counter

cara menghilangkan keputihan saat hamil

Pada umumnya hampir sebagian besar wanita saat hamil akan merasa terganggu dan khawatir jika mereka mengalami keputihan akan tetapi Anda jangan khawatir jika keputihan Anda masih dalam keadaan yang normal.

Biasanya wanita hamil sering mengalami keputihan saat usia kandungan masih tergolong muda walau terkadang juga wanita yang hamil tua bisa mengalaminya terutama pada usia kandungan 34 minggu.

Namun, jika keputihan saat hamil sudah berubah warna menjadi hijau, kuning dan berbau karena mungkin bisa saja menandakan adanya infeksi pada Miss V Anda sehingga dikhawatirkan bisa mengganggu janin Anda.

Apakah yang Menyebabkan Keputihan Saat Hamil?

Ternyata keputihan saat hamil disebabkan oleh peningkatan kadar hormon, terutama estrogen, yang menyebabkan lendir yang berlebihan dari kelenjar serviks.

Namun, walaupun banyak wanita yang terganggu akan tetapi lendir ini sangat membantu untuk membersihkan daerah Miss V Anda dan sebagai tanda bahwa tubuh Anda melakukan apa yang dibutuhkan untuk tetap sehat.

Lalu, Adakah Cara Menghilangkan Keputihan Saat Hamil?

Ya, ternyata ada banyak cara menghilangkan keputihan saat hamil yang bisa Anda lakukan di rumah, diantaranya adalah sebagai berikut:

Membersihkan Miss V dari Depan Ke Belakang

Ada baiknya jika sesudah buang air besar maupun buang air kecil maka bersihkan area Miss V Anda dari depan ke belakang karena hal tersebut bisa membantu wanita untuk mengurangi resiko terkena kontaminasi mikroorganisme pada saluran kantung kemih dan juga anus yang bisa menyebabkan keputihan berlebihan.

Klik chat

Menggunakan Panty Liner

Cara menghilangkan keputihan saat hamil adalah dengan menggunakan panty liner bisa menjadi solusi untuk Anda karena panty liner dipercaya dapat menyerap keputihan dan jangan lah sesekali Anda menggunakan tampon saat kehamilan karena akan menimbulkan kuman pada Miss V.

Bahkan beberapa wanita yang mengalami keputihan yang berlebihan banyak yang memakai panty liner sepanjang hari, namun hal ini bisa saja sangat berbahaya jika Anda menggunakannya dalam jangka waktu yang panjang, apalagi jika Anda mengalami kehamilan.

Jangan Gunakan Semprotan Kebersihan Pada Miss V

Janganlah sesekali Anda gunakan semprotan kebersihan untuk Miss V karena dapat mengganggu keseimbangan normal flora vagina dan meningkatkan risiko infeksi pada Miss V sehingga akan menyebabkan keputihan berlebihan.

Terlebih lagi, dokter dan bidan akan mencegah hal tersebut selama kehamilan karena dalam kasus yang jarang terjadi itu dapat memasukan udara ke dalam sistem peredaran darah Anda melalui Miss V dan tentu dapat menyebabkan komplikasi serius

Keringkan Area Miss V Setelah Terkena Air

Ada baiknya jika setelah mandi pastikan area Miss V Anda benar-benar kering dan bisa mengelap nya menggunakan handuk bersih untuk mengeringkan nya dan ada baiknya tidak menggunakan tisu dengan aroma wewangian karena bisa membuat Miss V iritasi dan menyebabkan keputihan.

Hindari Menggunakan Air Kotor Untuk Mencuci Miss V

Sebaiknya Anda menghindari pemakaian air yang kotor ketika membasuh area Miss V terutama ketika menggunakan toilet umum karena dikhawatirkan air kotor tersebut bisa menyebabkan iritasi pada Miss V Anda.

Gunakanlah Celana Dalam Katun

Ada baiknya Anda menggunakan celana dalam berbahan dasar katun karena celana dalam berbahan dasar katun lebih lembut dan sangat baik untuk kesehatan serta kebersihan Miss V dan dengan mengenakan celana dalam katun berarti membiarkan Miss V Anda bernapas serta menyerap keringat yang sehingga dapat mencegah pertumbuhan jamur.

Itulah tadi berbagai macam cara menghilangkan keputihan saat hamil, meskipun keputihan normal adalah hal yang wajar namun jika keputihan Anda sudah berubah warna dan berbau maka segeralah konsultasikan kepada Kami di Klinik Utama Gracia.

Klik chat