cara menyembuhkan herpes

Adanya infeksi herpes simplex virus (HSV) yang ditularkan melalui hubungan seksual, dapat menyebabkan seseorang menderita herpes genital. Penyakit menular seksual ini dapat dialami oleh pria dan wanita yang sudah aktif secara seksual. Karena keberadaan penyakit ini sangat mengganggu, maka Anda harus mengetahui cara menyembuhkan herpes yang tepat.

HSV adalah virus yang memiliki dua tipe, yaitu HSV-1 dan juga HSV-2. Namun penyebab dari herpes genital adalah HSV tipe 2. Walaupun begitu, HSV tipe 1 yang menyebabkan herpes labialis (oral) juga dapat memicu terjadinya herpes genital, bila terjadi kontak dengan alat kelamin dengan penderita herpes labialis.

Gejala Herpes Genital

Karena memiliki kemampuan untuk bersembunyi, maka banyak penderita herpes genital yang tidak menemukan adanya gejala. Namun adapula penderita yang merasakan munculnya gejala seperti gatal dan nyeri pada area genital, muncul benjolan berwarna merah yang kecil dan lenting kecil putih pada sekitar genital, anus, atau mulut, muncul luka setelah lenting tersebut pecah, sakit buang air kecil, dan flu.

Cara Menyembuhkan Herpes Genital

Perlu diketahui bahwa virus herpes tidak akan bisa dihilangkan dari tubuh seseorang yang telah terinfeksi. sekalipun diberikan pengobatan, maka pengobatan hanya akan mengurangi gejala yang terjadi, terutama ketika kekambuhan terjadi.

Cara menyembuhkan herpes akan dilakukan dengan pemberian obat anti-virus dalam bentuk obat oral. Ataupun bila kasusnya sudah berat, maka pengobatan diberikan melalui obat intravena.

Pada pengobatan awal herpes genital, bila penderita mengalami adanya luka, maka dokter akan memberikan obat antiviral atau anti-virus secara singkat atau sekitar 7 hingga 10 hari agar menghentikan gejala dan mencegah gejala menjadi tambah parah. Pemberian obat tersebut dapat dilakukan lebih lama atau lebih panjang, jika luka tidak juga sembuh setelah pengobatan awal.

Setelah pengobatan awal dilakukan, maka dokter akan memberikan dua pilihan penanganan untuk penderita herpes genital yaitu:

• Pengobatan Intermiten

Hal ini diberikan bagi penderita herpes genital yang juga memiliki riwayat penyakit lain, dokter kemungkinan akan meresepkan obat anti-virus selama dua hingga lima hari setelah terjadinya luka. Walaupun gejala dapat hilang dengan sendirinya, namun konsumsi obat ini akan membuat gejala menjadi tidak terlalu parah, dan membuat gejala menjadi cepat sembuh.

• Pengobatan Supresif

Pengobatan ini akan diberikan pada penderita yang sering mengalami gejala yang berulang. Maka dokter akan memberikan pengobatan anti-virus setiap hari. Terapi pengobatan ini bahkan dapat menekan kemungkinan munculnya gejala hingga 70 sampai 80 persen. Pengobatan ini juga dapat mengurangi kemungkinan penularan herpes pada pasangan.

Walaupun pengobatan telah diberikan, dan gejala sudah tidak muncul, akan lebih baik bila Anda tetap melakukan hubungan seksual dengan menggunakan kondom agar tidak terjadi penularan pada pasangan. Selain itu, jika Anda mengalami gejala herpes genital, maka pemeriksaan ataupun pengobatan juga harus diberikan pada pasangan seks Anda. hal ini untuk mendeteksi dini keberadaan virus, sehingga penanganan dapat cepat dilakukan, agar tidak terjadi infeksi yang berulang.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa virus herpes akan terus menetap di dalam tubuh setelah seseorang terinfeksi, maka hal ini dapat membuat kekambuhan bisa saja terjadi, terutama ketika penderita sedang berada dalam kondisi ketahanan tubuh yang menurun.

Konsultasikan gejala herpes kelamin yang Anda alami pada staf medis ataupun dokter Klinik Utama Gracia agar Anda cepat mendapatkan cara menyembuhkan herpes genital yang tepat. Semoha bermanfaat.