counter

cara mengobati wasir

Pembengkakan pada pembuluh darah di sekitar anus bisa menyebabkan seseorang mengalami ambeien atau wasir. Ketika pembengkakan ini terjadi, maka akan muncul benjolan yang keluar dari anus. Bukan hanya itu saja, namun juga munculnya gejala seperti buang air besar yang berdarah. Untuk itu diperlukan cara mengobati wasir berikut ini.

Namun sebelum melakukan cara mengobati wasir di bawah ini, Anda sebaiknya memastikan bahwa memang benar Anda mengalami wasir. Karena gejala yang dialami oleh penderita wasir bisa saja hanya permasalahan pencernaan lain selain wasir.

Pengobatan Di Rumah

Perawatan di rumah bisa dilakukan untuk menangani rasa sakit ringan, dan juga pembengkakan karena wasir yang masih ringan. Beberapa hal yang bisa dilakukan misalnya:

  • Pemberian obat oles. Anda bisa menggunakan krim atau obat yang dimasukkan ke dalam anus (supositoria) yang memang untuk mengobati wasir yang biasanya mengandung hidrokortison atau yang mengandung agen mati rasa atau bius.
  • Berendam air hangat. Coba untuk merendam bagian anus menggunakan air hangat selama 10 ataupun 15 menit. Lakukan cara ini dua atau tiga kali dalam sehari.
  • Menjaga kebersihan area anus. Membersihkan area anus adalah suatu hal yang penting. Anda bisa membersihkan area tersebut menggunakan air hangat dengan gerakan yang lembut. Sebaiknya hindari penggunaan sabun pada area wasir.
  • Obat anti nyeri. Ketika mengalami wasir, penderita mungkin akan merasakan nyeri dan sakit. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi obat anti nyeri seperti parasetamol, aspirin, ataupun ibuprofen.
  • Kompres dingin. Mengompres area wasir dengan menggunakan kain yang sudah direndam air dingin ataupun es yang sudah dibalut kain bisa membantu mengurangi pembengkakan pada wasir.
  • Hindari penggunaan tisu kering. Membersihkan area anus dengan tisu kering sebenarnya tidak disarankan. Sebaiknya gunakan tisu basah tanpa kandungan parfum dan alkohol ataupun kain yang lembut.

Obat-Obatan

Wasir yang masih ringan bisa diobati dengan pemberian obat krim ataupun supositoria. Obat-obatan ini biasanya mengandung agen mati rasa atau hidrokortison yang bisa mengurangi sakit dan juga gatal untuk sementara. Namun sebaiknya Anda tidak menggunakan obat yang dijual bebas tersebut tanpa resep dokter selama lebih dari seminggu.

cara mengobati wasir

Prosedur Lain

Ketika wasir bisa saja terjadi gumpalan darah yang biasanya terjadi pada wasir luar. Untuk mengatasinya, biasanya dokter akan melakukan tindakan untuk membuang gumpalan tersebut. Beberapa prosedur invasif minimal bisa saja dilakukan seperti misalnya:

  • Ligasi. Prosedur ini dilakukan dengan cara meletakkan satu ataupun dua pita yang seperti karet di sekitar dasar ambeien internal untuk memotong peredarannya. Kemungkinan prosedur ini akan menimbulkan pendarahan yang bisa terjadi selama 2 atau 4 hari setelah tindakan dilakukan, namun tidak terbilang parah.
  • Suntikan. Dokter akan memberikan suntikan larutan kimia ke jaringan wasir untuk membuat pembengkakan menyusut.
  • Koagulasi. Teknik ini menggunakan laser panas atau cahaya inframerah yang akan membuat ambeien mengecil dan juga menyusut.

Jika prosedur di atas tidak berhasil, maka prosedur lain yang harus dilakukan yaitu operasi atau pembedahan. Operasi yang bernama hemorrhoidectomy ini akan dilakukan dengan cara membuang jaringan berlebihan yang menyebabkan munculnya pendarahan. Operasi ini dilakukan dengan pemberian bius lokal dan juga dikombinasikan dengan pemberian bius umum atau spinal.

Hemorrhoidectomy ini berguna untuk cara mengobati wasir yang sudah terbilang parah dan juga berulang. Efek yang biasanya akan dirasakan setelah operasi yaitu kesulitan untuk buang air kecil, dan akibatnya terjadi infeksi saluran kemih, namun hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Rasa sakit yang muncul setelah operasi juga bisa diatasi dengan obat penghilang rasa sakit.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait cara mengobati wasir, ataupun ingin berkonsultasi terkait dengan wasir atau ambeien, Anda bisa berkonsultasi melalui layanan chatting online Klinik Utama Gracia di bawah ini.
Klik chat