counter

cara mengurangi keringat berlebih

Berkeringat memang menjadi hal yang wajar pada tubuh setiap manusia. Keringat yang keluar dari tubuh sebagai proses metabolism tubuh untuk menyesuaikan suhu sekitar. Namun apabila keringat yang mengucur berlebihan adakah cara mengurangi keringat berlebih tersebut?

Dalam dunia kedokteran, keringat berlebih dikenal dengan sebutan hyperhidrosis. Hal ini tentunya akan menjadi masalah bagi penderitanya. Mereka yang mengalami hyperhidrosis berlebih biasanya mengalami masalah pada tubuhnya. Kondisi ini tentunya sangat menganggu penderitanya.

Apa lagi penderita hyperhidrosis bisa mengalami kurang percaya diri dan dapat menjauh dari lingkungan sekitar. Karena ia selalu mengeluarkan keringat, meskipun kondisi ini sebenarnya menjadi suatu masalah yang harus ditangani segera mungkin.

Hyperhidrosis sendiri memiliki dua macam yang dikenal dan penyebabnya pun berbeda-beda:

Hyperhidrosis focal primer

Hyperhidrosis ini sebenarnya tidak dapat dikenali penyebabnya. Biasanya jumlah keringat yang berlebih muncul dibeberapa tempat seperti di telapak tangan, telapak kaki, wajah, dan ketiak. Masalah keringat berlebih primer ini disebabkan adanya masalah pada fungsi sistem saraf, tetapi bukan sebuah penyakit.

Secondary general hyperhidrosis

Jenis keringat berlebih kedua ini tidak terjadi setiap saat dan tidak hanya beberapa bagian tubuh saja. Jenis keringat berlebih kedua ini biasanya terjadi di malam hari dan disebabkan oleh beberapa penyakit seperti, stroke, jantung, tiroid, kanker, tuberculosis, menopause, diabetes, cedera tulang belakang, penyakit paru-paru, dan kehamilan.

Namun banyak orang yang menganggap remeh hal ini. Mereka merasa tidak perlu melakukan pengobatan untuk mengatasi keringat berlebih yang terjadi pada tubuhnya. Padahal seharusnya, setiap yang mengalami hal ini harus melakukan pengobatan bahkan hingga melakukan operasi. Namun cara mengatasi keringat berlebih harus didasarkan dari gejala yang disebabkannya.
Klik chat

Cara Mengurangi Keringat Berlebih

keringat banyakCara yang bisa dilakukan untuk mengurangi keringat berlebih adalah dengan cara mengatasi penyebabnya terlebih dahulu. Apabila hyperhidrosis disebabkan oleh beberapa penyakit, maka cara untuk mengatasinya adalah dengan cara menyembuhkan penyakit tersebut.

Misal anda mengalami keringat berlebih yang dikarenakan dari stroke, maka anda harus menyembuhkan stroke itu terlebih dahulu. Begitupun jika keringat berlebih disebabkan oleh kanker, diabetes, ataupun karena paru-paru, maka anda harus bisa menyembuhkan penyakit-penyakit tersebut terlebih dahulu sebagai cara mengurangi keringat berlebih.

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi keringat berlebih adalah dengan cara memberikan obat pada kelenjar keringat agar bisa mengendalikan keringat yang keluar maupun keringat masuk. Caranya biasanya bisa dengan pemberian suntik dibeberapa bagian saraf.

Cara mudah lainnya adalah dengan menggunakan antiperspirant. Jika cara untuk mengurangi keringat berlebih sudah dilakukan, namun tidak juga membuat keringat berlebih berkurang. Maka cara yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan operasi.

Operasi yang dilakukan biasanya dengan memotong saraf maupun kelenjar keringat pada bagian dada yang menyebabkan keluarnya keringat berlebih lainnya. Ada juga cara lain dengan mematikan kelenjar keringat secara sementara dengan menggunakan listrik tegangan rendah yang dikenal dengan sebutan ionthophoresis.

Cara Mengurangi Keringat Berlebih dengan Alami

Selain dengan melakukan cara medis. Anda juga bisa menghilangkan keringat berlebih dengan cara alami dan tradisional untuk dapat mengendalikan keringat berlebih yang anda alami tersebut, seperti:

  • Mengkonsumsi yoghurt
  • Minum air putih secara cukup
  • Daun Mint
  • Tomat
  • Cuka apel
  • Jangan mengkonsumsi makanan yang banyak menyerap keringat
  • Menggunakan pakaian yang nyaman dan bisa menyerap keringat
  • Memakai deodorant bebas alkohol

Hal itu bisa anda lakukan dengan mudah jika anda dapat menjaga kebersihan tubuh. Minimal anda mandi dua kali dalam sehari untuk mengatasi keringat berlebih. Tetapi jika keringat berlebih sudah cukup parah, maka sebaiknya anda melakukan pemeriksaan ke dokter salah satunya adalah dengan datang ke Klinik Utama Gracia.
Klik chat