counter

cara mengembalikan keperawanan

Pada masyarakat Indonesia, keperawanan masih dianggap sebagai suatu hal yang harus dan wajib untuk dijaga. Salah satu yang masih dijadikan penentu seorang wanita masih perawan adalah selaput dara. Selaput dara merupakan lapisan tipis yang menutupi lubang vagina tidak secara keseluruhan. Pada wanita yang masih perawan lapisan ini masih utuh dan tidak rusak. Sedangkan pada wanita yang tidak perawan atau wanita yang telah menikah ataupun pada wanita yang telah mengalami keadaan tertentu seperti, olahraga berat, kecelakaan atau pelecehan seksual maka selaput daranya terbilang sudah rusak atau robek. Lalu bagaimanakah cara mengembalikan keperawanan?

Apa Itu Keperawanan?

Keperawanan merupakan istilah yang digunakan untuk sesuatu yang masih murni, belum tersentuh dan juga suci. Istilah inilah yang digunakan untuk merujuk pada wanita yang belum menikah dan juga belum melakukan hubungan seksual, sehingga selaput daranya masih utuh dan belum rusak.

Namun istilah ini rancu, jika memang selaput dara menjadi acuan keperawanan wanita. Karena beberapa kasus adapula wanita yang sudah berkali-kali melakukan hubungan seksual, namun selaput daranya tetap utuh karena sifat selaput daranya yang lebih elastis.

Apa Itu Selaput Dara?

Sebutan selaput dara atau hymen diambil dari nama Dewi Yunani yaitu Himeneus yang merupakan dewi perkawinan dan pernikahan. Selaput dara atau hymen adalah jaringan atau lapisan tipis yang menutupi lubang vagina. Karena bentuknya yang tipis, selaput dara ini bisa saja robek sewaktu-waktu walaupun tidak melakukan hubungan seksual. Adapula wanita yang memiliki selaput dara yang sangat elastis, sehingga tidak robek walaupun sudah pernah melakukan hubungan seksual.

Jika selaput dara sudah hilang atau robek maka tidak akan bisa tumbuh kembali. Selaput dara ini sebenarnya tidak dibutuhkan namun sangat dihargai, karena berfungsi sebagai segel.

Setiap wanita memiliki bentuk selaput dara yang berbeda. Ada 5 bentuk selaput dara, yaitu:

  • Annular hymen. Selaput dara yang berbentuk bulat dan terdapat lubang melingkar seperti cincin di bagian tengahnya. Kebanyakan wanita memiliki selaput dara berbentuk seperti ini
  • Septate hymen. Berbentuk seperti memiliki dua lubang terbuka pada lapisannya.
  • Cibriform hymen. Memiliki beberapa lubang namun lebih kecil dan jumlahnya banyak. Namun selaput dara seperti ini sangat jarang ditemukan pada wanita.
  • Microperforate hymen. Selaput dara ini menutupi seluruh bagian lubang vagina dan hanya memiliki lubang tipis, sehingga darah menstruasi pun sulit keluar.
  • Imperforate hymen. Bentuk selaput dara ini menutupi seluruh lubang vagina, dan tidak ada jalan keluar bagi darah menstruasi, sehingga menyebabkan sakit berlebihan saat menstruasi.

Selain memiliki bentuk yang berbeda, adapula wanita yang memang tidak memiliki selaput dara sejak lahir.
Klik chat

Hilangnya Keperawanan

Keperawanan terbilang sudah hilang jika selaput dara robek ketika berhubungan seksual. Ketika melakukan hubungan seksual pertama kali ini, umumnya akan dibarengi dengan keluarnya darah yang menjadi indikator bahwa wanita baru pertama kali melakukan hubungan seksual.

Namun sebenarnya tidak semua selaput dara yang robek akan mengeluarkan darah. Berarti tidak semua wanita yang baru pertama kali melakukan hubungan seksual juga akan berdarah.

Hingga kini, selaput dara masih menjadi acuan keperawanan seorang wanita. Jika selaput dara sudah rusak, maka wanita akan dikatakan sudah tidak perawan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa sebenarnya selaput dara bisa saja robek walaupun belum pernah melakukan hubungan seksual. Selaput dara ini bisa robek ketika wanita melakukan aktivitas-aktivitas tertentu seperti olahraga berat, bersepeda, kecelakaan, ataupun pelecehan seksual.

Dalam beberapa kasus, wanita menginginkan menjadi tidak perawan, namun ada juga yang tidak menginginkan hal tersebut terjadi. Untuk wanita yang tidak menginginkan menjadi tidak perawan di luar nikah, akan sangat menyakitkan bila sesuatu terjadi pada dirinya seperti kehilangan perawan tanpa dia sadari atau pernah mengalami pelecehan seksual, maka ini akan berdampak terhadap psikologis wanita itu sendiri. Namun pada zaman sekarang ini ilmu kedokteran semakin canggih, ada beberapa metode atau prosedur perbaikan selaput dara, yaitu Hymenoplasty, Hymenorrhaphy dan Restorasi Cincin Hymen.

Cara Mengembalikan Keperawanan

Terdapat tiga metode yang digunakan dokter untuk mengembalikan keperawanan seorang wanita. Berikut ini penjelasan mengenai cara mengembalikan keperawanan dengan melakukan prosedur operasi.

cara mengembalikan keperawanan

Hymenoplasty

Tehnik hymenoplasty merupakan tehnik pengembalian selaput dara seperti semula (masih perawan). Hymenoplasty merupakan operasi kecil yang paling umum dilakukan dalam waktu yang singkat tergantung dengan tingkat kesulitan dalam operasi. Sebelum prosedur operasi dilakukan, dokter akan memberikan bius secara lokal bahkan bisa juga diberikan jenis pembiusan total, tergantung dari keperluan perawatan yang dilakukan. Ada dua jenis teknik operasi dengan metode hymenoplasty, yaitu:

1. Simple Hymenoplasty

Simple hymenoplasty dapat dilakukan apabila robekan pada selaput dara masih ada yang tersisa. Dokter akan melakukan penjahitan pada bagian selaput dara yang robek tersebut dengan benang yang dapat diserap. Sehingga selaput dara dapat diperbaiki dan kembali dalam bentuk semula.

2. Alloplant

Alloplant adalah teknik atau prosedur operasi yang akan dilakukan jika selaput dara sudah benar-benar rusak dan tidak dapat di perbaiki lagi, bahkan selaput dara sudah tidak ada sama sekali. Dokter akan melakukan prsedur operasi alloplant, yaitu prosedur yang dilakukan dengan memasang selaput dara buatan pada pasien.

Operasi ini banyak dilakukan di Negara maju, salah satunya Amerika. Kebanyakan operasi ini dilakukan untuk memberikan kepuasan untuk pasangan.

Jika operasi telah selesai maka seseorang dapat berhubungan seksual kembali 5-6 minggu setelah operasi.

Hymenorrhaphy

Hymenorrhaphy atau merupakan rekonstruksi selaput dara ini tidak termasuk dalam kategori perawatan dari dokter kandungan, namun dapat dikategorikan prosedur operasi plastik karena biasanya dilakukan dengan alasan non-medis. Metode ini jarang dan bahkan tidak tersedia merata di rumah sakit umum, melainkan terdapat di klinik-klinik swasta.

Cara kerja operasi dengan teknik ini melalui tiga cara, sebelum memasuki tahapan tersebut, dokter awalnya akan melakukan sayatan kecil untuk menghilangkan tepian selaput darah. Selaput dara akan dijahit bersama dengan kulit robek yang membentuk sebuah lapisan sekunder dari selaput dara, sehingga berfungsi untuk membuat selaput dara seolah-olah terlihat utuh.

Kemudian akan dilakukan menempatkan membran buatan tanpa adanya pembuluh darah sebagai selaput dara palsu, untuk cairan darahnya dokter akan menempatkan kapsul gelatin, sehingga ketika berhubungan seksual akan terlihat seperti darah. Lalu akan ditempatkan lipatan yang diambil dari lapisan vagina bagian dalam untuk membuat selaput dara baru dengan pembuluh darah yang berfungsi seperti selaput darah asli.

Sama seperti prosedur operasi Hymenoplasty, pada metode ini juga digunakan benang serap, jadi pasien tidak perlu menemui dokter lagi untuk melepas benang tersebut.

Restorasi Cincin Hymen

Restorasi cincin hymen merupakan prosedur bedah sederhana yang dapat dilakukan dokter ginekologi. Operasi ini akan dilakukan jika cincin selaput dara telah robek atau rusak, maka dengan operasi ini dokter akan melakukan penjahitan pada tiap sisi dari cincin hymen dengan satu jahitan sirkuler menggunakan benang serap, dokter akan menyembunyikan ikatan jahitan dibalik mukosa.

Ukuran dan ketebalan suatu jahitan bisa dipilih sesuai dengan individu masing-masing. Rata-rata diameter cincin hymen dibentuk 2 cm. kekurangan dari metode ini adalah, ketika seorang pria melakukan hubungan seksual dengan wanita yang telah melakukan operasi restorasi cincin hymen adalah tidak keluarnya darah ketika penetrasi, karena tidak terdapat pembuluh dara pada hasil jahitan cincin hymen.

Operasi di atas sebagai cara mengembalikan keperawanan tersebut tidak berbahaya sebenarnya, namun mungkin hal ini masih terbilang tabu bagi banyak orang yang menganggap bahwa keperawanan tidak bisa dikembalikan jika sudah hilang. Operasi mengembalikan keperawanan tersebut juga terbilang operasi ringan, dan hanya memakan waktu tidak sampai 1 jam.

Meskipun terbilang ringan, namun dokter akan tetap memeriksa kondisi pasien terlebih dahulu. Setelah pasien dipastikan sehat dan tidak ada keluhan lain seperti tumor rahim atau yang lainnya, maka operasi baru bisa dilakukan.

cara mengembalikan keperawanan

Alasan Wanita Melakukan Operasi Keperawanan

1. Ingin Kembali Perawan

Selaput dara masih menjadi acuan seseorang wanita perawan atau tidak. Oleh karena itulah banyak wanita melakukan cara mengembalikan keperawanan dengan operasi ini agar ia dapat menjadi perawan kembali seperti sedia kala.

2. Mengembalikan Keperawanan Yang Hilang Sebelum Pernikahan

Seperti dikatakan sebelumnya bahwa selaput dara dapat robek walaupun tidak dilakukan penetrasi. Penyebab robeknya selaput dara ini bisa saja karena aktivitas sehari-hari yang dilakukan wanita. Karena itulah mereka melakukan operasi ini untuk mengembalikan keperawanan yang hilang sebelum pernikahan atau melakukan hubungan seksual.

3. Meningkatkan Kepuasan

Banyak yang mengatakan bahwa ketika masih adanya lapisan selaput dara atau ‘masih perawan’, maka ada kenikmatan tersendiri ketika melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Hal inilah yang ingin dikembalikan oleh wanita, untuk meningkatkan kepuasan dari pasangannya ketika melakukan hubungan seksual.

Cara Mengembalikan Keperawanan Secara Alami

Selain melakukan cara mengembalikan keperawanan dengan operasi, Anda juga bisa melakukan cara mengembalikan keperawanan dengan cara alami, yaitu dengan melakukan senam kegel, ataupun konsumsi jamu.

Senam kegel ini dilakukan untuk melatih otot panggul. Bukan hanya baik untuk wanita, namun juga untuk pria. Jika Anda melakukan senam kegel ini secara rutin, maka otot-otot area genital akan lebih kencang.

Selain itu bisa juga dengan konsumsi jamu. Jamu yang biasa disebut ‘jamu rapet’ ini dipercaya bisa merapatkan organ kewanitaan kembali. Jamu ini terdiri dari campuran buah maja, kunyit, telur ayam kampung, kayu cendana, dan campuran lainnya.

Sebaiknya setiap wanita tetap memegang teguh untuk menjaga keperawanannya hingga pernikahan. Karena itu lebih baik daripada mencari-cari cara mengembalikan keperawanan. Ataupun jika memang ingin membahagiakan pasangan, pastikan bahwa hal-hal yang Anda pilih untuk Anda lakukan adalah suatu hal yang aman.

Demikianlah penjelasan mengenai metode-metode cara mengembalikan keperawanan dengan operasi atau pembedahan. Sebelum melakukan pembedahan untuk mengembalikan keperawanan, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dulu dengan ginekolog ataupun dokter kandungan, karena beberapa prosedur operasi mungkin memiliki beberapa efek samping.

Jika Anda ingin melakukan cara mengembalikan keperawanan melalui operasi, pastikan bahwa Anda ditangani oleh tenaga medis yang sudah ahli dan juga profesional dalam hal operasi keperawanan ini.

Anda juga bisa berkonsultasi terkait ginekologi dengan tenaga medis kami di Klinik Utama Gracia. Atau melakukan konsultasi online melalui layanan chatting di bawah ini. Semoga bermanfaat.
Klik chat