counter

Tahukah Anda bahwa ternyata timbulnya bau badan bisa disebabkan oleh berbagai macam hal salah satunya adalah karena bakteri pada kulit yang memecah asam dan ternyata pria lebih sering mengalami bau badan dibandingkan dengan wanita.

Biasa seseorang akan mulai mengalami bau badan ketika ia menginjak usia pubertas karena saat menginjak usia pubertas maka akan mulai mengembangkan kelenjar apokrin tang dapat menghasilkan keringat berlebihan sehingga menimbulkan bau badan tak sedap.

Tentunya timbulnya bau badan tersebut sangat mengganggu bukan? Namun Anda jangan khawatir karena pada umumnya bau badan dapat dihilangkan dengan berbagai macam cara, mau tau apa saja? Yuk simak artikel ini sampai tuntas.

Apakah yang Menyebabkan Bau Badan Berlebihan?

  1. Karena kelebihan berat badan
  2. Mengkonsumsi berbagai macam makanan pedas, bawang putih, rempah-rempah, meminum alkohol dan merokok.
  3. Karena mengkonsumsi beberapa jenis obat seperti antidepresan
  4. Terkadang bau badan bisa disebabkan oleh kondisi medis tertentu kadang-kadang menjadi tanda diabetes.

Begini Cara Menghilangkan Bau Badan Permanen

Mandi Minimal Dua Kali Sehari

Cara menghilangkan bau badan permanen yaitu dengan mandi minimal dua kali dalam sehari, karena pada dasarnya setiap hari tubuh kita akan mengeluarkan keringat melalui pori-pori dan kita sering terkena debu dan kotoran sehingga hal tersebut akan menyebabkan bakteri mudah menempel dan bersarang di kulit.

Sehingga apabila tidak Anda bersihkan secara rutin yaitu dengan cara mandi minimal dua kali dalam sehari, maka bakteri-bakteri tersebut akan menyebabkan munculnya bau badan dan ada baiknya Anda gunakan sabun mandi yang mengandung antibacterial di dalamnya.

Menggunakan Deodorant Atau Antiperspirant

Cara menghilangkan bau badan permanen selanjutnya adalah dengan menggunakan deodorant atau antiperspirant, namun deodorant dinilai lebih praktis untuk mengatasi bau badan berlebihan akan tetapi ternyata kedua produk tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Sehingga sebelum Anda menggunakan kedua produk tersebut ada baiknya untuk memperhatikan hal ini.

Deodorant adalah salah satu produk yang berfungsi untuk mencegah bau badan akan tetapi kelemahannya adalah tidak mampu untuk mengurangi derasnya keringat.

Berbeda dengan antiperspirant karena bisa berfungsi untuk mengurangi keringat berlebihan tetapi kelemahannya adalah bisa membuat kulit ketiak menjadi iritasi, peradangan atau bahkan biang keringat. Untuk itu ada baiknya gunakan produk deodoran saja.

Menggunakan Daun Sirih

Siapa sangka ternyata daun sirih yang biasa digunakan oleh orangtua untuk nyirih ternyata bisa Anda gunakan untuk cara menghilangkan bau badan permanen, karena di dalam daun sirih terdapat kandungan antibacterial dan antiseptik yang ternyata bermanfaat untuk mengatasi masalah bau badan. Lalu bagaimana caranya?

Sebenarnya caranya cukup mudah, pertama Anda siapkan beberapa daun sirih secukupnya, kemudian cuci menggunakan air setelah itu tumbuk daun sirih sampai halus lalu Anda bisa oleskan ke seluruh bagian tubuh dan jangan lupa gosokan tumbukan daun sirih tersebut ke bagian ketiak selama 5 menit lalu diamkan selama 10 menit dan bilaslah dengan air bersih.

Selain dengan cara tersebut ternyata ada cara lainnya yang sangat mudah yaitu dengan cara merebus daun sirih secukupnya menggunakan air dan Anda bisa konsumsi air rebusan daun sirih secara rutin karena dapat membantu menghilangkan badan, selain itu bermanfaat untuk mencegah batu ginjal.

Itulah tadi berbagai cara untuk menghilangkan bau badan permanen dan ada baiknya Anda memperbanyak konsumsi berbagai macam buah-buahan segar karena dapat membantu Anda untuk mengatasi bau badan.