counter

cara menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami

Gatal pada kemaluan wanita umumnya terjadi karena adanya infeksi, entah infeksi bakteri, jamur, atau yang lainnya. Kondisi ini tentunya membuat perasaan yang tidak nyaman, karena biasanya gatal akan datang dibarengi dengan bau yang tidak sedap. Untuk mengatasinya, wanita harus mengetahui cara menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami.

Sebelum mengetahui cara menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami, sebaiknya Anda mengetahui apa penyebab dari kondisi tersebut secara lebih jelas. Berikut ini penjelasannya.

Penyebab Gatal Di Kemaluan

1. Infeksi Jamur

Kondisi dimana vagina terinfeksi jamur disebut dengan kandidiasis vagina. Jamur yang biasanya tumbuh bernama jamur candida, dan akan tumbuh pada daerah vagina dan juga vulva. Selain mengalami gatal, wanita yang terinfeksi jamur akan mengalami keluarnya cairan putih dan juga kental.

2. Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri atau vaginosis bakteri terjadi karena adanya infeksi bakteri jahat pada vagina. Gejala yang akan dialami oleh wanita yang mengalami vaginosis bakteri yaitu gatal, muncul rasa perih, dan juga keluar keputihan yang berbau tidak sedap.

3. Penggunaan Bahan Kimia

Penggunaan bahan kimia pada area kewanitaan ternyata juga bisa membuat vagina menjadi gatal. Misalnya seperti penggunaan pembalut, kondom, sabun, ataupun pembersih area kewanitaan yang berbahan kimia.

4. Mencukur Rambut Kemaluan

Biasanya gatal juga bisa terjadi setelah Anda mencukur rambut kemaluan Anda. Gatal ini biasanya terjadi karena ada rambut yang akan tumbuh kembali. Untuk menghindari kondisi tersebut, sebaiknya jangan mencukur rambut kemaluan sampai habis.

Cara Menghilangkan Gatal Pada Kemaluan Wanita Secara Alami

Setelah mengetahui penyebab gatal pada kemaluan, barulah Anda mengetahui cara menghilangkan gatal tersebut. Berikut ini penjelasannya.

cara menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami

1. Cuka Sari Apel

Menghilangkan gatal karena jamur ataupun bakteri bisa menggunakan cuka sari apel. Di dalam cuka sari apel terdapat kandungan anti bakteri dan juga anti jamur. Selain itu, cuka sari apel juga bisa menjaga keasaman vagina agar bakteri jahat tidak berkembang biak. Anda bisa melakukan cara ini dengan mencampurkan air hangat dengan dua sendok makan cuka sari apel. Gunakan air ini untuk membasuh vagina dua kali sehari secara rutin.

2. Garam

Garam yang memiliki sifat anti bakteri bisa menghilangkan gatal dan juga membunuh bakteri jahat pada vagina. Anda hanya perlu membasuh vagina dengan air garam setiap Anda merasakan gatal. Dengan menggunakan air garam ini, bakteri akan sulit untuk berkembang dan gatal akan cepat mereda.

3. Kompres Air Dingin

Gatal biasanya akan sering datang ketika malam hari, dan waktu tidur Anda akhirnya terganggu karena kondisi tersebut. Namun tak perlu khawatir, cobalah untuk mengompres vagina yang gatal dengan menggunakan kain yang sudah direndam dengan air dingin ataupun dengan kain yang berisikan es batu.

4. Yoghurt

Yoghurt juga bisa menjadi pilihan untuk mengatasi gatal pada kemaluan wanita. Caranya, konsumsi yoghurt yang masih murni tanpa tambahan pemanis secara rutin setiap hari. Anda juga bisa mengoleskan yoghurt tersebut pada vagina Anda secara tipis saja. Di dalam yoghurt murni terdapat zat aktif yang bisa menghilangkan bakteri jahat dan meningkatkan jumlah bakteri baik di vagina.

Cara menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami di atas bisa Anda coba sendiri di rumah, dan termasuk dalam cara yang mudah untuk dilakukan. Namun untuk mengetahui dengan pasti penyebab gatal yang Anda rasakan, sebaiknya segera periksakan kondisi Anda ke dokter. Hal ini penting dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan penyebab gatal yang parah.
Klik chat