counter

cara mengatasi wasir

Wasir atau yang biasa disebut ambeien merupakan pembengkakan atau peradangan yang terjadi pada area pembuluh darah di anus. Hal ini akan membuat penderitanya merasakan perasaan tidak nyaman, karena biasanya akan disertai dengan munculnya benjolan di anus dan juga buang air besar yang berdarah. Kondisi ini tentunya membutuhkan cara mengatasi wasir yang tepat, agar perasaan tidak nyaman tersebut dapat dihilangkan.

Ada tingkatan keparahan wasir berdasarkan stadiumnya, yaitu stadium 1 adalah ketika wasir berdarah tetap tidak terjadi prolaps, wasir yang berada di stadium 2 adalah saat wasir mengalami prolaps dengan ataupun tanpa terjadi pendarahan, wasir stadium 3 merupakan wasir yang prolaps namun memerlukan bantuan jari untuk mendorongnya masuk kembali, dan juga wasir di stadium 4 yang prolaps namun tidak bisa didorong lagi masuk ke dalam walaupun dengan bantuan jari.

Adapun gejala yang dialami oleh penderita wasir yaitu seperti muncul bintil-bintil atau tonjolan yang berwarna merah kebiruan di anus, anus terasa gatal, panas dan juga nyeri, keluarnya lendir ataupun darah saat buang air besar, sakit saat mengejan, dan juga merasa nyeri atau sakit pada punggung bagian bawah.

Cara mengatasi wasir yang tepat bisa dilakukan setelah diketahui apa penyebab wasir yang Anda alami. Ada banyak faktor yang bisa memicu terjadinya wasir, misalnya seperti mengalami konstipasi, diare, kurang serat, terlalu kuat mengejan, keturunan, dan juga karena faktor usia. Selain itu wasir juga bisa terjadi pada ibu hamil, wanita yang baru melahirkan, dan juga pada mereka yang terlalu banyak duduk.

Setelah mengetahui beberapa hal di atas, berikutnya Anda harus mengetahui cara mengatasi wasir yang tepat. Berikut ini penjelasannya.

1. Perbanyak Serat

Serat adalah salah satu nutrisi yang diperlukan tubuh untuk menyehatkan pencernaan. Jika pencernaan sehat dan berjalan lancar, maka tubuh tidak akan kesulitan untuk melakukan proses pembuangan. Jika pencernaan tidak lancar, maka akan terjadi sembelit yang mengharuskan Anda mengejan dengan lebih kuat. Hal ini bisa membuat Anda mengalami wasir ataupun malah memperparah kondisi wasir yang Anda alami. Untuk mengatasinya, Anda harus penuhi kebutuhan serat, yang bisa didapat dari sayuran hijau, ataupun buah-buahan.

cara mengatasi wasir

2. Konsumsi Air Putih

Air putih memang sangat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk mengobati kondisi wasir yang Anda alami. Sama halnya dengan serat, air putih dapat membantu melancarkan pencernaan Anda sehingga Anda akan terhindar dari sembelit. Anda disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari.

3. Hindari Duduk Terlalu Lama

Mengalami wasir tentunya akan membuat seseorang menjadi tidak nyaman beraktivitas, termasuk untuk berdiri, dan terlebih untuk duduk. Duduk yang terlalu lama akan membuat area wasir menjadi tertekan dan menimbulkan nyeri. Untuk mengatasinya, Anda bisa duduk dengan menggunakan bantal yang berbentuk donat, agar area wasir tidak terlalu tertekan. Anda juga bisa berjalan atau berdiri sebentar, agar tidak perlu berada pada posisi duduk terlalu lama.

4. Berendam Dengan Air Hangat

Air hangat bisa digunakan untuk Anda berendam guna mengurangi nyeri yang biasanya akan terasa pada bagian anus. Anda bisa berendam dalam air hangat beberapa saat saja. Setelah itu, Anda bisa mengoleskan krim untuk wasir yang biasanya akan diberikan dokter.

Itulah beberapa cara mengatasi wasir yang bisa Anda lakukan. Jika cara-cara sederhana di atas tidak dapat membantu kondisi Anda, kemungkinan diperlukan penanganan lain dengan cara melakukan prosedur operasi yang biasanya akan disarankan oleh dokter.

Untuk lebih tepatnya, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu pada dokter terkait kondisi Anda dan juga penanganan apa yang tepat untuk kondisi tersebut. Atau Anda juga bisa berkonsultasi melalui layanan chatting di bawah ini.
Klik chat