counter

Cara mengatasi sering buang air kecil pada wanitaSering buang air kecil diluar batas wajar dapat mengganggu aktifitas seseorang, sedangkan batas normal seseorang buang air kecil dalam sehari adalah 4-8 kali dalam sehari. Dalam istilah medisnya adalah overactive bladder (sering buang air kecil), di dalam rtikel kali ini kami akan membahas cara mengatasi sering buang air kecil pada wanita.

Kenapa wanita? Karena menurut studi Asia Pasific Continence Advisory Board (APCAB), di negara-negara asia setidaknya 53% penyakit sering buang air kecil terjadi pada wanita. Pada zaman sekarang ini sering buang air kecil pada wanita tidak hanya pada wanita yang lansia, tetapi terjadi pada wanita di usia yang relatif muda yaitu 25-30 tahun.

Penyebab Yang Terkait Sering Buang Air Kecil

Cara mengatasi sering buang air kecil pada wanita

Ada banyak penyebab terkait sering buang air kecil pada wanita, meliputi:

Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih adalah infeksi pada bagian sistem kemih, penyakit ini lebih besarnya resiko terkena pada wanita, karena saluran kemih wanita pendek dibanding pria, sehingga menyebabkan bakteri mudah masuk. gejala awalnya adalah seringnnya buang air kecil, disertai rasa panas dan sakit ketika urin keluar.

Minum Berlebihan

Minum yang berlebihan dapat meningkatkan rasa ingin buang air kecil lebih besar dari biasanya, karena kandung kemih menampung urin 300-400ml urin, jika lebih dari itu maka kandung kemih akan mengeliminasi urin yang ada di dalamnya untuk keluar dari tubuh.

Diabetes Militus

Gula darah yang tinggi juga dapat menyebabkan sering buang air kecil, orang yang mempunyai kadar gula yang berlebihan dapat meningkatkan rasa haus sehingga membutuhkan minum terus menerus, dan ini dapat meningkatakan rasa ingin buang air kecil, maka turunkanlah gula darah anda dalam level yang normal.

Minuman Beralkohol dan Kafein Tinggi

Minum minuman beralkohol dan minuman yang berkafein tinggi dapat memicu buang air kecil. Hindarilah minuman seperti itu, jika anda merasakan sangat sering buang air kecil.

Klik chat

Pembesaran Kelenjar Prostat

Penyakit ini sering disebut Hipertrofi, penyakit ini menimbulkan rasa tidak tuntas ketika buang air kecil sehingga akan terus menerus melakukan buang air kecil, dan urin yang dikeluarkan sedikit. Jika anda mengalami hal ini segeralah ke dokter untuk memeriksakan diri anda.

Penggunaan Obat Diuretik

Obat-obat diuretik biasanya digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, obat ini memiliki cara kerja meningkatkan pembuangan cairan dalam tubuh melalui ginjal dan menyebabkan seringnya buang air kecil.

Hiperaktif Bladder

Gangguan fungsi pada kandung kemih di dalam ilmu medis namanya hiperaktif bladder, penyakit ini bisa disebakan stres dan tingkat kecemasan yang tinggi sehingga dapat memicu seringnya buang air kecil.

Artikel Terkait : Cara menghilangkan anyang-anyangan

Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil Pada Wanita

Cara mengatasi sering buang air kecil pada wanita

Adapun cara mengatasi sering buang air kecil ada beberapa cara, dimulai dengan cara yang sangat mudah sampai dengan penanganan medis seperti operasi, berikut cara mengatasi buang air kecil pada wanita meliputi:

Senam Kegel

Senam ini diciptakan oleh dr. Arnold Kegel pada tahun 1945, senam ini awalnya hanya untuk wanita yang sulit menahan air kecil, semakin berkembangnya zaman senam ini dapat dilakukan oleh pria dan wanita, dan senam kegel terbukti bagi wanita dapat menguatkan otot panggul dan otot sekitar vagina.

Melatih Kandung Kemih

Melatih kandung kemih cukup sederhana yaitu dengan mengontrol jarak waktu saat keinginan buang air kecil timbul. Hal ini dapat mengurangi frekuensi buang air kecil dan dapat memperkuat kandung kemih sehingga dapat menyimpan urin lebih lama.

Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat untuk zaman sekarang ini sangat sulit untuk dilakukan, seperti makan makanan yang cepat saji dan makanan yang mengandung lemak yang tinggi.

Minum minuman yang mengandung alkohol dan kafein juga menjadi gaya hidup yang tidak sehat, sehingga dapat mempengaruhi kesehatan kandung kemih, mulailah merubah polah hidup yang sehat dengan makan makanan yang kaya nutrisi dan menghindari minum minuman yang beralkohol dan kafein.

Minum Obat Untuk Mengontrol Keinginan Berkemih

Obat-obatan dapat anda peroleh dari resep dokter, obat-obatan juga dapat mengontrol keinginan untuk berkemih, cara kerjanya adalah dengan membantu kandung kemih untuk tidak tertekan dan membiarkan kandung kemih menahan kencing untuk jangka waktu yang lama.

Obat-obatannya termasuk ditropan, detrol dan enablex, obat-obatan ini harus dengan resep dokter agar aman digunakan dan tidak memperparah keadaan.

Operasi Kandung Kemih

Berbagai penyakit pada kandung kemih yang mengharuskan untuk segera dilakukan operasi, seperti terdapat batu di saluran kemih, kanker kandung kemih, penyakit yang seperti itu sudah tergolong parah sehingga diperlukan operasi agar fungsi kandung kemih dapat bekerja dengan normal kembali.

Demikianlah artikel mengenai cara mengatasi sering buang air kecil pada wanita, semoga bermanfaat bagi pembaca terutama para wanita yang mengalami sering buang air kecil.

Jika anda mengalami keluhan seperti yang di atas segera periksakan diri anda ke Klinik Utama Gracia, di klinik kami terdapat dokter-dokter yang berpengalaman dan profesional serta didukung dengan peralatan medis yang canggih dan modern, atau anda dapat menikamati layanan konsultasi medis online kami dengan klik tombol dibawah ini.

Klik chat

Save

Save