counter

cara mengatasi sakit perut saat haid

Sakit perut saat haid mungkin banyak para wanita yang mengalaminya. Namun rasa sakit saat haid ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari kita. Untuk itu Anda harus mengetahui cara mengatasi sakit perut saat haid yang tepat untuk meredakan nyeri ataupun ngilu yang kadang Anda rasakan ketika haid. Berikut ini adalah cara mengatasi sakit perut saat haid yang bisa Anda coba.

Minum Kunyit Asam

Cara mengatasi sakit perut saat haid yang pertama adalah dengan minum kunyit asam. Jamu tradisional ini sangat dipercaya khasiatnya untuk bisa meredakan rasa nyeri saat haid. Cara membuatnya juga mudah, parut beberapa ruas kunyit, kemudian tambahkan air dan peras untuk mengambil sarinya. Setelah itu tambahkan sedikit asam jawa dan gula merah, lalu rebus sampai mendidih. Jamu kunyit asam bisa Anda minum dalam kondisi hangat untuk mengatasi nyeri di perut Anda.

Kompres

Nyeri saat haid juga bisa diatasi dengan mengompres perut dengan menempelkan botol atau kantong karet yang sudah diisi dengan air hangat. Atau bisa juga menggunakan handuk yang sudah direndam di air hangat. Anda juga bisa memijat lembut daerah perut yang terasa nyeri dengan gerakan memutar. Mengompres hangat ini bertujuan untuk melancarkan peredaran darah dan juga membuat otot yang ada di sekitar perut menjadi rileks dan sakit perut bisa berkurang.

makan bayamMakan Makanan Mengandung Zat Besi

Wanita akan lebih rentan mengalami anemia ketika sedang haid. Untuk itu, Anda diwajibkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi untuk menjaga tubuh agar tidak kekurangan sel darah merah. Konsumsilah makanan seperti bayam, daun singkong, ubi merah, hati ayam, kacang-kacangan dan yang lainnya. Jangan lupa juga untuk rajin mengonsumsi buah dan air putih untuk menghindari tubuh dari dehidrasi dan juga nyeri di bagian perut.

Obat Pereda Nyeri Haid

Cara mengatasi sakit perut saat haid juga bisa dengan menggunakan obat-obatan pereda nyeri. Obat-obat ini biasanya mengandung analgesik yang akan meredakan nyeri dan juga antipiretik yang berguna untuk pereda demam. Minumlah sesuai aturan, sehingga tidak akan mengganggu kesehatan.

Klik chat

Mandi Air Hangat

Anda juga bisa mengatasi sakit perut saat haid dengan mandi air hangat. Dengan mandi air hangat, peredaran darah akan lebih lancar, dan tubuh akan lebih rileks. Maka akan membuat perut menjadi tidak nyeri lagi saat haid.

berolahragaOlahraga

Melakukan olahraga secara teratur juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi sakit perut saat haid. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan, bersepeda, ataupun berenang. Lakukan olahraga seperti ini secara teratur saat Anda sedang haid ataupun sedang tidak haid.

Berbaring

Ketika Anda merasa sakit perut karena haid, Anda bisa mencoba berbaring di tempat tidur atau di sofa. Biasanya nyeri juga akan dirasakan di bagian punggung. Dengan berbaring, gejala-gejala tersebut bisa teratasi. Gunakan juga bantal sebagai penyangga lutut Anda. Anda bisa melakukan hal ini hingga Anda merasa nyaman dan perut tidak lagi terasa sakit.

Berkonsultasi Dengan Dokter

Pilihan terakhir yang bisa Anda coba adalah berkonsultasi dengan dokter. Apalagi jika sakit tersebut sangat tidak tertahankan. Agar tidak mengganggu aktivitas Anda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter yang tepat.

Sakit perut saat haid ini memang merupakan hal yang normal, dan bukan hal yang bisa membahayakan. Namun tetap saja, ada juga sakit perut yang bisa menjadi pertanda bahwa kamu memiliki penyakit berbahaya lain seperti radang panggul, endometriosis, ataupun fibroid rahim.

Klik chat