counter

cara menyembuhkan ambeien

Ambeien pada ibu hamil memang bukan lagi suatu hal yang asing. Karena kebanyakan ibu hamil akan mengalami ambeien. Ambeien sendiri terjadi karena adanya pembengkakan pada pembuluh darah di anus. Namun ibu hamil tak perlu khawatir, karena berikut ini ada beberapa cara menyembuhkan ambeien pada saat hamil.

Sebelumnya, Anda harus mengetahui apa penyebab dan juga gejala yang akan terjadi ketika ibu hamil mengalami ambeien. Hal ini perlu diketahui, karena biasanya ibu hamil akan mengalami ambeien ketika masa kehamilan berada di akhir trimester kedua sampai selama trimester ketiga masa kehamilan.

Penyebab Ibu Hamil Mengalami Ambeien

Saat hamil, Anda akan lebih rentan mengalami ambeien ataupun varises, entah itu varises di kaki atau di vulva vagina. Ketika rahim semakin membesar seiring berjalannya masa kehamilan, maka rahim akan semakin menekan pembuluh darah panggul dan juga pembuluh darah di anus. Tekanan yang terjadi tersebut akan memperlambat aliran darah, dan juga meningkatkan tekanan di pembuluh darah rahim, sehingga membuat pembuluh darah membengkak.

Pembengkakan pembuluh darah juga bisa terjadi karena hormon progesteron yang meningkat ketika hamil. Hal ini membuat dinding pembuluh darah menjadi kendur, dan mudah bengkak. Selain itu, progesteron juga turut andil dalam terjadinya sembelit karena akan memperlambat kerja usus.

Gejala Ambeien

Beberapa gejala yang akan dirasakan ibu hamil yang mengalami ambeien yaitu gatal dan juga terasa panas di anus, keluarnya darah ketika buang air besar, muncul rasa sakit seperti menusuk di sekitar anus, muncul benjolan dari anus, nyeri selama atau setelah buang air besar dan juga perasaan tidak nyaman.

Selain itu, Anda juga akan merasakan buang air besar yang tidak tuntas, padahal perut sebenarnya sudah kosong, namun Anda masih merasakan keinginan untuk buang air besar kembali. Ambeien biasanya akan hilang sendiri setelah Anda melakukan persalinan. Namun beberapa kasus ada yang mengalami pendarahan, jika Anda mengalami hal ini sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

cara menyembuhkan ambeien

Cara Menyembuhkan Ambeien Untuk Ibu Hamil

Ada beberapa cara menyembuhkan ambeien yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Namun cara-cara ini sebaiknya hanya dilakukan setelah melakukan konsultasi terlebih dulu pada dokter.

1. Kompres Dingin

Gunakan kompres kain yang sudah direndam air dingin ataupun es batu yang dibalut kain untuk mengompres area ambeien yang biasanya akan terasa nyeri. Jika permasalahan pembuluh darah bengkak ini masih dalam tahap awal, biasanya cara ini dapat membantu untuk menghilangkan sakit.

2. Berendam Air Hangat

Selain kompres dingin, Anda bisa menggunakan air hangat untuk berendam. Lakukan cara ini selama 10 sampai 15 menit agar nyeri pada area ambeien bisa menghilang. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa melakukannya sebanyak 2 sampai 3 kali setiap hari.

3. Hindari Duduk Terlalu Lama

Duduk yang terlalu lama akan membuat area ambeien semakin tertekan dan akhirnya akan memperparah kondisi. Untuk itu hindari duduk yang terlalu lama. Atau jika memang harus duduk lama, maka Anda disarankan untuk berdiri atau berjalan sebentar untuk merubah posisi agar tidak selalu duduk.

4. Menjaga Kebersihan

Ibu hamil kadang sulit membersihkan area kelamin dan juga anus, padahal hal ini sangatlah penting. Jangan lupa juga untuk mengeringkan area-area tersebut setelah dibersihkan atau setelah mandi, agar tidak terlalu lembab yang bisa menyebabkan bakteri berkembang biak.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, sebaiknya konsultasikan cara menyembuhkan ambeien di atas pada dokter terlebih dulu. Hal tersebut diperlukan untuk mengetahui penanganan dan pengobatan yang tepat khusus untuk ibu hamil.
Klik chat