counter

cara menghilangkan keputihan pada wanita

Permasalahan keputihan memang sering dialami oleh tiap wanita, tidak terkecuali oleh wanita hamil. Keputihan yang terjadi pada wanita hamil sebenarnya bisa menjadi berbahaya, karena bisa mempengaruhi janin yang dikandung, misalnya seperti bayi bisa lahir prematur, keguguran, ketuban pecah dini dan juga masalah lainnya. Lalu bagaimanakah cara menghilangkan keputihan pada wanita hamil?

Penyebab keputihan pada wanita hamil adalah adanya produksi estrogen yang tinggi di dalam tubuh, sehingga meningkatkan aliran darah yang menuju ke panggul, akhirnya merangsang selaput lendir dan menghasilkan keputihan. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan keputihan pada wanita hamil.

Menjaga Kebersihan Organ Kewanitaan

Masalah keputihan erat kaitannya dengan kebersihan organ intim wanita. Untuk itu, wanita hamil disarankan untuk selalu menjaga kebersihan organ kewanitaan. Bukan hanya untuk wanita hamil saja, namun semua wanita maupun pria harus selalu menjaga kebersihan organ intimnya. Karena bagian tersebut lebih sering lembab, dan bisa menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri ataupun kuman.

Jangan lupa untuk selalu mengganti pakaian dalam, apalagi ketika sudah basah. Selain itu bersihkan organ kewanitaan dengan benar setelah buang air kecil maupun besar. Jika dibiarkan lembab dan tidak dibersihkan dengan benar, maka keputihan sangat mungkin terjadi. Untuk membersihkan keputihan, gunakan media yang steril seperti tisu bayi, kemudian bersihkan perlahan dan jangan terlalu dalam, cukup bersihkan bagian luar atau vulva saja.

Gunakan Pakaian Dalam Berbahan Katun

Pilih pakaian dalam terutama celana dalam yang berbahan katun. Hal ini dilakukan agar pakaian dalam tersebut lebih mudah menyerap keringat, dan tidak membuat organ kewanitaan cepat lembab. Selain itu wanita hamil disarankan untuk tidak menggunakan celana dalam yang terlampau ketat. Karena hal tersebut malah akan membuat keputihan terjadi semakin parah. Sebaiknya gunakan celana dalam yang memiliki ukuran pas, tidak terlalu ketat dan juga tidak terlalu longgar.

cara menghilangkan keputihan

Hindari Penggunaan Pantyliner dan Sabun Pembersih

Banyak wanita yang setiap harinya menggunakan pantyliner ataupun sabun pembersih untuk membersihkan area kewanitaannya, namun sebenarnya penggunaan keduanya ini malah akan membuat keputihan menjadi lebih parah. Bukan hanya untuk wanita hamil, namun juga berlaku pada wanita yang tidak hamil.

Gunakan pantyliner hanya di saat keadaan yang mendesak saja. Dan sabun pembersih sebaiknya tidak digunakan terlalu sering atau malah sebenarnya hindari saja pemakaian sabun pembersih untuk vagina. Penggunaan sabun pembersih yang terlalu sering ini bisa membuat organ kewanitaan menjadi kering.

Udara Bersih

Memberikan paparan udara bersih pada organ intim juga bisa Anda lakukan untuk cara menghilangkan keputihan pada wanita hamil. Misalnya seperti tidur secara telanjang, yang berguna untuk menjadikan kulit tetap segar, sehat dan juga mencegah terjadinya infeksi.

Menggunakan Daun Sirih

Daun sirih memang sudah dikenal sebagai bahan dasar sabun pembersih yang sangat berguna bagi organ intim wanita. Namun lebih baik Anda menggunakan daun sirih alami. Di dalam daun sirih terdapat kandungan anti bakteri yang akan berguna untuk membunuh bakteri penyebab keputihan. Caranya, rebus daun sirih yang sudah dibersihkan, kemudian gunakan air rebusan yang sudah dingin untuk membasuh area kewanitaan. Lakukan cara ini setiap hari secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal.

Konsumsi Pisang

Pisang sangat baik dikonsumsi setiap hari. Selain sehat untuk Anda dan juga bayi yang Anda kandung karena terdapat asam folat di dalamnya, selain itu juga bisa membantu mengurangi keputihan ketika hamil. Anda cukup konsumsi pisang bersama dengan susu dan madu di pagi hari setiap harinya.

Itulah beberapa cara menghilangkan keputihan pada wanita hamil yang bisa Anda lakukan. Namun jika keputihan yang Anda alami tak kunjung mereda bahkan menjadi lebih parah, Anda harus konsultasikan kondisi Anda dengan dokter untuk memastikan penanganan yang tepat.
Klik chat