counter

cara mengembalikan keperawananSelaput dara merupakan lapisan tipis yang menutupi lubang vagina tidak secara keseluruhan. Pada wanita yang masih perawan lapisan ini masih utuh dan tidak rusak. Sedangkan para wanita yang tidak perawan adalah wanita yang telah menikah atau wanita yang telah mengalami keadaan tertentu sehingga selaput dara rusak seperti, olahraga berat, kecelakaan atau pelecehan seksual. Di dalam artikel kami kali ini akan membahas mengenai cara mengembalikan keperawanan dengan cara operasi.

Dalam beberapa budaya dan termasuk indonesia keperawanan merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga dan akan sangat berharga ketika malam pertama dengan pasangannya. Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan mengenai selaput dara pada wanita, yang mana selaput dara tersebut adalah penentu seseorang masih perawan atau tidak. Dalam beberapa kasus, wanita menginginkan hal itu terjadi (tidak perawan) namun ada juga yang tidak menginginkan hal tersebut terjadi (tidak perawan).

Untuk wanita yang tidak menginginkan tidak perawan di luar nikah akan sangat menyakitkan bila sesuatu terjadi pada dirinya seperti kehilangan perawan tanpa dia sadari atau pernah mengalami pelecehan seksual, maka ini akan berdampak terhadap psikologis wanita itu sendiri. Namun pada zaman sekarang ini ilmu kedokteran semakin canggih, ada beberapa metode atau prosedur perbaikan selaput dara.

  • Hymenoplasty
  • Hymenorrhaphy
  • Restorasi Cincin Hymen

Tiga metode di atas sering digunakan oleh dokter untuk memperbaiki selaput dara. Dengan menggunakan berbagai tehnik bedah maka akan dapat memperbaiki selaput dara, atau cincin hymen.

Cara Mengembalikan Keperawanan

cara mengembalikan keperawanan

Pada penjelasan singkat di atas terdapat tiga metode dokter untuk mengembalikan keperawanan. Berikut akan kami jelaskan satu persatu mengenai cara mengembalikan keperawanan dengan operasi.

Hymenoplasty

Tehnik hymenoplasty merupakan tehnik pengembalian selaput dara seperti semula (masih perawan). Hymenoplasty merupakan operasi kecil yang paling umum dilakukan dalam waktu yang singkat tergantung dengan tingkat kesulitan dalam operasi. Sebelum melakukan operasi dokter akan melakukan bius lokal bahkan bisa juga dilakukan pembiusan total tergantung dengan keperluan perawatan. Terdapat dua macam tehnik operasi dengan metode hymenoplasty.

  • Simple Hymenoplasty

Simple hymenoplasty dapat dilakukan apabila robekan pada selaput dara masih ada yang tersisa. Dokter akan melakukan penjahitan pada bagian selaput dara yang robek tersebut dengan benang yang dapat diserap. Sehingga selaput dara dapat diperbaiki dan kembali dalam bentuk semula.

  • Alloplant

Alloplant adalah tehnik operasi yang akan dilakukan jika selaput dara benar-benar rusak dan tidak dapat di perbaiki kembali. Maka dokter akan melakukan metode operasi alloplant, yaitu metode yang dilakukan dengan cara memasang selaput dara buatan.

Jika operasi telah selesai maka seseorang dapat berhubungan seksual kembali 5-6 minggu setelah operasi.

Hymenorrhaphy

Hymenorrhaphy atau rekonstruksi selaput dara tidak termasuk ke dalam kategori perawatan dokter kandungan, namun dapat dikategorikan sebagai prosedur operasi plastik karena dilakukan dengan alasan non-medis. Metode ini jarang dan bahkan tidak tersedia merata di rumah sakit umum, melainkan terdapat di klinik-klinik swasta.

Cara kerja operasi dengan metode ini terdapat tiga cara, sebelum memasuki tahapan tersebut, dokter akan melakukan sayatan kecil untuk menghilangkan tepian selaput darah. Berikut cara melakukan rekonstruksi:

  • Selaput dara akan dijahit bersama dengan kulit robek yang membentuk sebuah lapisan sekunder dari selaput dara, sehingga berfungsi untuk membuat selaput dara seolah-olah terlihat utuh.
  • Menempatkan membran buatan tanpa adanya pembuluh dara sebagai selaput dara palsu, untuk cairan darahnya dokter akan menempatkan kapsul gelatin, sehingga ketika berhubungan seksual akan terlihat seperti darah.
  • Menempatkan lipatan yang diambil dari lapisan vagina bagian dalam untuk membuat selaput dara baru dengan pembuluh darah yang berfungsi seperti selaput darah asli.

Sama seperti Hymenoplasty pada metode bedah ini juga menggunakan benang serap sehingga pasien tidak perlu menemui dokter lagi untuk pelepasan benang.

Restorasi Cincin Hymen

Restorasi cincin hymen merupakan tehnik bedah sederhana yang dapat dilakukan dokter ginekologi. Operasi ini akan dilakukan jika cincin selaput dara telah robek atau rusak, maka dengan operasi ini dokter akan melakukan penjahitan pada tiap sisi dari cincin hymen dengan satu jahitan sirkuler menggunakan benang serap, dokter akan menyembunyikan ikatan jahitan dibalik mukosa.

Ukuran dan ketebalan suatu jahitan bisa dipilih sesuai dengan individu masing-masing. Rata-rata diameter cincin hymen dibentuk 2cm. kekurangan dari metode ini adalah, ketika seorang pria melakukan hubungan seksual dengan wanita yang telah melakukan operasi restorasi cincin hymen adalah tidak keluarnya darah ketika penetrasi, karena tidak terdapat pembuluh dara pada hasil jahitan cincin hymen.

Demikianlah penjelasan kami mengenai metode-metode cara mengembalikan keperawanan dengan operasi atau pembedahan. Sebaiknya sebelum melakukan pembedahan untuk mengembalikan keperawanan anda melakukan konsultasi, karena beberapa operasi memiliki beberapa efek samping yang mungkin dapat merugikan anda.

Datanglah Ke Klinik Utama Gracia, di klinik kami dapat melakukan operasi keperawanan yang di lakukan oleh dokter-dokter yang profesional dan berpengalaman.

Konsultasi Medis Online dengan klik banner di bawah ini.

 Klik chat

Save