Tahukah Anda bahwa ternyata wanita sangat beresiko terkena anyang anyangan sebesar 50% lebih besar daripada kaum pria, bahkan kebanyakan wanita akan mengalami anyang anyangan secara berulang-ulang dalam hidupnya.

Alasan wanita lebih beresiko terkena anyang anyangan karena perbedaan anatomi, biasanya uretra wanita lebih pendek dibandingkan pada pria, dan lebih dekat ke anus sehingga memungkinkan bakteri menginfeksi lebih cepat ke kandung kemih.

Anyang anyangan adalah infeksi saluran kemih (ISK) yang biasanya seorang wanita akan merasakan seperti perasaan terbakar ketika berkemih dan kebanyakan infeksi ini melibatkan saluran kemih bagian bawah, sehingga ISK diberi nama yang berbeda tergantung di mana mereka terjadi: seperti pada sistitis, uretritis dan Pielonefritis.

Bagaimanakah Cara Menyembuhkan Anyang Anyangan?

Anyang anyangan biasanya disebabkan oleh bakteri dan biasanya paling sering diobati dengan antibiotik atau anti mikroba, namun jenis pengobatan dan lamanya pengobatan akan tergantung pada gejala pasien.

Menggunakan Antibiotik

Antibiotik biasanya digunakan untuk pengobatan lini pertama untuk infeksi saluran kemih, namun antibiotik ini harus tetap diresepkan oleh dokter Anda karena biasanya pengobatan ini tergantung pada kondisi kesehatan pasien dan jenis bakteri yang ditemukan pada air seni, antibiotik tersebut antara lain:

Dengan Cara Minum Banyak Cairan

Cara menyembuhkan anyang anyangan selanjutnya adalah dengan meminum banyak cairan khususnya air putih dan lebih sering untuk buang air kecil karena diketahui ini sangat membatu untuk menyiram bakteri.

Berbagai obat-obatan penghilang rasa sakit dapat juga diresepkan untuk mengurangi rasa sakit. Selain itu menggunakan bantal pemanas ke belakang atau perut juga dapat membantu mengurangi sakit yang diakibatkan anyang anyangan.

Meminum Larutan Daun Kumis Kucing

Cara menyembuhkan anyang anyangan selanjutnya adalah dengan menggunakan daun kumis kucing yang sudah Anda keringkan dan siapkanlah gula jawa secukupnya yang harus Anda perhatikan adalah jangan menggunakan gula pasir karena bisa menyebabkan khasiat daun kumis kucing untuk menyembuhkan anyang anyangan jadi berkurang. Lalu bagaimana caranya?

Sebenarnya caranya sangat mudah Anda tinggal rebus daun kumis kucing yang sudah dikeringkan secukupnya seperti Anda menyeduh teh, setelah itu Anda masukan gula jawa ke dalam air rebusan daun kumis kucing tersebut lalu minumlah secara rutin karena dipercaya dapat menyembuhkan anyang anyangan.

Meminum Larutan Jeruk Nipis

Cara menyembuhkan infeksi saluran kemih terakhir adalah masih menggunakan bahan alami yang sangat mudah untuk kita temui yaitu dengan menggunakan jeruk nipis dan gula pasir. Lalu bagaimana caranya?

Sebenarnya cara pembuatan larutan alami ini cukup mudah pertama Anda siapkan kedua bahan tersebut, setelah itu potong jeruk nipis secukupnya lalu peras jeruk nipis lalu tambahkan air hangat ke dalam gelas dan jangan lupa untuk menambahkan gula pasir secukupnya untuk menghilangkan rasa asam lalu minumlah larutan tersebut secara rutin karena dipercaya dapat menyembuhkan anyang anyangan.

Misalkan anyang anyangan Anda tak kunjung juga walaupun sudah mencoba berbagai macam cara seperti diatas maka ada baiknya Anda segera kunjungi dan periksakan kepada dokter Anda.