counter

cara menghilangkan keringat berlebih

Keringat berlebihan pastinya akan menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari bahkan menyebabkan kepercayaan diri menurun karena seringkali menyebabkan munculnya bau yang tidak sedap. Terlebih bila terjadi pada bagian ketiak. Lalu bagaimana cara menghilangkan keringat berlebih pada ketiak?

Keluarnya keringat secara berlebihan atau yang disebut hiperhidrosis terjadi karena kelenjar keringat ekrin berkerja terlalu aktif. Kelenjar ini paling banyak berada di kepala, wajah, telapak tangan, telapak kaki, dan juga ketiak. Itulah mengapa seseorang yang mengalami hiperhidrosis akan lebih sering mengalami di bagian-bagian tersebut, terutama ketiak.

Ketika seseorang mengalami hiperhidrosis yang terjadi di ketiak, dan terdapat bakteri yang berada di ketiak, maka akan muncul lah bau tidak sedap yang akhirnya membuat ketidaknyamanan. Untuk itu, ketahui cara menghilangkan keringat berlebih pada ketiak berikut ini, agar Anda tidak mengalami bau ketiak tidak sedap yang akan menurunkan kepercayaan diri.

Cara Menghilangkan Keringat Berlebih Pada Ketiak

1. Antiperspirant

Anda bisa menggunakan antiperspirant yang biasanya langsung diterapkan di kulit, baik dioleskan ataupun disemprotkan. Antiperspirant bukanlah deodoran yang akan menghilangkan bau ketiak, namun antiperspirant akan membantu mengecilkan atau menyumbat kelenjar keringat agar tidak mengeluarkan keringat secara berlebihan. Antiperspirant banyak dijual bebas, dan bisa dijadikan penanganan awal bila Anda mengalami kondisi ini. Namun bila tidak juga membantu, maka dokter mungkin akan meresepkan antiperspirant yang lebih kuat yang biasanya memiliki kandungan aluminium klorida. Gunakan antiperspirant ini ketika malam hari.
Klik chat

2. Makanan Mengandung Kalsium

Mineral ini dapat meregulasi suhu tubuh agar keringat tidak keluar secara berlebihan. Makanan dan minuman yang kaya akan kalsium seperti susu, keju, atau yoghurt bisa Anda konsumsi setiap harinya. Anda juga bisa memilih cara sendiri untuk mengonsumsinya, bisa dikombinasikan dengan sereal, sandwich ataupun dengan sayuran.

3. Antikolinergik

Dokter kemungkinan akan menyarankan obat golongan antikolinergik atau antimuscarinic yang berfungsi untuk menghalangi efek zat kimia asetilkolin yang akan membuat kelenjar keringat menjadi aktif. Obat antikolinergik biasanya berupa obat minum ataupun cairan yang akan diterapkan pada area kulit yang mengalami hiperhidrosis.

cara menghilangkan keringat berlebih

4. Terapi Iontophoresis

Terapi ini dilakukan dengan mengalirkan arus listrik pada kulit di bagian tangan, kaki, dan juga ketiak. Dengan melakukan cara ini, maka tingkat sekresi kelenjar keringat dapat dikurangi sehingga keringat tidak keluar secara berlebihan. Namun perlu diingat, bahwa melakukan terapi ini harus diberikan oleh orang yang sudah ahli.

5. Operasi

Cara ini akan dilakukan sebagai cara terakhir untuk mengatasi hiperhidrosis yang Anda alami. Cara kerja prosedur operasi akan dilakukan dengan menonaktifkan kelenjar keringat sehingga keringat tidak lagi keluar secara berlebihan. Penonaktifan ini dilakukan dengan mengangkat kelenjar keringat melalui penyedotan lemak. Awalnya, pasien akan diberikan sayatan kecil di dalam kulit guna melakukan sedot lemak tersebut.

Cara menghilangkan keringat berlebih pada ketiak di atas harus didahului dengan pemeriksaan medis oleh dokter, untuk mengetahui penyebab yang mendasari terjadinya kondisi tersebut. Hal ini juga dilakukan agar tidak terjadi bau ketiak tidak sedap yang mengganggu. Dokter juga umumnya lebih mengetahui penanganan mana yang tepat untuk kondisi yang Anda alami.

Klinik Utama Gracia dapat membantu Anda menangani permasalahan bau ketiak yang Anda alami. Lakukan konsultasi pada staf Klinik Utama Gracia terkait keluhan yang Anda alami untuk mendapatkan solusi yang tepat. Anda juga dapat memeriksakan diri langsung ke dokter kami agar keluhan Anda cepat teratasi.
Klik chat