counter

cara mengobati keputihan

Area wanita memang merupakan area sensitif dan mudah lembab. Jika tidak dijaga kebersihannya, maka akan muncul berbagai masalah, salah satunya adalah keputihan yang abnormal. Keputihan yang abnormal umumnya akan mengeluarkan bau yang tidak sedap bahkan rasa gatal di vagina. Hal ini pasti membuat tidak nyaman. Untuk itu para wanita harus mengetahui cara mengobati keputihan yang tepat.

Untuk cara mengobati keputihan yang Anda alami, sebaiknya lakukan beberapa cara alami dan mudah dulu sebagai pertolongan awal jika sewaktu-waktu Anda mengalami masalah terkait keputihan. Berikut penjelasannya.

Air Rebusan Daun Sirih

Bukan suatu hal yang asing lagi kalau melihat daun sirih berada di urutan pertama dalam cara mengobati keputihan pada wanita. Tanaman ini memang dikenal berguna bagi area kewanitaan. Anda bisa menggunakan air rebusan daun sirih untuk mengatasi masalah keputihan Anda. Air rebusan daun sirih ini bisa membantu membunuh bakteri dan juga jamur yang berkembang pada vagina dan menjadi penyebab keputihan. Cara menggunakannya, basuh vagina dengan air rebusan daun sirih yang sudah didinginkan terlebih dahulu. Namun jangan melakukan cara ini sering-sering, karena malah bisa ikut membunuh bakteri baik yang ada di vagina.

Akar Bayam

Akar bayam juga bisa berfungsi untuk menghilangkan bakteri dan juga membantu menyembuhkan infeksi yang terjadi di dalam vagina. Anda bisa menggunakan akar bayam dengan membuatnya menjadi jus. Konsumsi jus akar bayam ini sebanyak dua kali sehari.

cara mengobati keputihan

Menjaga Kelembaban Area Kewanitaan

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa area kewanitaan adalah area yang paling sensitif dan lembab. Jika kelembaban area tersebut tidak terjaga maka akan mempengaruhi pH di dalam vagina. Anda juga disarankan untuk tidak menggunakan bahan pembersih vagina yang mengandung parfum ataupun menggunakan pembersih semprot, karena bisa mengganggu kelembaban area kewanitaan.

Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan

Kondisi area kewanitaan yang kebersihannya tidak baik, maka bisa menimbulkan banyak penyakit yang terjadi karena banyaknya kuman ataupun bakteri yang berkembang biak. Oleh sebab itu wanita harus selalu menjaga kebersihan area kewanitannya. Selain itu lakukan pembersihan area kewanitaan dengan benar. Misalnya ketika selesai buang air, ataupun mandi, bersihkan area kewanitaan dari arah depan ke belakang. Agar bakteri yang berada di anus tidak masuk dalam vagina ataupun saluran kemih.

Hidup Sehat

Mengatasi keputihan bisa dilakukan dengan cara menerapkan pola hidup sehat. Konsumsi lah makanan dan minuman yang sehat untuk tubuh, selain itu istirahat dan olahraga yang cukup dan teratur. Hal ini akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan Anda akan terhindar dari keputihan abnormal yang mengganggu.

Beberapa cara mengobati keputihan di atas terbilang cukup mudah untuk Anda lakukan. Perlu diingat bahwa cara ini bisa menjadi pertolongan pertama, namun Anda tetap harus memeriksakan diri ke dokter. Karena bisa saja keputihan yang Anda alami sebenarnya adalah menunjukkan suatu kondisi medis yang mungkin berbahaya. Dengan segera memeriksakan diri ke dokter, maka Anda akan segera mendapatkan penanganan yang tepat.
Klik chat