan pembulu darah yang berada di daerah rahim, sehingga suplai darah dan oksigen tidak masuk kedalam rahim, oksigen yang tidak masuk ke dalam rahim inilah yang menyebabkan jaringan rahim melepaskan bahan kimia sehingga haid terasas nyeri.

Keluarnya prostaglandin (bahan kimia) dari dalam tubuh membuat otot rahim terus berkontraksi. Prostaglandin pada wanita diproduksi oleh tubuh lebih banyak sehingga merasakan nyeri haid.

Prostaglandin juga berperan dalam terjadinya mual, lemas, dan sakit kepala yang mengiringi rasa nyeri pada bagian perut. Keadaan seperti itu sangat mengganggu aktifitas terutama bagi wanita yang bekerja, di dalam artikel kali ini kami akan membahas cara mengatasi nyeri saat haid.

Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid

cara mengatasi nyeri saat haid

Untuk mengatasi rasa nyeri pada bagian perut saat haid, anda dapat melakukan hal-hal dibawah ini:

  • Minum-minuman hangat yang mengandung kalsium tinggi, minuman jenis susu dapat dicoba, karena susu juga dapat mengurangi rasa stres, sehingga rasa sakit pada bagian perut dapat mereda. Hindari minum minuman bersoda karena itu akan memperparah rasa sakit.
  • Hindarilah stres, ya, kontraksi pada bagian rahim akan semakin menjadi jika anda merasakan stres, coba tenangkan diri anda, buat diri anda nyaman, seperti mengatur nafas dan fokuskan hal-hal yang dapat membuat perasaan anda bahagia.
  • Kompres bagian perut dengan menggunakan air hangat, caranya bisa menggunakan handuk atau bisa menggunakan botol beling lalu isi air hangat, lalu gulirkan sambil menekan secara berlahan botol pada bagian perut yang sakit.
  • Tidurlah lebih awal, karena saat haid tubuh akan mengeluarkan tenaga yang banyak dan anda otomatis memerlukan istirahat yang cukup.
  • Yoga juga dapat membantu badan dan fikiran anda agar tidak stres.
  • Olahraga saat haid sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit, dengan berolahraga produksi endorfin pada otak akan meningkat, endorfin sendiri berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit secara alami.
  • Mandi air hangat sangat disarankan jika anda mengalami sakit pada bagian perut saat haid, karena dapat mengurangi stres dan membuat badan relaks sehingga sakit akan berangsur-angsur hilang.
  • Konsumsilah makanan yang terkandung zat besi yang tinggi seperti daging merah, kacang-kacangan dan sayuran seperti bayam.

Artikel Terkait: Gangguan Menstruasi

Jika nyeri tetap berlangsung, sebaiknya anda segera pergi ke dokter, sehingga anda akan mendapat penanganan secara medis, dan dapat mengurangi gejala komplikasi terhadap penyakit lainnya, anda dapat pergi ke Klinik Utama Gracia, di klinik kami terdapat dokter dan perawat yang profesional dan berpengalaman yang menangani penyakit seputar andrologi, ginekologi, dan penyakit menular seksual, serta didukung dengan fasilitas medis yang canggih dan modern. anda juga dapat menikmati layanan konsultasi medis online secara gratis dengan klik tombol dibawah ini.

Klik chat

Save

Save