counter

cara menghilangkan keputihan secara alamiKeputihan merupakan keluhan yang hampir setiap wanita mengalaminya, keputihan ada yang normal dan ada yang tidak normal, jika anda mengalami keputihan yang tidak normal seperti, rasa gatal, lendir yang berlebihan, lendir yang berwarna, maka keadaan tersebut harus diwaspadai, karena dapat menimbulkan penyakit-penyakit yang dapat mengganggu organ kewanitaan anda, di dalam artikel kami kali ini akan membahas mengenai cara menghilangkan keputihan secara alami.

Keputihan normal merupakan sesuatu yang baik, karena keputihan terjadi karena lendir diproduksi oleh leher rahim dan kelenjar dalam vagina akan keluar membawa sel-sel mati serta bakteri. Keputihan abnormal dapat menimbulkan penyakit-penyakit yang tergolong serius, salah satunya adalah kanker serviks.

Penyakit-penyakit yang serius dapat mengancam anda. berikut akan kami jelaskan cara menghilangkan keputihan secara alami agar anda dapat mengantisipasi keadaan anda, tetapi ada baiknya anda juga memeriksakan diri anda ke dokter untuk mengetahui apakah sistem reproduksi anda ada yang terganggu, biasanya dokter akan melakukan tes pap atau lebih dikenal sebagai pap smear, yaitu alat yang dimasukkan ke dalam vagina anda untuk mengetahui penyebab dari keputihan tidak normal anda.

Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami

cara menghilangkan keputihan secara alami

Untuk mengatasi keputihan yang sering kali mengganggu aktivitas, anda dapat melakukan hal-hal di bawah ini:


Daun Sirih

Daun sirih sudah terkenal ampuh untuk mengatasi gangguan kesehatan organ kewanitaan, gunakanlah rebusan air daun sirih untuk membersihkan area kewanitaan anda secara rutin dan teratur, hingga gangguan keputihan anda hilang, cara ini juga dapat dilakukan walaupun anda tidak mengalami keputihan, karena sangat bermanfaat untuk menjaga vagina anda tetap dalam keadaan steril.


Konsumsi Buah-Buahan

Memperbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan segar, seperti pisang, karena pisang selain dapat membuat tubuh sehat, pisang juga dapat mencegah timbulnya keputihan yang berlebih.


Bawang Putih

Bawang putih terkenal banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh, dan salah satunya adalah mengatasi keputihan, bawang putih dapat menyembuhkan infeksi akibat bakteri atau jamur pada area vagina. Caranya adalah potonglah bawang putih menjadi 2 bagian letakkan di vagina anda pada malam hari hingga pagi hari, lakukan secara rutin hingga lendir dan rasa gatal di vagina anda hilang.


Kunyit

Kunyit mengandung bahan anti bakteri yang bisa menyembuhkan keputihan. Caranya adalah meminum air rebusan kunyit yang sudah dicampur dengan buah asam dan satu potong gula aren. Dapat dikonsumsi secara rutin walaupun anda tidak mengalami keputihan lagi.


Yoghurt

Yogurt merupakan salah satu obat alami untuk mengatasi keputihan. Yoghurt memiliki kandungan probiotik untuk mencegah terjadinya infeksi jamur akibat keputihan, kandungan probiotik dapat meningkatkan populasi bakteri baik yang ada di dalam tubuh anda, sehingga dapat mengurangi keputihan.


Klik chat

Cara Mencegah Keputihan

Terdapat banyak cara untuk mencegah datangnya keputihan, berikut penjelasannya:


Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan vagina merupakan hal yang utama dalam mencegah terjadinya keputihan. Cucilah vagina anda setiap habis buang air, dengan cara yang benar (depan ke belakang). Gunakanlah sabun-sabun alami, hindari penggunaan douche, sabun wewangian dan body wash, karena jika anda menggunakan bahan-bahan yang tidak alami bisa berdampak terjadinya peradangan pada vagina anda.


Makan Makanan Yang Bergizi

Makanan juga berpengaruh terhadap munculnya keputihan pada vagina anda, hindarilah makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi, dan makan-makanan yang cepat saji. Makan makanan yang banyak mengandung gula dapat memicu meningkatnya jumlah jamur pada vagina. Dianjurkan supaya memperbanyak makan makanan seperti sayur dan buah karena dapat meningkatkan kesehatan organ reproduksi.


Pakaian

Pakaian juga berpengaruh dalam pertumbuhan bakteri secara pesat, seperti pakaian dalam yang tidak dapat meresap keringat sehingga bakteri akan menumpuk, gunakanlah pakaian dalam yang berbahan katun, cuci dan bilas pakaian dalam secara bersih dari sisa sabun cuci, karena sabun cuci juga dapat menimbulkan peradangan pada vagina. Gantilah celana dalam anda secara rutin minimal 3 kali dalam sehari.


Demikianlah artikel mengenai cara menghilangkan keputihan secara alami, disarankan sebaiknya, jika anda mengalami keputihan yang tidak normal agar memeriksakan diri ke dokter agar dapat diteliti kembali mengenai kesehatan organ reproduksi anda. Klinik Utama Gracia Melayani pengobatan penyakit andrologi, ginekologi, dan penyakit menular seksual.

Gunakanlah layanan Konsultasi Medis Online untuk melakukan konsultasi mengenai kesehatan anda, konsultan-konsultan medis kami akan menjawab secara profesional mengenai keluhan anda.

Save

Klik chat