counter

cara menghitung siklus menstruasi pada wanitaMenghitung siklus menstruasi sangat penting diketahui, khususnya bagi wanita yang ingin memprogram kehamilan, siklus menstruasi atau siklus haid juga berfungsi untuk mengetahui apakah siklus haid yang anda alami tersebut normal atau tidak, karena jika siklus menstruasi tidak normal, maka anda perlu mewaspadai ada yang salah mengenai kesehatan reproduksi anda. maka dari itu kami akan membahas mengenai cara menghitung siklus menstruasi pada wanita.

Sebelum membahas lebih jauh sebaiknya anda mengetahui menstruasi itu seperti apa, menstruasi adalah keadaan dimana dinding rahim luruh dan menjadi darah karena tidak ada proses pembuahan dari sperma, menstruasi terjadi pada wanita yang mengalami pubertas, umur normal terjadinya menstruasi adalah 10-35 tahun. Menstruasi biasanya terjadi selama 3-6 hari, sedangkan siklus haid pada wanita terjadi selama 28 hari sampai 35 hari.

Cara Menghitung Siklus Menstruasi Pada Wanita

siklus menstruasi pada wanita

Siklus menstruasi pada wanita normalnya terjadi 28-35 hari, sedangkan kurang 28 hari dan lebih dari 35 hari, itu dikatakan tidak normal, dan perlu konsultasi ke dokter, agar diketahui faktor penyebabnya apa. Berikut kami akan menjelaskan mengenai siklus haid pada wanita.


Siklus Haid Normal

Untuk siklus haid yang normal sangat mudah untuk menghitungnya, contohnya seperti ini, tandailah kalender anda kapan pertama kali anda haid, misal anda haid tanggal 12 desember lalu anda haid pada bulan berikutnya anda haid tanggal 9 januari, maka siklus yang anda jalani adalah 29 hari dan termasuk normal, lalu pada bulan berikutnya anda mengalami siklus haid 30 hari, dan bulan berikutnya lagi anda mengalami siklus 25 hari.

  • Bulan pertama periode haid 29 hari.
  • Bulan kedua periode haid 30 hari.
  • Bulan ketiga periode haid 25 hari.

Dalam kasus diatas tetap dikatakan normal walaupun beragam datangnya siklus haid. Karena siklus yang terjadi pada contoh kasus diatas semuanya masih dalam periode normal yaitu 28-35 hari.


Siklus Haid Tidak Normal

Untuk mengetahui Siklus Haid yang tidak normal butuh waktu 4 bulan. Tandailah kalender anda dan lihat siklus haid yang anda alami selama 4 bulan, misal:

  • Bulan pertama anda mengalami periode haid 30 hari.
  • Bulan kedua 19 hari.
  • Bulan ketiga 20 hari.
  • Bulan keempat 15 hari.

Dari contoh diatas anda mempunyai periode haid yang normal hanya sekali lalu pada bulan selanjutnya tidak normal selama 3 bulan selama berturut-turut. Dalam keadaan seperti ini sebaiknya anda segera memeriksakan diri anda ke dokter untuk memastikan gangguan menstruasi apa yang terjadi pada sistem reproduksi anda, dan biasanya mengarah terhadap penyakit-penyakit tertentu.


Kondisi Tertentu

Terdapat kondisi periode haid yang harus diketahui, sehingga tidak ada kepanikan dalam menghadapi keadaannya, contohnya seperti ini:

  • Bulan pertama periode haid anda 29 hari. (Normal)
  • Bulan kedua periode haid anda 19 hari. (Tidak Normal)
  • Bulan ke tiga periode haid anda 15 hari. (Tidak Normal)
  • Bulan keempat periode haid anda 30 hari. (Normal)

Dari contoh diatas dapat dikatakan kondisi yang tidak normal namun tidak perlu kepanikan untuk menghadapinya, karena pada bulan pertama anda mengalami periode yang normal lalu bulan kedua dan ketiga anda mengalami keadaan yang tidak normal namun pada bulan keempat keadaan kembali normal itu masih dalam tahap kewajaran, keadaan yang tidak normal diatas biasanya dipengaruhi ketidakseimbangan sistem hormonal tubuh yang disebabkan oleh kelelahan dan stres.


Artikel Terkait: Fase Menstruasi

Namun jika anda mengalami sesuatu kejanggalan dalam kondisi siklus haid anda sebaiknya anda segera mengkonsultasikan keluhan anda ke dokter, sehingga dapat dilakukan pemeriksaan dan mencegah terjadinya penyakit-penyakit yang tidak diinginkan sejak dini. Untuk wanita yang telah menikah sebaiknya rutin dalam melakukan tes pap, sehingga dapat diketahui pertumbuhan-pertumbuhan bakteri yang terdapat di organ reproduksi.

Demikianlah artikel mengenai cara menghitung siklus menstruasi pada wanita, jika anda mengalami siklus haid atau menstruasi yang tidak normal, kami sarankan untuk datang ke Klinik Utama Gracia, untuk melakukan konsultasi medis mengenai gangguan yang terdapat pada sistem reproduksi anda.

Anda dapat klik banner di bawah ini untuk melakukan konsultasi medis secara online, konsultan-konsultan medis online kami siap menjawab semua keluhan mengenai penyakit Andrologi, Ginekologi, dan Penyakit Kelamin.

Klik chat